Tips Merawat Laptop Supaya bisa Tahan Lama

Laptop Supaya bisa Tahan Lama

Tips merawat laptop tidak banyak diketahui. Padahal keberadaannya sangat penting. Ketika tips ini diketahui dengan baik, seseorang akan bisa merawat laptopnya hingga lebih awet dibanding sebelumnya. Kondisi awet ini jelas bermanfaat. Dengan itu seseorang tidak perlu membeli laptop secara sering.

Perlu diingat bahwa harga laptop sendiri tidak murah. Apabila harus membelinya secara sering dengan harga tinggi, keuangan orang tersebut pasti terganggu. Lagi pula, perangkat di zaman sekarang sebenarnya memiliki ketahanan tinggi. Apabila dijaga dengan maksimal, perangkat tersebut tidak akan rusak dalam waktu cepat.

Kondisi rusak tersebut baru akan terjadi setelah digunakan selama bertahun-tahun. Namun ketika merawatnya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika Kamu masih awam di bidang tersebut, ini merupakan tempat terbaik. Di kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawatnya.

Rutin Membersihkannya dan Jangan Digunakan di Kasur

Poin pertama dalam tips merawat laptop adalah rutin membersihkan. Pembersihan ini sangat penting bagi sebuah perangkat. Ketika debu dibiarkan menumpuk dalam waktu lama, besar kemungkinan debu tersebut akan masuk ke bagian dalam perangkat. Nantinya, debu tersebut bisa saja merusak part internal.

Macam part internal sendiri sangat banyak seperti motherboard, ram, hingga harddisk. Jika part itu sudah rusak, sulit untuk memperbaikinya. Pergantian dengan jenis terbaru perlu dilakukan. lagi pula, membersihkannya tidak terlalu sulit. Cukup rutin bersihkan dengan tisu minimal selama satu bulan sekali.

Untuk menghindari debu ini, jangan gunakan laptop di atas kasur. Biasanya ini kebiasaan seseorang karena malas berpindah dari kasur. Menggunakannya di atas kasur adalah sebuah kesalahan. Kasur memiliki banyak debu yang berpotensi tertarik oleh kipas. Apabila hal ini terus terjadi, penumpukan debu bisa terjadi pada bagian dalam.

Hati-Hati Saat Download File dan Browsing Serta Perhatikan Penggunaan

Tips merawat laptop selanjutnya berhubungan dengan internet. Dibanding menggunakan ponsel, mengakses internet memang lebih mudah memakai laptop. Itu karena ukuran layarnya jauh lebih besar. Ini membuat seseorang lebih leluasa dalam mengaksesnya. Namun ketika melakukan akses tersebut, pastikan untuk hati-hati. Jangan masuk sembarang situs.

Terlebih lagi mendownload file di situs semacam itu. Bisa saja yang didownload tersebut adalah virus. Selain kehilangan data pribadi, masuknya virus bisa menyebabkan kerusakan pada sistem perangkat. Ini membuat perbaikan perlu dilakukan. perhatikan juga penggunaan dari laptop tersebut. ini sangat penting terutama bagi Kamu para gamers.

Game biasanya dibuat dengan ukuran besar. Itu membuat penggunaannya di laptop terasa berat. Apabila aplikasi berat tersebut dipakai dalam waktu lama, perangkat akan dituntut untuk bekerja keras secara terus menerus. Ini jelas berbahaya karena bisa menyebabkan kinerjanya lama kelamaan menurun.

Perhatikan Suhunya agar Tetap Optimal

Jangan lupa juga untuk memperhatikan suhu perangkat. Ini juga sangat vital dalam tips merawat laptop. Sebenarnya sangat wajar jika perangkat terasa panas. Namun jika suhunya sudah terasa mengganggu, itu membuktikan ada masalah di perangkat tersebut. terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan suhu meningkat.

Namun faktor yang paling besar adalah tidak berfungsi optimalnya kipas. Ini biasanya terjadi karena masuknya debu atau terdapat kerusakan pada kipas tersebut. Ada baiknya merawat kipas ini secara rutin. Dengan perawatan tersebut, fungsi sebagai mesin pendingin akan terus optimal. Sebenarnya, suhu tinggi yang dibiarkan dalam waktu lama bisa berbahaya.

Salah satu efek paling parah ketika tips merawat laptop ini tidak dilakukan berupa kerusakan pada part lain. RAM atau motherboard perlu berada pada suhu normal. jika suhunya terlalu tinggi, keduanya bisa saja terbakar. Selain itu, over heat juga bisa membuat perangkat mati secara tiba-tiba. Hal ini yang terjadi secara sering dapat mengakibatkan kerusakan harddisk.

Coba Pasang Antivirus Kualitas Terbaik

Jangan lupa juga untuk memasang antivirus terbaik. Ini sangat penting ketika merawat perangkat. Dengan antivirus terbaik, pembersihan akan dilakukan secara rutin. Ini membuat file-file yang berpotensi mengakibatkan kerusakan bisa dihindari. hal tersebut membuat upaya mengawetkan laptop menjadi lebih mudah.

Pastikan untuk memerhatikan tips merawatnya dengan sebaik mungkin. Jangan lupa juga untuk konsisten ketika melakukannya. Apabila Kamu tidak konsisten, upaya yang dilakukan pasti percuma. Sudah ada banyak orang yang gagal karena tidak konsisten ketika menjalankan tips merawat laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.