Cara Membuat Brownies Kukus yang Lezat dan Mudah

Kenapa Memilih Brownies Kukus?

Brownies kukus adalah salah satu makanan pencuci mulut yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang lembut, manis, dan cokelat sangat cocok disajikan pada saat acara keluarga atau teman-teman berkumpul. Brownies kukus juga terkenal lebih sehat dibandingkan dengan brownies panggang karena tidak menggunakan banyak minyak dan tidak menghasilkan asap yang membahayakan kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat brownies kukus sendiri di rumah dengan resep yang sederhana ini!

Bahan yang Dibutuhkan

– 200 gram tepung terigu protein sedang- 250 gram gula pasir- 50 gram cokelat bubuk- 1 sendok teh baking powder- 1/2 sendok teh garam- 4 butir telur- 200 ml air- 100 gram margarin atau mentega

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Terang Bulan Mini

Cara Membuat Brownies Kukus yang Lezat dan Mudah

1. Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan dalam keadaan suhu ruangan.2. Panaskan kukusan. Siapkan loyang untuk brownies dan oleskan sedikit margarin atau mentega agar brownies tidak lengket.3. Ayak tepung terigu, gula pasir, cokelat bubuk, baking powder, dan garam. Aduk rata.4. Lelehkan margarin atau mentega dan campurkan dengan air. Masukkan ke dalam campuran tepung sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.5. Tambahkan telur satu per satu sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin atau mentega. Ratakan permukaannya.7. Kukus adonan selama 30-35 menit dengan api sedang hingga matang. Tes dengan tusuk gigi, jika keluar bersih tandanya sudah matang.8. Angkat dari kukusan dan biarkan dingin sebentar sebelum dipotong-potong.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Seblak Kerupuk

Tips dan Trik untuk Membuat Brownies Kukus yang Lezat

– Pastikan semua bahan dalam keadaan suhu ruangan agar mudah dicampur dengan adonan.- Ayak tepung terigu, gula pasir, cokelat bubuk, baking powder, dan garam agar tidak ada gumpalan ketika dicampur dengan adonan.- Tambahkan telur satu per satu sambil terus diaduk agar adonan tercampur rata.- Kukus adonan selama 30-35 menit dengan api sedang agar matang secara merata.- Biarkan dingin sebentar sebelum dipotong-potong agar tidak hancur.

Selamat Mencoba!

Sekarang Anda sudah memiliki resep untuk membuat brownies kukus yang lezat dan mudah di rumah. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan bahan-bahan yang berbeda untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang berbeda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kesimpulan

Brownies kukus adalah makanan pencuci mulut yang sangat populer di Indonesia. Membuat brownies kukus sendiri di rumah sangat mudah dan lebih sehat dibandingkan dengan membeli di toko. Pastikan Anda mengikuti resep dan tips yang diberikan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Selamat mencoba!

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Halaman di Word 2007

Tabel FAQ

Pertanyaan Jawaban
Brownies kukus lebih sehat dibandingkan dengan brownies panggang? Ya, karena brownies kukus tidak menggunakan banyak minyak dan tidak menghasilkan asap yang membahayakan kesehatan.
Kenapa harus ayak tepung terigu dan bahan kering lainnya? Agar tidak ada gumpalan ketika dicampur dengan adonan.
Kenapa harus tambahkan telur satu per satu? Agar adonan tercampur rata.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengukus brownies? Kukus adonan selama 30-35 menit dengan api sedang hingga matang.
Apakah brownies kukus bisa disimpan? Ya, brownies kukus bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di kulkas selama 2-3 hari.