Beberapa Tips Membeli Laptop Bekas Supaya Hasilnya Memuaskan

Tips Membeli Laptop Bekas

Terdapat beberapa tips membeli laptop bekas yang perlu diperhatikan. Selalu ingat bahwa membeli barang bekas berbeda dengan membeli barang baru. Tidak ada jaminan barang tersebut masih berfungsi secara optimal. Salah satu alasan kerusakan dari sebuah barang adalah penggunaan. Apabila penggunaan ini dilakukan dalam waktu lama, wajar sebenarnya jika kerusakan terjadi.

Oleh sebab itu, memerhatikan secara detail perlu dilakukan ketika membelinya. Terlebih lagi, tidak mungkin pemilik sebelumnya memberikan garansi. Apabila sudah deal ditempat, kerusakan yang terjadi ke depannya adalah murni kesalahan pembeli. Sebenarnya, membeli produk bekas bukanlah sebuah kesalahan. Dari segi harga, ini bisa dijadikan pilihan terbaik.

Itu karena harga produk bekas pasti lebih murah. Namun selalu ingat bahwa terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencari laptop bekas. Jika beberapa hal tersebut belum diketahui, ini adalah tempat terbaik untuk anda. Di kesempatan kali ini akan diulas lebih jauh mengenai tips tersebut.

Pahami Kebutuhan dan Cek Kondisi Bodi

Tips membeli laptop bekas pertama berhubungan dengan kebutuhan. Pastikan kebutuhan ini diketahui terlebih dahulu. Selalu ingat bahwa spek setiap laptop disesuaikan oleh pabrikannya sesuai tujuan pembuatan. Apabila Kamu membutuhkan perangkat untuk kebutuhan game, jangan membeli produk untuk kebutuhan desain.

Itu karena spesifikasinya jelas berbeda. Oleh sebab itu, mengetahui kebutuhan ini penting sebagai tahap awal. Nantinya kebutuhan tersebut akan dijadikan acuan dalam proses pemilihan. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan harga dalam pemilihan tersebut. jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi bodi.

Bodi adalah poin paling mudah untuk dilakukan pengecekan. Pastikan hanya membeli barang dengan bodi mulus. Apabila terdapat retak atau lecet, akan lebih baik jika memilih produk lain. Itu karena, retak dan lecet membuktikan jika pemilik sebelumnya tidak melakukan perawatan dengan baik.

Lihat Kondisi Layar, Keyboard, dan Trackpad

Membeli laptop bekas juga perlu memerhatikan kondisi. Kondisi pertama yang cukup penting adalah layar. Pastikan semua bagian pada layar diteliti dengan baik. Apabila layarnya sudah buram atau bahkan LCD-nya bermasalah, akan lebih baik jika memilih produk lain. Kerusakan layar biasanya terus membesar.

Apabila di awal saja kondisinya sudah bermasalah, besar kemungkinan permasalahan tersebut akan menjadi semakin besar. Selain layar, jangan lupa juga untuk memerhatikan kondisi keyboard. Kondisi keyboard ini juga sama pentingnya. Pastikan seluruh bagian keyboard bisa ditekan secara normal. jika ada beberapa bagian terasa keras, akan lebih baik jika memilih produk lain.

Lebih parah lagi, jangan memilih perangkat dengan keyboard tidak berfungsi di beberapa tuts. Perbaikan keyboard bukanlah perkara mudah. Ketika ingin dibuat normal, seluruh bagiannya perlu diganti. Biayanya tentu sangat tinggi. Terakhir, perhatikan juga trackpad. Pastikan tidak error dan masih berfungsi optimal.

Lihat Juga Wireless dan Webcamnya

Poin perhatian selanjutnya dalam membeli laptop bekas adalah wireless. Di zaman sekarang, sangat jarang orang menggunakan modem untuk keperluan internet. Setiap laptop memang masih bisa menggunakan modem untuk tersambung ke internet. Namun sekarang, jauh lebih mudah apabila menggunakan wifi. Terlebih lagi ada banyak wifi yang tersebar di luar sana.

Dengan tersambung ke wifi-wifi tersebut, seseorang akan bisa tersambung ke internet secara mudah. Dalam mengecek wireless, jangan hanya memerhatikan nyala atau tidak. Selain itu, perhatikan juga apakah koneksinya stabil atau tidak. Itu karena, terdapat beberapa wireless yang koneksinya selalu tidak stabil padahal seharusnya normal.

Dalam membeli laptop bekas, jangan lupa juga untuk memerhatikan webcam. Terlebih lagi jika Kamu merupakan pegawai kantor atau mahasiswa. Sekarang kebutuhan video coference menjadi semakin tinggi. Apabila webcam tidak berfungsi secara optimal, kebutuhan video conference tidak akan bisa dipenuhi.

Perhatikan Juga Setiap Soketnya Secara Detail

Jangan lupa juga untuk memerhatikan setiap soket secara detail. Soket ini sangat penting dalam penggunaan. Perhatikan setiap soket secara detail. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika membawa kabel data dan perangkat penunjang lain ketika membelinya. Dengan keberadaan alat-alat itu, pengecekan bisa dilakukan dengan lebih baik.

Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika membeli barang bekas. Agar lebih mudah, selalu pastikan setiap poin di atas tidak ada yang terlewat. Kamu sendiri pasti merasa rugi apabila ada poin terlewat. Selalu ingat bahwa banyak orang di luar sana yang gagal saat membeli laptop bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.