Cara Mengatasi 0xc00007b Windows 10

Hai, Sobat Teknogeo! Kali ini kita akan membahas cara mengatasi masalah 0xc00007b pada Windows 10. Jangan panik jika kamu mengalami masalah ini, karena kita akan membahasnya secara detail dan mudah dipahami.

Apa itu Error 0xc00007b?

Sebelum membahas cara mengatasi masalah ini, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu error 0xc00007b. Error ini terjadi ketika kamu mencoba menjalankan aplikasi atau game di Windows 10 dan muncul pesan error “The application was unable to start correctly (0xc00007b)”.

Pesan error ini menandakan bahwa ada beberapa file yang tidak bisa diakses oleh aplikasi atau game tersebut, sehingga mengakibatkan aplikasi atau game tidak bisa dijalankan.

Penyebab Error 0xc00007b

  1. File sistem yang rusak atau korup
    Salah satu penyebab utama error 0xc00007b adalah file sistem yang rusak atau korup. Hal ini bisa terjadi karena virus atau malware, kesalahan pengguna, atau masalah lainnya.
  2. File .NET Framework yang hilang atau rusak
    Aplikasi atau game yang kamu jalankan membutuhkan file .NET Framework untuk berjalan dengan baik. Jika file tersebut hilang atau rusak, maka akan muncul pesan error 0xc00007b.
  3. File DirectX yang hilang atau rusak
    Sama seperti file .NET Framework, aplikasi atau game juga membutuhkan file DirectX untuk berjalan dengan baik. Jika file tersebut hilang atau rusak, maka akan muncul pesan error 0xc00007b.
  4. Perangkat lunak antivirus yang tidak kompatibel
    Beberapa perangkat lunak antivirus tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows 10, sehingga dapat menyebabkan masalah dengan aplikasi atau game yang kamu jalankan.
✅👉 TRENDING :  Cara Buat Pudding yang Enak dan Mudah

Cara Mengatasi Error 0xc00007b

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi error 0xc00007b pada Windows 10:

1. Jalankan Aplikasi atau Game sebagai Administrator

Cobalah untuk menjalankan aplikasi atau game sebagai administrator. Caranya adalah dengan mengklik kanan pada file aplikasi atau game tersebut, lalu pilih “Run as administrator”.

Hal ini dapat membantu untuk mengatasi masalah hak akses yang mungkin terjadi dan memberikan aplikasi atau game akses penuh ke sistem.

2. Perbarui .NET Framework dan DirectX

Perbarui file .NET Framework dan DirectX di komputer kamu. Kamu bisa mendownload file yang dibutuhkan dari situs resmi Microsoft.

✅👉 TRENDING :  cara buat pizza

Setelah mengunduh file tersebut, instal di komputer kamu dan restart komputer setelah selesai.

3. Perbarui Driver pada Komputer

Perbarui driver pada komputer kamu, terutama driver untuk kartu grafis dan kartu suara. Driver yang tidak terbaru dapat menyebabkan masalah dengan aplikasi atau game yang kamu jalankan.

Kamu bisa memperbarui driver melalui situs resmi produsen atau menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti Driver Booster untuk memperbarui driver secara otomatis.

4. Nonaktifkan Antivirus Sementara

Nonaktifkan perangkat lunak antivirus sementara dan coba jalankan aplikasi atau game lagi. Jika aplikasi atau game berjalan dengan baik setelah antivirus dimatikan, maka masalahnya mungkin terletak pada perangkat lunak antivirus yang tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows 10.

5. Reinstall Aplikasi atau Game

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk menghapus dan menginstal kembali aplikasi atau game yang bermasalah. Pastikan kamu mengunduh versi terbaru dari aplikasi atau game tersebut.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan error 0xc00007b:

  1. Apakah error 0xc00007b hanya terjadi pada Windows 10?
    Tidak, error 0xc00007b dapat terjadi pada semua versi Windows.
  2. Apakah error 0xc00007b dapat diatasi dengan cara reinstall Windows?
    Tidak, error 0xc00007b bukanlah masalah yang terkait dengan sistem operasi Windows, melainkan masalah pada aplikasi atau game yang kamu jalankan.
  3. Apakah error 0xc00007b selalu disebabkan oleh file .NET Framework atau DirectX yang hilang?
    Tidak, error 0xc00007b dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti file sistem yang rusak atau korup, atau perangkat lunak antivirus yang tidak kompatibel.
✅👉 TRENDING :  Cara Reset Tape Mobil

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi error 0xc00007b pada Windows 10. Jangan lupa untuk mencoba satu per satu cara di atas hingga kamu menemukan solusi yang tepat untuk masalah kamu.

Ingatlah bahwa error 0xc00007b bukanlah masalah yang terkait dengan sistem operasi Windows, melainkan masalah pada aplikasi atau game yang kamu jalankan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu panik dan dapat mencoba salah satu solusi di atas untuk mengatasi masalah tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Teknogeo. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!