Cara Membuat Telur Asin

Hai Sobat Teknogeo! Pernahkah kamu mencoba telur asin? Rasanya yang gurih dan asin bisa membuat lidah bergoyang. Tidak perlu khawatir, membuat telur asin sangatlah mudah dan bisa dilakukan di rumah. Yuk, simak cara membuat telur asin berikut ini!

Bahan-bahan

  1. Telur ayam segar
  2. Garam kasar
  3. Kapur sirih
  4. Air bersih
✅👉 TRENDING :  Cara Reset Windows 7 Tanpa Install Ulang

Alat-alat yang dibutuhkan

  1. Wadah plastik atau tempat penyimpanan makanan
  2. Sendok
  3. Tisu

Langkah-langkah

1. Persiapkan Telur

Pilih telur ayam segar dan cuci bersih. Buang telur yang retak atau pecah. Jika ingin membuat telur asin dalam jumlah besar, persiapkan telur secukupnya.

2. Buat Larutan Kapur Sirih

Buatlah larutan kapur sirih dengan mencampurkan kapur sirih dengan air bersih. Pastikan kapur sirih terlarut sempurna dalam air. Larutan kapur sirih ini berguna untuk mempertahankan keutuhan kulit telur.

3. Rendam Telur dalam Larutan Kapur Sirih

Rendam telur dalam larutan kapur sirih selama sekitar 2-3 menit. Setelah itu, tiriskan telur dan cuci dengan air bersih. Jangan lupa untuk menggosok kulit telur dengan lembut agar sisa kapur sirih bisa terangkat.

✅👉 TRENDING :  Cara Melatih Ikan Cupang Aduan

4. Rendam Telur dalam Garam Kasar

Rendam telur dalam garam kasar selama minimal 8 jam atau lebih. Semakin lama direndam, semakin asin rasanya. Jangan lupa untuk membalik telur agar merata.

5. Tiriskan Telur dan Keringkan

Tiriskan telur dan keringkan dengan tisu. Pastikan telur benar-benar kering sebelum disimpan. Telur asin siap disajikan atau disimpan dalam wadah plastik atau tempat penyimpanan makanan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa beda telur asin dengan telur biasa?

Telur asin memiliki rasa asin dan gurih karena direndam dalam garam kasar selama minimal 8 jam atau lebih. Sedangkan telur biasa tidak direndam dalam garam kasar dan hanya dimasak dengan cara direbus atau digoreng.

2. Bolehkah menggunakan kapur sirih yang sudah basi?

Tidak disarankan menggunakan kapur sirih yang sudah basi karena dapat mengurangi efektivitas larutan kapur sirih dalam mempertahankan keutuhan kulit telur.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Tom Yam

3. Apakah telur asin bisa disimpan dalam waktu lama?

Ya, telur asin bisa disimpan dalam wadah plastik atau tempat penyimpanan makanan selama beberapa minggu.

4. Bisakah menggunakan garam halus?

Tidak disarankan menggunakan garam halus karena garam halus dapat merusak kulit telur dan membuat telur asin tidak enak.

5. Bolehkah menggunakan telur bebek?

Ya, bisa menggunakan telur bebek untuk membuat telur asin. Namun, waktu perendaman dalam garam kasar perlu disesuaikan karena telur bebek lebih kecil dari telur ayam.

Nah, itu dia cara membuat telur asin yang mudah dan praktis. Selamat mencoba di rumah ya Sobat Teknogeo!

Hingga jumpa kembali di artikel menarik lainnya.