Cara Hemat Pakai BBM

BBM merupakan kebutuhan bagi setiap orang, namun gimana kalau harga BBM naik?, pastinya kita harus pintar mengakalinya agar tetap hemat. Yok simak bagaimana cara hemat pakai BBM !

ANTRI BBM
kendaraan antri agar hemat pakai BBM

Dikabarkan adanya kenaikkan harga BBM baru-baru ini yang membuat masyarakat panikan. Sebagai pengguna kendaraan baik yang beroda dua maupun beroda empat pastinya akan mencari solusi bagaimana agar cara hemat pakai BBM yang tepat. Sebagai pemilik kendaraan motor dan mobil, tidak hanya perawatan dengan servis secara berkala saja yang perlu diperhatikan. Ada faktor lain juga yang juga perlu diperhatikan, seperti halnya cara mengendarai kendaraan sehari-hari agar hemat pakai BBM.

Apabila Anda ingin hemat pakai BBM, maka berbagai kesalahan ketika berkendaraan wajib diingat serta dihindari. Meningkatnya harga bahan bakar atau BBM kendaraan tiap tahun membuat Anda harus lebih kreatif dalam mengakali bagaimana cara hemat pakai BBM.

Terkadang percuma saja apabila Anda telah membeli kendaraan yang hemat BBM, akan tetapi nyatanya cara penggunaannya itu tidak benar, maka bisa membuatnya menjadi boros. Apalagi Anda harus dan perlu banget memakai kendaraan karena begitu padatnya aktivitas sehari-hari Anda, makanya perlu tahu bagaimana cara hemat pakai BBM.

Anda cukup mengikuti beberapa cara atau Tips hemat pakai BBM berikut ini. Ada beberapa cara berikut ini yang sangat mudah untuk dilakukan serta bisa menjadi kebiasaan dalam berkendaraan.

Cara hemat pakai BBM khusus pengendara kendaraan motor sebagai berikut:

  1. Berkendaraan dengan baik

Selain perlu mengecek kondisi motor, cara hemat pakai BBM motor juga perlu diterapkannya tata cara dalam berkendara yang baik. jika Anda berkendara dengan agresif seperti bukaan gas dan pengereman yang tidak teratur, maka bisa membuat bensin motor Anda menjadi lebih boros. Maka dari itu, sebaiknya pakailah kendaraan Anda dengan secara halus. Contohnya dengan membuka gas secara perlahan serta menjaga kecepatan untuk tetap konstan. bila tidak diperlukan, baiknya hindari adanya pengereman secara mendadak, karena hal tersebut dapat  memicu pemakaian BBM yang semakin lebih boros.

  1. Rutin Cek kondisi motor

Cara hemat pakai BBM rutin cek kondisi motor. Kondisi motor yang baik ialah salah satu faktor terpenting untuk menunjang hematnya memakai BBM. Maka sebaiknya, sebelum mengendarai motor pastikan Anda sudah mengecek seluruh bagian dari motor. Pastikan pada tekanan ban keadaan normal. Apabila ban kurang isi angin, maka tarikan pada motor jadi lebih berat. Hal ini dapat meningkatkan pemakaian BBM. Selain itu juga, rutin perawatan seperti contohnya mengganti oli serta membersihkan filter udara yang dapat juga membantu penghematan BBM. Karena apabila motor terawat, maka tarikan motor terlihat jadi optimal begitupula dengan pemakaian bensin lebih hemat.

  1. Jangan bawa barang lebih dari kapasitas kendaraan

Cara hemat pakai BBM lainnya yaitu Jangan bawa barang lebih dari kapasitas kendaraan. Hemat  bensin perlu dilakukan seperti pengendara motor matic. Karena motor matic ini lebih boros bensin dibanding dengan motor manual biasanya. Makanya cara hemat pakai BBM motor matic ialah dengan memakai kendaraan dengan sesuai kapasitasnya.

Diketahui juga bahwa, motor yang keadaan overload dapat mengakibatkan mesin menjadi lebih berat dan pemakaian BBM menjadi lebih boros. Tidak hanya itu juga, hal ini juga bisa membahayakan untuk pengendara motor maupun untuk pengguna jalan lain juga.

