Cara Membuat Desinfektan Sendiri

Pendahuluan

Ketika pandemi Covid-19 menyebar di seluruh dunia, kita semua menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. Salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan membersihkan rumah dan barang-barang kita secara teratur. Desinfektan adalah salah satu produk pembersih yang paling efektif untuk membunuh kuman dan virus. Namun, di tengah kekurangan stok desinfektan di pasaran, membuat desinfektan sendiri jadi pilihan yang lebih murah dan mudah. Berikut adalah cara membuat desinfektan sendiri yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat desinfektan sendiri, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:- Alkohol 70%- Air- Botol semprot- Essential oil (opsional)- Wadah untuk mencampurkan bahanPastikan Anda menggunakan alkohol 70% karena alkohol tersebut memiliki sifat antimikroba yang lebih kuat dibandingkan alkohol dengan konsentrasi yang lebih rendah. Jangan gunakan alkohol di atas 70% karena alkohol tersebut akan terlalu cepat menguap dan tidak efektif membunuh kuman.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Permen yang Lezat dan Mudah

Cara Membuat Desinfektan Sendiri

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat desinfektan sendiri dengan mudah:1. Siapkan botol semprot yang bersih dan kering.2. Campurkan alkohol 70% dengan air. Perbandingannya adalah 7:3, artinya 7 bagian alkohol dan 3 bagian air. Jangan gunakan air keran karena air tersebut mengandung mineral yang dapat merusak alkohol.3. Jika Anda ingin menambahkan aroma pada desinfektan, tambahkan beberapa tetes essential oil ke dalam campuran alkohol dan air. Essential oil seperti lavender, peppermint, atau eucalyptus dapat memberikan aroma yang menyegarkan.4. Aduk campuran alkohol, air, dan essential oil dengan hati-hati hingga tercampur sempurna.5. Tuang campuran tersebut ke dalam botol semprot dan jangan lupa untuk menandai botol tersebut dengan label “Desinfektan”.6. Desinfektan siap digunakan! Semprotkan pada permukaan yang ingin Anda bersihkan, biarkan selama beberapa menit, lalu lap dengan kain bersih.

✅👉 TRENDING :  Om Hao, Tokoh Legendaris dari Tiongkok

Tips untuk Membuat Desinfektan Sendiri

– Pastikan bahan dan alat yang digunakan bersih dan steril sebelum digunakan.- Jangan mencampurkan alkohol dengan bahan lain seperti sabun atau deterjen karena hal tersebut dapat mempengaruhi efektivitas desinfektan.- Simpan desinfektan di tempat yang sejuk dan kering agar tidak cepat menguap.- Jangan gunakan desinfektan pada permukaan yang sensitif seperti kulit atau peralatan elektronik.- Jangan biarkan desinfektan terkena mata atau mulut.

Kesimpulan

Membuat desinfektan sendiri adalah cara yang mudah dan murah untuk membunuh kuman dan virus di rumah. Dengan menggunakan alkohol 70% dan air, Anda dapat membuat desinfektan yang efektif untuk membersihkan permukaan rumah Anda. Pastikan bahan dan alat yang digunakan bersih dan steril sebelum digunakan, serta jangan gunakan desinfektan pada permukaan yang sensitif seperti kulit atau peralatan elektronik. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Anda dan keluarga di tengah pandemi ini.

FAQ

1. Apakah saya bisa menggunakan alkohol yang lebih tinggi dari 70% untuk membuat desinfektan?

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Situs Web: Panduan Lengkap

Tidak disarankan karena alkohol dengan konsentrasi yang lebih tinggi cepat menguap dan tidak efektif membunuh kuman.

2. Bisakah saya mengganti air dengan air oksigen?

Tidak disarankan karena air oksigen berbeda dari air biasa dan tidak dianjurkan untuk digunakan dalam pembuatan desinfektan.

3. Bisakah saya menggunakan bahan-bahan lain selain essential oil?

Tidak disarankan karena bahan-bahan lain seperti sabun atau deterjen dapat mempengaruhi efektivitas desinfektan.

4. Berapa lama desinfektan yang dibuat sendiri dapat bertahan?

Desinfektan yang dibuat sendiri dapat bertahan selama beberapa minggu jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

5. Apakah desinfektan yang dibuat sendiri sama efektifnya dengan desinfektan yang dibeli di pasaran?

Desinfektan yang dibeli di pasaran yang telah teruji lebih efektif dalam membunuh kuman. Namun, desinfektan yang dibuat sendiri masih bisa membantu membersihkan rumah Anda dengan efektif.