Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Pendahuluan

Bagi sebagian besar orang, mencari pekerjaan adalah hal yang menantang dan membutuhkan persiapan yang matang. Salah satu hal penting yang perlu disiapkan adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan oleh pelamar pekerjaan untuk mengajukan diri mereka ke perusahaan atau organisasi tertentu. Surat ini berfungsi sebagai pengantar bagi pelamar dan memberikan kesan pertama kepada pihak perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Isi Surat Lamaran Kerja

Sebelum kita membahas cara menulis surat lamaran kerja, mari kita bahas terlebih dahulu apa saja isi yang perlu ada dalam surat tersebut. Isi surat lamaran kerja terdiri dari beberapa bagian, yaitu:1. Salam pembuka2. Pengenalan diri3. Motivasi melamar pekerjaan4. Kualifikasi yang dimiliki5. Permintaan wawancara6. Salam penutup

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Lontong yang Lezat dan Praktis

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Berikut adalah langkah-langkah untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar:1. Tentukan format surat lamaran kerja yang akan digunakan2. Tuliskan alamat, nomor telepon, dan email di bagian atas surat3. Tuliskan alamat perusahaan atau organisasi di bawah alamat Anda4. Buatlah salam pembuka yang sopan, misalnya “Kepada Yth., HRD PT ABC”5. Tuliskan pengenalan diri, termasuk nama, pendidikan, dan pengalaman kerja (jika ada)6. Jelaskan motivasi Anda untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau organisasi tersebut7. Sertakan kualifikasi Anda yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan, seperti pendidikan atau pengalaman8. Jangan lupa untuk meminta wawancara dengan menuliskan kalimat seperti “Saya berharap dapat diundang untuk wawancara”9. Buatlah salam penutup yang sopan, misalnya “Hormat saya, [Nama Anda]”

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Foto Menjadi Anime

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

Agar surat lamaran kerja yang Anda buat lebih menarik dan efektif, Anda dapat mengikuti tips-tips berikut:1. Teliti terlebih dahulu persyaratan pekerjaan yang dibutuhkan dan sertakan kualifikasi yang relevan2. Jangan menyalin surat lamaran kerja orang lain, buatlah surat yang orisinal dan sesuai dengan diri Anda sendiri3. Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh pihak perusahaan4. Periksa tata bahasa dan ejaan secara cermat sebelum mengirimkan surat lamaran kerja Anda5. Jangan terlalu panjang dalam penulisan, usahakan agar surat lamaran kerja Anda singkat dan padat

Kesimpulan

Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar adalah kunci keberhasilan dalam mencari pekerjaan. Surat lamaran kerja yang baik dapat membuat perusahaan atau organisasi tertarik untuk mengundang Anda untuk wawancara. Dalam menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda memperhatikan format, isi, dan tips-tips yang telah kami jelaskan di atas.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Perkedel yang Mudah dan Lezat

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara menarik perhatian pihak perusahaan melalui surat lamaran kerja? Anda dapat menarik perhatian pihak perusahaan dengan menuliskan pengalaman kerja atau kualifikasi yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan.
Apakah saya harus menulis riwayat hidup dalam surat lamaran kerja? Tidak, riwayat hidup biasanya diunggah atau dikirimkan terpisah dari surat lamaran kerja.
Apakah saya perlu menuliskan gaji yang diharapkan dalam surat lamaran kerja? Tidak, gaji yang diharapkan sebaiknya dibicarakan pada saat wawancara nanti.
Apakah saya perlu menuliskan referensi dalam surat lamaran kerja? Tidak, referensi biasanya diunggah atau dikirimkan terpisah dari surat lamaran kerja.
Apakah saya perlu menulis alasan mengapa saya ingin bekerja di perusahaan tersebut? Ya, alasan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut perlu dijelaskan agar pihak perusahaan tahu bahwa Anda serius dan memiliki minat yang tinggi.