Pemilihan Knalpot Modif Mobil yang Cocok Untuk Anda

Pemilihan Knalpot Modif Mobil

Pemilihan knalpot modif mobil juga jadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan performa terbaik mobil.

Apabila Anda ingin meningkatkan tenaga mesin secara instan dan ingin mobil lebih kelihatan stylish, bisa mengganti knalpot bawaan Anda dengan knalpot aftermarket atau knalpot racing.

Jadi untuk masalah performa tak melulu hanya tentang mengutak-atik mesin. Cukup dengan mengganti knalpot bawaan saja sudah bisa mendongkrak performa jadi lebih gahar.

Bahkan dengan menggunakan produk knalpot aftermarket akan membuat tampilan mobil Anda lebih sangar dan bergaya.

Tetapi sebelum memutuskan memilih knalpot modif mobil, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Pemilihan Knalpot Modif Mobil

  1. Saluran gas buang knalpot

Bila Anda ingin mengganti knalpot racing guna mendapatkan performa kendaraan yang baik, sebaiknya pilihlah knalpot sesuai desain saluran gas buang kendaraan yang umum.

Jika tak seperti itu, tentu akan memperburuk kondisi mobil Anda. Baik secara estetika maupun pelanggaran terhadap ketentuan milik pemerintah.

Ujung-ujungnya pengeluaran dana untuk knalpot mobil Anda akan jadi sia-sia dan tak ada artinya.

  1. Pemilihan pipa knalpot

Ketika ingin mengganti knalpot bawaan Anda, pilihlah satu set pipa knalpot modifikasi yang kualitasnya sudah terjamin bagus.

Pastikan pipanya memiliki lekukan yang baik dan berbentuk bulat sempurna hingga sisa gas buangan bisa keluar secara lancar.

Sebagai pemiliknya, tentu Anda tak ingin bukan jika ada komponen abal-abal yang terpasang di mobil milik Anda.

  1. Sesuaikan dengan selera

Anda mungkin bisa menemukan ada banyak sekali jenis dan merek knalpot racing mobil. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah memilih knalpot racing incaran sesuai dengan selera dan tema modifikasi Anda.

Apabila Anda ingin menggunakannya untuk keperluan balap, maka gunakanlah knalpot khusus untuk balapan.

Begitu pula bila penggunaannya hanya untuk kebutuhan harian, gunakanlah knalpot racing atau knalpot yang lebih kepada nilai estetikanya.

Hal ini sangat penting diperhatikan mengingat komponen-komponen pendukung knalpot berbeda-beda tergantung merek dan kualitasnya.

Sehingga jangan sampai Anda memasang knalpot yang membuat mobil Anda kelihatan aneh dan sama sekali tak estetis.

  1. Harga knalpot

Seperti yang kita tahu bahwa harga knalpot racing berbeda-beda tergantung pada merek dan modelnya.

Apabila barang incaran Anda sudah ditemukan, maka pastikan bahwa harganya sesuai dengan budget yang dimiliki.

Guna memperoleh harga terbaik, tak ada salahnya bila Anda mencoba perburuan ke beberapa toko aksesoris mobil lainnya yang dekat.

  1. Hindari knalpot yang terlalu berisik

Anda tak perlu khawatir bila ingin menggunakan knalpot custom, ada kok jenis knalpot custom yang suaranya adem dan tidak berisik.

Jenis knalpot ini didalamnya telah dipadukan dengan tabung peredam yang istilah teknisnya dikenal dengan muffler bolt on dan tailpipe secara tepat.

Hasil dari perpaduan tersebut akan menghasilkan suara yang lebih kalem dan peningkatan performa yang signifikan.

Penggunaan knalpot mobil yang menghasilkan suara terlalu keras akan menimbulkan polusi suara yang mencemari telinga orang.

Adapun untuk masalah bentuknya tergantung dari selera masing-masing. Sebab saat ini ada banyak bentuk knalpot yang tersedia di pasaran. Mulai dari trapesium sampai yang berbentuk bulat.

Bentuk knalpot yang bagus tentunya akan memberi kesan sporty yang keren pada mobilmu.

  1. Perhatikan bahan knalpot

Umumnya yang banyak dicari oleh orang-orang adalah stainless steel. Hal ini tentu didasarkan pada sifatnya yang tahan karat dari air yang keluar dari hasil pembakaran dan kompresi mesin.

Sebaiknya hindari memilih knalpot dengan bahan besi karena lebih mudah berkarat dan bisa menimbulkan penumpukan kotoran dari gas hasil buang. Jika ingin yang lebih paten, saya sarankan untuk memilih knalpot dengan bahan titanium.

  1. Sesuaikan kapasitas silinder mesin dengan diameter kepala knalpot

Untuk persoalan satu ini sebaiknya Anda bisa langsung tanya ke ahlinya atau kerabat yang memang paham. Sebab ada rasio-rasio tertentu dari berbagai jenis dan merek mobil maupun motor.

Perpaduan yang tepat antara kapasitas mesin dan besarnya kepala knalpot bisa menciptakan tarikan mesin yang mantap. Sedangkan perpaduan yang tidak tepat kadang bisa menimbulkan penurunan performa pada mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.