Cara Buat Brownies Kukus yang Super Lezat untuk Sobat Teknogeo

Hai Sobat Teknogeo! Apa kabar? Kali ini kami ingin berbagi resep brownies kukus yang super lezat dan pastinya sangat mudah untuk dibuat di rumah. Siapa yang tidak suka brownies? Makanan manis yang satu ini memang sangat populer dan cocok dijadikan camilan atau hidangan penutup. Selain itu, brownies juga sangat mudah dan simpel untuk dibuat. Jadi, yuk simak resep brownies kukus yang kami bagikan kali ini.

Bahan-bahan yang Diperlukan

  1. 225 gram dark chocolate, cincang halus
  2. 115 gram mentega tawar
  3. 150 gram gula pasir
  4. 3 butir telur, kocok lepas
  5. 75 gram tepung terigu protein sedang
  6. 25 gram coklat bubuk
  7. 1/4 sendok teh garam
  8. 1 sendok teh baking powder
  9. 100 ml susu cair
  10. 1 sendok teh vanilla extract
✅👉 TRENDING :  Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 3S Mati Total

Sebelum mulai membuat brownies, pastikan semua bahan sudah siap dan terukur dengan benar. Selanjutnya, mari kita mulai membuat brownies kukus yang super lezat ini.

Langkah-langkah Membuat Brownies Kukus

Langkah 1: Lelehkan Dark Chocolate dan Mentega

Pertama-tama, lelehkan dark chocolate dan mentega di dalam mangkuk tahan panas yang sudah diletakkan di atas panci dengan air mendidih. Aduk terus campuran tersebut hingga meleleh dan tercampur rata. Setelah itu, matikan api dan biarkan adonan tersebut dingin selama beberapa menit.

Langkah 2: Kocok Telur dan Gula Pasir

Selanjutnya, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna pucat. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga adonan mengembang dan teksturnya halus.

Langkah 3: Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, garam, dan baking powder di dalam mangkuk besar. Aduk hingga tercampur rata dan sisihkan.

✅👉 TRENDING :  Cara Melatih Pernafasan

Langkah 4: Campurkan Adonan Kering dengan Adonan Telur

Selanjutnya, campurkan adonan kering yang sudah tercampur dengan adonan telur secara perlahan. Aduk menggunakan spatula dengan gerakan memutar hingga adonan mengental dan tercampur rata.

Langkah 5: Tambahkan Adonan Dark Chocolate

Tambahkan adonan dark chocolate yang sudah meleleh ke dalam campuran adonan kering dan adonan telur. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan mengental.

Langkah 6: Tambahkan Vanilla Extract dan Susu Cair

Setelah itu, tambahkan vanilla extract dan susu cair ke dalam adonan brownies. Aduk hingga adonan tercampur rata dan lembut.

Langkah 7: Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Siapkan loyang yang sudah dioles dengan mentega dan tepung terigu. Tuang adonan ke dalam loyang secara perlahan dan ratakan permukaannya menggunakan spatula.

Langkah 8: Kukus Adonan Brownies

Setelah adonan diletakkan di dalam loyang, kukus adonan brownies selama 30-40 menit. Pastikan kukusan dalam keadaan panas dan jangan membuka kukusan selama proses memasak untuk menghindari adonan menjadi kenyal. Cek apakah adonan sudah matang dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam adonan. Jika tidak ada adonan yang lengket, maka brownies sudah matang.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Origami Naga

Langkah 9: Angkat dan Dinginkan Brownies

Angkat loyang dari kukusan dan dinginkan selama beberapa menit. Setelah itu, keluarkan adonan dari loyang dan potong-potong sesuai selera.

FAQ tentang Brownies Kukus

1. Apa yang membuat brownies kukus menjadi lembut?

Brownies kukus menjadi lembut karena adonan yang mengandung susu cair dan mentega yang membuat tekstur adonan menjadi lembut dan kenyal.

2. Apakah brownies kukus harus dikukus?

Ya, brownies kukus harus dikukus agar adonan matang secara merata dan menghasilkan tekstur yang kenyal.

3. Bolehkah brownies kukus disimpan dalam suhu ruangan?

Boleh, tapi disarankan untuk menyimpan brownies kukus di dalam kulkas agar tahan lama dan terhindar dari jamur.

4. Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti dark chocolate?

Bisa menggunakan coklat batangan biasa atau coklat bubuk. Namun, rasa dan tekstur brownies akan berbeda.

Kesimpulan

Nah, itu dia resep cara membuat brownies kukus yang super lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah ya, Sobat Teknogeo. Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.