Udang Saus Padang: Lezatnya Kuliner Khas Sumatera

Apa itu Udang Saus Padang?

Siapa bilang kuliner khas Sumatera hanya sebatas rendang dan sate padang? Ada satu lagi menu yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke Padang, yaitu udang saus padang. Udang saus padang merupakan hidangan laut khas Padang yang terbuat dari udang segar yang dicampur dengan bumbu saus pedas khas Padang. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas, manis, dan sedikit asin yang membuat lidah Anda bergoyang.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Membuat udang saus padang tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dasar seperti udang segar, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, kecap manis, gula merah, garam, dan minyak goreng. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti daun salam dan serai untuk memberikan aroma yang lebih khas.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Lontong yang Lezat dan Praktis

Cara Membuat Udang Saus Padang

1. Siapkan udang segar, bersihkan dan buang kulitnya.2. Haluskan bawang merah dan bawang putih dengan blender atau ulegan.3. Iris cabai merah dan cabai rawit.4. Potong tomat menjadi kecil-kecil.5. Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.6. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, aduk hingga layu.7. Masukkan tomat, daun salam, dan serai, aduk hingga tomat empuk.8. Tambahkan kecap manis, gula merah, dan garam, aduk rata.9. Masukkan udang, aduk hingga udang matang dan saus meresap.10. Udang saus padang siap dihidangkan.

Keistimewaan Udang Saus Padang

Salah satu keistimewaan dari udang saus padang adalah rasa pedasnya yang khas. Meskipun pedas, tetapi rasa manis dan asinnya yang pas membuat hidangan ini sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat. Kandungan protein dari udang juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika banyak orang yang ketagihan dengan hidangan ini.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Grafik di Word

Tempat Terbaik untuk Menikmati Udang Saus Padang

Jika Anda ingin mencicipi udang saus padang yang lezat, ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi di Padang. Salah satunya adalah Rumah Makan Pagi Sore yang terkenal dengan hidangan seafood-nya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba hidangan udang saus padang di Rumah Makan Simpang Raya atau Rumah Makan Pagi Sore Indah.

Udang Saus Padang yang Cocok untuk dijadikan Oleh-Oleh

Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh dari Padang, udang saus padang bisa menjadi pilihan yang tepat. Hidangan ini dapat bertahan hingga beberapa hari jika disimpan dengan benar. Anda bisa membeli udang saus padang dalam kemasan kecil atau besar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Akhir Kata

Udang saus padang tidak hanya lezat, tetapi juga mudah dan praktis untuk dibuat. Anda bisa menikmatinya di rumah atau mencicipi di restoran seafood yang tersedia di Padang. Jangan lupa untuk mencoba hidangan ini ketika berkunjung ke Sumatera Barat ya!

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Pisang Coklat

FAQ

1. Apakah udang saus padang hanya ada di Padang?

Ya, udang saus padang merupakan hidangan khas Padang yang sulit ditemukan di daerah lain.

2. Apakah udang saus padang bisa disimpan lebih dari satu hari?

Ya, udang saus padang dapat bertahan hingga beberapa hari jika disimpan dengan benar di dalam kulkas.

3. Apakah udang saus padang sangat pedas?

Rasa pedas pada udang saus padang tergantung pada selera Anda. Jika Anda tidak suka pedas, Anda bisa mengurangi jumlah cabai yang digunakan.

4. Apakah udang saus padang cocok untuk dijadikan makanan diet?

Meskipun mengandung protein tinggi, udang saus padang juga mengandung gula dan garam yang tinggi sehingga tidak cocok untuk dijadikan makanan diet.

5. Apa saja restoran terkenal yang menyajikan udang saus padang?

Beberapa restoran terkenal yang menyajikan udang saus padang di Padang antara lain Rumah Makan Pagi Sore, Rumah Makan Simpang Raya, dan Rumah Makan Pagi Sore Indah.