Cara Membuat Keripik Tempe yang Gurih dan Sehat

Pendahuluan

Tempe adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terkenal sejak zaman dahulu. Selain rasanya yang enak, tempe juga terkenal karena kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti protein, serat, dan vitamin B. Salah satu cara untuk menyajikan tempe yang berbeda adalah dengan membuat keripik tempe. Keripik tempe adalah camilan yang terbuat dari bahan dasar tempe yang diiris tipis-tipis dan digoreng. Selain gurih, keripik tempe juga sehat karena tidak mengandung zat aditif dan pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Di artikel ini, kami akan berbagi cara membuat keripik tempe yang gurih dan sehat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat keripik tempe, bahan-bahan yang diperlukan tidak banyak dan mudah didapat di pasar atau toko bahan makanan. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain:1. Tempe2. Air secukupnya3. Tepung terigu4. Bawang putih5. Garam6. Gula merah7. Minyak goreng

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Telur Geprek

Cara Membuat Keripik Tempe

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat keripik tempe yang gurih dan sehat:1. Potong tempe yang sudah dibersihkan menjadi irisan tipis-tipis. Usahakan agar irisan tempe memiliki ketebalan yang sama.2. Tambahkan garam secukupnya pada tempe yang sudah dipotong dan aduk rata. Diamkan selama 30 menit hingga garam meresap.3. Rebus air secukupnya dan masukkan gula merah yang telah diiris ke dalamnya. Aduk hingga gula merah larut dan air menjadi berwarna cokelat.4. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada air gula merah. Aduk hingga tercampur rata.5. Celupkan irisan tempe ke dalam larutan gula merah dan bawang putih. Pastikan setiap irisan terendam selama 15 menit.6. Tiriskan tempe yang sudah dicelupkan ke dalam larutan gula merah dan bawang putih selama kurang lebih 10 menit.7. Ambil tepung terigu secukupnya dan tambahkan sedikit air. Aduk hingga adonan tepung terigu menjadi kental.8. Gulingkan tempe yang sudah ditiriskan ke dalam adonan tepung terigu hingga semua bagian terlapisi tepung.9. Goreng tempe yang sudah dilapisi tepung dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan.10. Angkat keripik tempe dan tiriskan minyak dengan cara menempelkan keripik pada tisu dapur.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Aplikasi Android di HP

Cara Penyajian

Keripik tempe yang sudah matang dapat disajikan sebagai camilan atau sebagai teman makan nasi. Keripik tempe yang gurih dan renyah ini cocok disajikan bersama saus sambal atau saus tomat.

Kesimpulan

Membuat keripik tempe yang gurih dan sehat tidaklah sulit. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya pun cukup sederhana. Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menciptakan variasi rasa keripik tempe yang berbeda-beda. Selain itu, keripik tempe juga cocok dijadikan sebagai usaha sampingan yang menjanjikan.

Tabel FAQ

1. Apakah keripik tempe sehat?- Iya, keripik tempe sangat sehat karena terbuat dari bahan dasar tempe yang kaya akan nutrisi dan tidak mengandung zat aditif serta pengawet yang berbahaya bagi tubuh.2. Bagaimana cara membuat keripik tempe yang renyah?- Cara membuat keripik tempe yang renyah adalah dengan memotong tempe menjadi irisan yang tipis dan merendam irisan tempe dalam larutan gula merah dan bawang putih selama kurang lebih 15 menit sehingga tempe terendam sempurna.3. Bagaimana cara menyimpan keripik tempe yang sudah matang?- Keripik tempe yang sudah matang dapat disimpan dalam wadah kedap udara atau di dalam kantong plastik yang disegel rapat untuk menjaga kelembaban dan kerenyahannya.4. Apakah keripik tempe dapat dijual?- Iya, keripik tempe dapat dijual sebagai camilan atau sebagai produk usaha sampingan yang menjanjikan.5. Apa variasi rasa keripik tempe yang dapat dibuat?- Variasi rasa keripik tempe yang dapat dibuat antara lain rasa original, pedas, asin, manis, dan sebagainya. Anda dapat menambahkan bahan-bahan seperti keju atau wijen untuk menambah variasi rasa.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Dendeng Balado: Resep dan Tips