Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi

Pengertian Ikhfa Syafawi

Sebelum membahas hukum bacaan ikhfa syafawi, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu ikhfa syafawi. Ikhfa syafawi adalah sebuah bacaan dalam ilmu tajwid yang digunakan saat membaca huruf nun mati atau tanwin yang bertemu dengan salah satu dari huruf ikhfa. Huruf ikhfa sendiri terdiri dari huruf mim, ba, wau, ya, dan nun. Ikhfa syafawi dibaca dengan mengaburkan suara nun mati atau tanwin di dalam mulut.

Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi

Saat membaca ayat Al-Quran, kita harus mengikuti hukum tajwid yang benar. Hukum bacaan ikhfa syafawi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu wajib dan sunnah. Ikhfa syafawi wajib dilakukan saat huruf nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ikhfa. Sedangkan ikhfa syafawi sunnah dilakukan jika huruf ikhfa diikuti oleh huruf ya atau wau.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Salad Buah Sederhana

Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

Contoh bacaan ikhfa syafawi yang wajib adalah pada ayat “innama yastajibu” yang diambil dari surah Al-Baqarah ayat 186. Pada bacaan ini, huruf nun mati bertemu dengan huruf ba yang dianggap sebagai huruf ikhfa. Oleh karena itu, bacaan ikhfa syafawi harus dilakukan.Sedangkan contoh bacaan ikhfa syafawi yang sunnah adalah pada ayat “waqalatil yahudu” yang diambil dari surah Al-Baqarah ayat 88. Pada bacaan ini, huruf nun mati bertemu dengan huruf ta yang dianggap sebagai huruf ikhfa. Namun, karena huruf ta diikuti oleh huruf ya, maka bacaan ikhfa syafawi sunnah dapat dilakukan.

Keutamaan Bacaan Ikhfa Syafawi

Bacaan ikhfa syafawi dalam membaca Al-Quran memiliki keutamaan tersendiri. Salah satunya adalah bisa memperindah bacaan Al-Quran. Selain itu, bacaan ikhfa syafawi juga memudahkan kita dalam memahami bacaan Al-Quran. Dengan mengikuti hukum tajwid yang benar, kita dapat memperoleh pahala yang berlipat ganda.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Gmail Baru di HP: Panduan Lengkap

Kesimpulan

Dalam membaca Al-Quran, kita harus mengikuti hukum tajwid yang benar. Salah satu hukum tajwid yang harus diperhatikan adalah bacaan ikhfa syafawi. Ikhfa syafawi sendiri terbagi menjadi wajib dan sunnah. Selain itu, bacaan ikhfa syafawi juga memiliki keutamaan tersendiri dalam membaca Al-Quran.

FAQ

1. Apa itu ikhfa syafawi?

Ikhfa syafawi adalah sebuah bacaan dalam ilmu tajwid yang digunakan saat membaca huruf nun mati atau tanwin yang bertemu dengan salah satu dari huruf ikhfa.

2. Apa saja huruf ikhfa?

✅👉 TRENDING :  Al Hayyu: Pengertian, Manfaat dan Cara Mengamalkannya

Huruf ikhfa terdiri dari huruf mim, ba, wau, ya, dan nun.

3. Apa keutamaan bacaan ikhfa syafawi?

Bacaan ikhfa syafawi dalam membaca Al-Quran memiliki keutamaan tersendiri, seperti memperindah bacaan Al-Quran dan memudahkan kita dalam memahami bacaan Al-Quran.

4. Apa saja contoh bacaan ikhfa syafawi?

Contoh bacaan ikhfa syafawi yang wajib adalah pada ayat “innama yastajibu” yang diambil dari surah Al-Baqarah ayat 186. Sedangkan contoh bacaan ikhfa syafawi yang sunnah adalah pada ayat “waqalatil yahudu” yang diambil dari surah Al-Baqarah ayat 88.

5. Apa beda ikhfa syafawi wajib dan sunnah?

Ikhfa syafawi wajib dilakukan saat huruf nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ikhfa. Sedangkan ikhfa syafawi sunnah dilakukan jika huruf ikhfa diikuti oleh huruf ya atau wau.