Cara Membuat Kulit Martabak

Pengenalan

Martabak adalah salah satu makanan favorit yang banyak dijumpai di Indonesia. Martabak itu sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu martabak manis dan martabak asin. Namun, dalam artikel ini, kita akan fokus pada cara membuat kulit martabak yang lezat dan empuk.

Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kulit martabak adalah:- 500 gram tepung terigu- 1 sendok makan ragi instan- 2 sendok makan gula pasir- 1/2 sendok makan garam- 450 ml air hangat- 2 sendok makan minyak goreng

Langkah-Langkah

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kulit martabak yang empuk dan lezat:1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam dalam sebuah mangkuk besar.2. Setelah itu, tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan kalis.3. Tambahkan minyak goreng ke dalam adonan dan uleni hingga adonan elastis.4. Tutup mangkuk dengan kain dan diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang.5. Setelah adonan mengembang, uleni kembali adonan hingga kalis dan tercampur rata.6. Bagi adonan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.7. Ambil satu bagian adonan dan pipihkan dengan gilingan roti.8. Letakkan kulit martabak pada loyang yang sudah diolesi minyak goreng.9. Ulangi langkah 7 dan 8 untuk bagian adonan yang lain.10. Setelah selesai, tutup loyang dengan kain dan diamkan selama 30 menit hingga mengembang.11. Setelah mengembang, kulit martabak siap untuk diisi dengan bahan-bahan yang diinginkan.

✅👉 TRENDING :  Kepiting Salju: Si Cantik dari Laut Utara

Cara Menyimpan Kulit Martabak

Setelah membuat kulit martabak, Anda bisa menyimpannya dalam kulkas selama beberapa hari. Sebelum digunakan, Anda hanya perlu mengeluarkan kulit martabak dari kulkas dan biarkan selama beberapa menit hingga suhu ruangan.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Kebab: Resep Praktis dan Lezat

Kesimpulan

Itulah cara membuat kulit martabak yang empuk dan lezat. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa membuat kulit martabak yang enak di rumah sendiri. Selamat mencoba!

Tabel FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Berapa lama adonan harus diamkan? Adonan harus diamkan selama 30 menit hingga mengembang.
2. Apakah kulit martabak bisa disimpan? Ya, kulit martabak bisa disimpan dalam kulkas selama beberapa hari.
3. Apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat kulit martabak? Bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung terigu, ragi instan, gula pasir, garam, air hangat, dan minyak goreng.
4. Bagaimana cara menggulung kulit martabak? Anda cukup membentuk kulit martabak menjadi bulat dan isi dengan bahan-bahan yang diinginkan, lalu gulung seperti membuat lumpia.
5. Apa yang harus dilakukan jika kulit martabak sangat keras? Anda bisa mencampurkan adonan dengan sedikit air hangat hingga adonan menjadi lebih lembut.
✅👉 TRENDING :  Selalu Ada Chord