  1. Pemanfaatan teknologi

Cara hemat pakai BBM juga perlu diperhatikan pada bagian pemanfaatan teknologi. Teknologi maupun fitur fungsional pada kendaraan motor bisa dimanfaatkan untuk mengontrol pemakaian BBM. Antara lain ialah pada fitur Start System, Eco Riding dan fitur Stop. Dari Fitur itu dapat memberi informasi ke pengendara bahwa pada kendaraan yang sedang dipakai dalam keadaan hemat BBM.

Cara hemat pakai BBM khusus pengendara kendaraan mobil sebagai berikut:

  1. Jangan hidup mesin ketika berhenti lama

Cara hemat pakai BBM untuk kendaraan mobil yang dapat Anda iakukan yaitu dengan cara jangan hidup mesin ketika berhenti lama. Anda mungkin tidak dapat menghindari mematikan mesin pada saat  jalanan macet. Namun apabila ketika berhenti karena menunggu seseorang atau saat parkir, baiknya matikan mesin mobil. Karena hal itu akan membuang banyak BBM sedangkan mobil sedang tidak berjalan. Selain itu juga, Jika takut kabin mobil panas karena tidak dapat menyalakan AC, baiknya Anda parkir pada area yang teduh dan bukakan kaca jendela mobil Anda.

  1. Atur tekanan angin ban mobil yang sesuai

Cara hemat pakai BBM antara lain atur tekanan angin ban mobil yang sesuai. Ban mobil merupakan komponen yang berperan besar agar mobil dapat berjalan. Pengaruhnya juga begitu besar terhadap boros apa tidaknya bahan bakar. Cara hemat pakai BBM mobil dapat dilakukan dengan memperhatikan pada tekanan angin ban mobil. Tekanan angin yang sesuai dan pas akan membuat ban mempunyai ketahanan gulir yang cukup baik. Apabila tekanan angin pada ban kurang maka ban tersebut tidak akan tahan gulir yang mengakibatkan bahan bakar menjadi lebih boros.

  1. Sesuaikan batas kecepatan mobil

Tingkat efisiensi BBM sangat berpengaruh dengan kecepatan pada saat mengendarai mobil. Apabila Anda sering mengendarai pada kecepatan di atas standar dan sebaliknya di bawah standar, BBM bisa lebih boros. Apalagi jika Anda keadaan terjebak macet.

  1. Gunakan AC yang efektif

Cara hemat pakai BBBM ialah perhatikan penggunaan AC mobil yang efektif. AC yang dihidupkan dengan cara yang salah membuat pemakaian BBM menjadi boros. Pada tenaga mesin mobil sebagian besar yang diarahkan pada mesin AC, akibatnya pemakaian BBM lebih banyak.

  1. Rutin membersihkan bagian filter udara

Dengan rutin membersihkan bagian filter udara juga salah satu cara hemat pakai BBM. Komponen filter udara pada saringannya udara tersebut berfungsi supaya udara yang masuk ke  dalam ruangan pembakaran agar tetap bersih. Apabila filter udara kotor, maka mesin dapat bekerja menjadi lebih berat. Mesin yang dengan bekerja berat pastinya menyedot lebih banyak bahan bakar, sedangkan kecepatan melaju kendaraan tidak juga terpengaruh. Makanya pada bagian filter udara harus rutin dibersihkan atau diganti dengan yang baru apabila tak layak lagi.

  1. Pakailah bahan bakar yang tepat

Cara hemat pakai BBM juga dipengaruhi oleh jenis bahan bakar yang dipakai. Setiap dealer mobil pasti biasanya menyarankan jenis bahan bakar yang menjadi standarnya. Biasanya disarankan ialah bahan bakar dengan oktan tinggi. Bahan bakar kualitas bagus dapat menjamin pembakaran lebih baik sehingga tidak perlu banyak yang dipakai. Sehingga Anda menjadi lebih hemat memakai BBM.

  1. Pengecekan mesin mobil rutin sesuai jadwal

Pengecekan mesin mobil dengan rutin dan detail perlu dilakukan minimal enam bulan sekali cek ke bengkel resmi. Sehinngga Anda bisa mengetahui komponen yang sudah tidak layak pakai dapat dibersihkan atau diganti. Dengan rutin cek mesin mobil Anda tersebut, bisa membuat putaran mesin menjadi lancar serta tenaga mesin mobil kembali seperti semula. Dengan melakukan langkah ini juga salah satu cara hemat pakai BBM.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.