Cara Buat Susu Kedelai

.

Hai Sobat Teknogeo, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara membuat susu kedelai yang lezat dan sehat. Susu kedelai sangat kaya akan protein, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Selain itu, susu ini juga cocok untuk Anda yang memiliki intoleransi terhadap laktosa atau ingin mengurangi konsumsi susu hewani. Yuk, simak caranya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  1. Kedelai segar 500 gram
  2. Air matang 2 liter
  3. Gula pasir secukupnya (jika ingin menambahkan rasa manis)

Anda bisa mendapatkan kedelai segar di pasar atau supermarket terdekat. Pastikan untuk memilih kedelai yang segar dan tidak terlihat kering atau berjamur. Selain itu, persiapkan juga alat-alat yang dibutuhkan seperti blender, kain kasa bersih, dan wadah.

Langkah Pertama: Mencuci dan Merendam Kedelai

Langkah pertama dalam cara membuat susu kedelai adalah mencuci dan merendam kedelai. Cuci kedelai dengan air bersih dan keluarkan biji-biji yang mengapung. Kemudian rendam kedelai dalam air selama minimal 8 jam atau semalaman.

Langkah Kedua: Menghaluskan Kedelai

Setelah kedelai direndam dengan baik, tiriskan air rendamannya dan bersihkan kembali dengan air bersih. Setelah itu, blender kedelai dengan air matang hingga halus dan lembut. Jangan terlalu banyak memasukkan air agar susu tidak terlalu encer.

Langkah Ketiga: Memasak Susu Kedelai

Panaskan susu kedelai yang sudah dihaluskan dalam panci dan masak dengan api kecil sambil diaduk agar tidak gosong. Setelah susu mulai mendidih, matikan api dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, saring susu kedelai dengan menggunakan kain kasa bersih. Tekan-tekan kain kasa tersebut agar susu keluar dengan maksimal.

Langkah Keempat: Menambahkan Gula Pasir (Opsional)

Jika Anda ingin menambahkan rasa manis pada susu kedelai, tambahkan gula pasir secukupnya dan aduk hingga tercampur rata. Namun, jika Anda ingin mengurangi konsumsi gula, Anda bisa mengabaikan langkah ini.

Langkah Kelima: Siap Dinikmati

Susu kedelai siap dinikmati, baik dalam keadaan hangat atau dingin. Simpan susu kedelai dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas agar lebih tahan lama.

FAQ Tentang Cara Buat Susu Kedelai

1. Apakah kedelai yang digunakan harus dipanggang terlebih dahulu?

Tidak perlu. Namun, jika Anda ingin rasa susu kedelai lebih gurih, Anda bisa memanggang kedelai terlebih dahulu.

2. Apakah susu kedelai yang dibuat sendiri memiliki daya tahan yang sama dengan susu kedelai yang dibeli di toko?

Tidak. Susu kedelai yang dibuat sendiri tidak mengandung pengawet dan bahan tambahan lainnya sehingga daya tahannya lebih pendek. Sebaiknya, konsumsi dalam waktu 2-3 hari saja.

3. Apakah susu kedelai yang dibuat sendiri lebih sehat?

Ya. Susu kedelai yang dibuat sendiri tidak mengandung bahan tambahan seperti gula tambahan dan pengawet yang dapat berdampak buruk pada kesehatan.

4. Apakah susu kedelai bisa digunakan sebagai pengganti susu hewani?

Ya. Susu kedelai mengandung banyak protein dan vitamin, sehingga cocok digunakan sebagai pengganti susu hewani bagi yang memiliki intoleransi terhadap laktosa atau ingin mengurangi konsumsi susu hewani.

5. Apakah susu kedelai bisa digunakan untuk membuat berbagai macam olahan makanan?

Ya. Susu kedelai bisa digunakan untuk membuat berbagai macam olahan makanan seperti kue, pancake, atau smoothie.

Kesimpulan

Itulah cara membuat susu kedelai yang lezat dan sehat. Susu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengurangi konsumsi susu hewani atau memiliki intoleransi terhadap laktosa. Selain itu, susu kedelai juga sangat mudah dan murah untuk dibuat di rumah. Jangan lupa simpan susu kedelai dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas agar lebih tahan lama. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.