Cara Membuat Bolu Pandan yang Lezat dan Mudah

Pengenalan

Bolu pandan adalah salah satu kue khas Indonesia yang terkenal dengan aroma harum pandannya. Rasanya yang manis dan lembut membuat bolu pandan menjadi favorit banyak orang. Namun, seringkali orang enggan membuatnya karena dianggap sulit dan membutuhkan banyak waktu. Padahal, sebenarnya membuat bolu pandan cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat bolu pandan, pastikan untuk menyiapkan bahan-bahan berikut:- 200 gram tepung terigu serbaguna- 200 gram gula pasir- 6 butir telur- 1 sendok teh pasta pandan- 1 sendok teh emulsifier (SP/DM)- 1 sendok teh baking powder- 1/4 sendok teh garam- 100 ml air matang- 100 ml minyak sayur

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Langkah-Langkah Membuat Bolu Pandan

Berikut adalah langkah-langkah mudah dalam membuat bolu pandan:1. Siapkan loyang bulat ukuran 20 cm dan olesi dengan mentega atau margarin.2. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.3. Ayak tepung terigu, baking powder, dan garam dalam satu wadah.4. Campurkan pasta pandan dan air matang dalam wadah kecil dan aduk hingga rata.5. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.6. Turunkan kecepatan mixer dan masukkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.7. Masukkan campuran pasta pandan dan air matang ke dalam adonan dan aduk hingga rata.8. Terakhir, masukkan emulsifier dan minyak sayur ke dalam adonan dan aduk hingga rata.9. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.10. Panggang bolu pandan di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 35-40 menit atau hingga matang.11. Setelah matang, keluarkan bolu pandan dari oven dan biarkan dingin sejenak sebelum diangkat dari loyang.

✅👉 TRENDING :  Rumus Trapesium: Cara Mudah Menghitung Luas dan Keliling

Tips dan Trik

– Untuk mendapatkan warna hijau yang lebih pekat pada bolu pandan, tambahkan sedikit pewarna makanan hijau.- Jika tidak memiliki emulsifier, bisa diganti dengan pengembang kue.- Pastikan untuk mengocok telur dan gula pasir hingga mengembang dengan baik agar bolu pandan menjadi lembut dan mengembang sempurna.- Jangan membuka pintu oven saat proses pemanggangan sedang berlangsung karena suhu oven akan turun dan membuat bolu pandan tidak matang sempurna.

Kesimpulan

Membuat bolu pandan memang terlihat sulit, namun sebenarnya cukup mudah dilakukan di rumah. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, siapa pun bisa membuat bolu pandan yang lezat dan enak. Selamat mencoba!

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Nastar Tanpa Oven

Tabel FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah bisa menggunakan tepung protein rendah? Bisa, namun hasilnya mungkin tidak akan selegit jika menggunakan tepung terigu serbaguna.
Berapa lama harus mengocok telur dan gula pasir? Sebaiknya mengocok selama 10-15 menit hingga mengembang dan terlihat lebih putih.
Bagaimana jika tidak memiliki oven? Bolu pandan bisa juga dipanggang menggunakan rice cooker atau panci kukus.
Berapa lama bolu pandan bisa disimpan? Sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan bisa bertahan hingga 3-4 hari.
Apakah bisa menambahkan keju pada adonan bolu pandan? Bisa, namun pastikan untuk memilih keju yang lembut atau diparut agar tidak mengganggu tekstur bolu pandan.