Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya!

Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya!

Jawaban :

batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya adalah batas di utara: China, Laut China Selatan, batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini, atas di selatan: Samudera Hindia dan batas di barat: Samudera Hindia, India.

Pembahasan :

Didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967. ASEAN merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya. Pada awal berdirinya, ASEAN hanya terdiri dari lima negara anggota yang tak lain adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Kemudian disusul oleh Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan terakhir Kamboja. Terdapat pembagian batas wilayah ASEAN sesuai dengan letak geografisnya. Letak geografis sendiri adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi. Berikut pembagian beberapa batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya.

✅👉 TRENDING :  Yang bukan ciri masyarakat madani adalah….

Batas di utara: China, Laut China Selatan
Batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini
Batas di selatan: Samudera Hindia
Batas di barat: Samudera Hindia, India

✅👉 TRENDING :  Penggunaan produk dalam negeri oleh masyarakat sangat mendukung ketahanan ekonomi dan keutuhan negara karena hal itu akan membawa dampak positif di antaranya adalah

Dengan demikian, batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya adalah batas di utara: China, Laut China Selatan, batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini, atas di selatan: Samudera Hindia dan batas di barat: Samudera Hindia, India.

✅👉 TRENDING :  Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya adalah