Cara Atasi Anak Susah Makan

Cara atasi anak susah makan merupakan pengalaman saya sendiri ya Bun. tentunya para Ibu, Bunda atau Mama di rumah pasti ada yang mengalami anak yang susah makan ya?. Baiklah kali ini saya akan berbagi pengalaman saya cara atasi anak susah makan, yok intip Bun !.

anak diah
anak diah (Fathan Hamizan)

 

Hello Bun, saya Diah Suprihatin yang merupakan seorang ibu punya satu anak cowok. Ketika si anak masih bayi berumur dibawah satu tahunan rasanya kala itu masih butuh banyak belajar bagi seorang ibu muda untuk menyiapkan asupan si kecil ya Bun. Apalagi anak kita pas masa umur memasuki MPASI, pastinya berbagai ide kreasi buat makanan si kecil ya Bun. Awalnya sih si kecil pasti masih suka makanan yang kita buat. Nah, ketika sudah memasuki umur satu tahun si kecil sudah bisa merasakan dan membedakan mana makanan yang enak dan enggak baginya.

Pertama kali MPASI tentunya si anak masih lahap makanan yang saya buat. Namun, ketika udah berumur satu tahunan, dia udah bisa merasakan bosan dengan makanannya, bahkan udah punya selera sendiri. Pada akhirnya ada masa nafsu makannya berkurang. Kala itu si anak sudah mulai susah makan. Menu yang saya buat seperti daftar menu biasanya yang dia makan malahan dia gak mau makannya lho Bun. Emmm.. si Ibunya pun mulai panikan dan pusing ngeliat anak susah makan. Tentunya mikirnya jadi aneh-aneh ke anak sendiri.

“duh, gimana ya kalo anak saya ntar sakit kalo gak mau makan?”

“terus kalo anak susah makan, ntar diomongin orang anaknya kurus gak dikasih makan emaknya”

“ntar dikomentarin orang tua dan mertua lagi, mau gimana ntar jawabnya ya?”

Tiga hal pertanyaan yang ada dibenak saya kala itu ketika anak susah makan. Apalagi saya orangnya terlalu cemas dan panik lho Bun, hihihi. Namun, ada sang suami yang baik hati selalu memberi support ke istrinya agar bisa tetap tenang. Emmm.. tentunya hati ini langsung jadi tenang dan berusaha tetap konsen agar pikiran tetap waras. Makanya penting juga peran sang suami kita saling membantu dan menenangkan keadaan agar tetap tenang dan tidak terus panikan.

Keesokan harinya saya searching dan terus mencari informasi di internet dan sharing ke teman perihal cara atasi anak susah makan. Dan akhirnya saya temukan referensi yang menarik dari berbagai informasi dan pengalaman seorang ibu juga. Kemudian saya bisa menuangkan ide-ide tersendiri yang diperoleh dari referensi tersebut.

Berikut ini pengalaman saya cara atasi anak susah makan, yok simak bun !

si anak gak susah makan lagi
si anak gak susah makan lagi

 

  1. Buat ide menu baru

Buat ide menu baru salah satu cara buat nambah nafsu makan anak ya Bun. Misalkan biasanya kita buat sup sayuran yang terdiri wortel, kentang, ayam. Nah, sesekali kita ganti toping sayurannya, misalkan kita bisa ganti brokoli, buncis. Untuk dagingnya juga bisa ditambahkan onde-onde bakso ikan ya Bun. Terus bisa tambahkan bawang goreng di atasnya ya biar ada aroma wanginya.

  1. Ganti wadah yang menarik

Biasanya wadah makan si anak pasti itu-itu aja ya bun, coba deh sesekali kita ganti dengan wadah atau piring yang baru. Misalkan warna yang lebih terang atau gambar yang lucu-lucu, agar bisa menarik perhatian si anak. Dengan mengganti wadah makanannya bisa juga salah satu cara atasi anak susah makan.

  1. Dekorasi makanan

Nah, cara lainnya juga bisa buat dekorasi makanan yang menarik ya. Misalkannya kita buat nasinya jadi bentuk boneka, ada mata, hidung dan mulutnya. Bunda bisa coba buat dekorasinya dengan bahan yang simple aja ya, kayak sayuran atau buah. Dengan begitu si anak lebih menarik perhatian makanan yang diliatinnya menjadi lucu dan menggemaskan untuk dimakan.

  1. Ikutan nimbrung makan

Dulunya pas anak saya susah dibujuk buat makan, saya coba ikutan nimbrung dia makan juga. caranya kita ikutan makan apa yang dia makan. Sambilan juga kita puji-puji kalo makanan itu serasanya enak banget. Nah, dengan begitu pastinya si anak ikutan ngilerr juga kan. Apalagi dia melihat sang ibu makin lahap makannya, ntar takut kehabisan deh makanannya hehehe. Cara ini bisa juga bunda lakuin ya, semoga bisa buat anak susah makan bisa menjadi tambah nafsunya.

Itulah pengalaman dari saya sendiri cara atasi anak susah makan. Para ibu dirumah boleh dicoba ya, mungkin dengan cara pengalaman saya sendiri ini, bisa buat anak-anak jadi nafsu makannya bertambah. Tidak lupa juga buat para ibunda dirumah, kita harus bisa lebih sabar dan terus berkreasi untuk anak kita agar mereka bisa tumbuh kembang dengan baik ya. Cukup sekian informasi pengalaman yang saya tuangkan ini ke dalam tulisan ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.