Yang bukan ciri masyarakat madani adalah….

Salah satu manfaat masyarakat ikut serta dalam kebijakan publik adalah terbentuknya masyarakat madani. Yang bukan ciri masyarakat madani adalah….

a. Masyarakat tidak mau bergantung pada negara, lembaga, atau organisasi tertentu.

b. Keterikatan pada nilai hukum yang disepakati bersama.

c. Setiap individu tidak mau bergantung dengan orang lain.

d. Terbentuknya merupakan paksaan dari organisasi tertentu.

e. Terbentuknya secara sukarela

 

Jawaban: D

Pembahasan :

Ciri pokok masyarakat madani di Indonesia menurut Prof. Dr. A.S. Hikam sebagai berikut :

1.  Kesukarelaan
Artinya, suatu masyarakat madani bukanlah suatu masyarakat paksaan atau indoktrinasi. Keanggotaan masyarakat madani adalah keanggotaan dar pribadi yang bebas, secara sukarela membentuk suatu kehidupan bersama, dan oleh sebab itu mempunyai komitmen yang sangat besar untuk mewujudkan cita-cita bersama.

2.  Keswasembadaan

Setiap anggota mempunyai harga diri yang tinggi, yang percaya akan kemampuan diri sendiri bahkan berusaha membantu orang yang kekurangan. Keanggotaan yang percaya diri tersebut adalah anggota yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan masyarakat.

3.  Kemandirian yang tinggi terhadap negara

Bagi masyarakat madani, negara adalah kesepakatan bersama, sehingga tanggung jawab yang lahir dari kesepakatan tersebut juga tuntutan dan tanggung jawab dari masing-masing anggota, negara inilah yang berkedaulatan rakyat.

4.  Keterkaitan pada nilai-nilai hukum yang telah disepakati bersama.
Hal ini berarti suatu masyarakat madani adalah suatu masyarakat yang berdasarkan hukum dan bukan negara kekuasaan. Negara hukum bisa diwujudkan oleh masyarakat yang taat hukum juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.