cara buat pempek

Cara Buat Pempek

Hai, Sobat Teknogeo! Siapa yang tidak kenal dengan pempek? Makanan khas Palembang ini selalu sukses memikat lidah semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak heran, jika kemudian banyak orang yang mencoba membuat pempek sendiri di rumah. Nah, jika kamu juga ingin mencobanya, yuk, simak cara membuat pempek di bawah ini.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum mulai membuat pempek, pastikan kamu sudah siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan ini terdiri dari tepung sagu, ikan tenggiri yang telah dihaluskan, bawang putih yang sudah dihaluskan, air, garam, dan minyak goreng.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat NPWP Online

Tabel Bahan-bahan

Bahan Takaran
Tepung sagu 300 gram
Ikan tenggiri yang telah dihaluskan 500 gram
Bawang putih yang sudah dihaluskan 3 siung
Air 1 liter
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

2. Campurkan semua bahan

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung sagu, ikan tenggiri yang sudah dihaluskan, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan air. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan adonan menjadi kalis.

3. Diamkan adonan selama 30 menit

Setelah adonan tercampur rata, diamkan adonan selama 30 menit. Hal ini bertujuan agar adonan menjadi lebih padat dan mudah dibentuk saat pembuatan pempek.

4. Bentuk adonan menjadi pempek

Setelah adonan diamkan selama 30 menit, ambil adonan secukupnya dan bentuk adonan menjadi pempek sesuai dengan selera. Kamu bisa membuat pempek bulat, lenjer, atau kapal selam.

5. Panaskan minyak goreng

Setelah semua adonan dibentuk menjadi pempek, langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak goreng. Pastikan minyak goreng benar-benar panas sebelum memasukan pempek agar pempek bisa matang dengan sempurna.

✅👉 TRENDING :  Cara Memakai Jilbab dengan Mudah

6. Goreng pempek hingga matang

Setelah minyak goreng panas, masukkan pempek ke dalam minyak goreng dan goreng hingga pempek berwarna kecokelatan. Jangan lupa, balik pempek agar matang merata.

7. Angkat pempek dan tiriskan

Setelah pempek matang, angkat pempek dan tiriskan di atas kertas minyak agar minyak berlebih bisa terserap.

8. Sajikan

Setelah pempek sudah dingin, kamu bisa menyajikan pempek bersama dengan cuka atau kuah yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

9. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa jenis ikan yang digunakan untuk membuat pempek?

Ikan yang biasanya digunakan untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri. Namun, kamu juga bisa menggunakan jenis ikan lain, seperti ikan belida atau ikan gabus.

2. Apakah tepung sagu bisa diganti dengan tepung lain?

Tepung sagu adalah bahan utama dalam pembuatan pempek. Namun, jika kamu tidak memiliki tepung sagu, kamu bisa menggantinya dengan tepung tapioka atau tepung terigu. Namun, rasanya tidak akan sama dengan pempek yang dibuat dengan tepung sagu.

✅👉 TRENDING :  cara reset iphone 4 lupa password icloud

3. Bagaimana cara membuat kuah cuka untuk pempek?

Untuk membuat kuah cuka, kamu bisa mencampurkan cuka, gula merah yang sudah dihaluskan, air, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan cabe rawit yang sudah dihaluskan. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan kuah siap disajikan.

4. Apa saja variasi rasa pempek yang bisa dibuat?

Selain pempek biasa, kamu juga bisa membuat varian rasa pempek lain, seperti pempek lenjer, pempek adaan, pempek kapal selam, dan pempek kulit. Kamu cukup menambahkan bahan-bahan tambahannya pada saat mencampurkan adonan pempek.

5. Berapa lama pempek bisa disimpan di dalam kulkas?

Pempek yang sudah matang bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Jangan lupa, untuk menyimpan pempek di dalam wadah tertutup agar pempek tidak mudah basi dan terkena bau yang tidak sedap.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat pempek yang bisa kamu coba di rumah. Semoga berhasil dan selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.