Cara Membuat Lamaran Kerja untuk Sobat Teknogeo

Hai Sobat Teknogeo! Apakah kamu sedang mencari pekerjaan baru? Jika iya, maka membuat lamaran kerja adalah hal yang harus kamu lakukan. Lamaran kerja adalah dokumen penting yang akan menentukan apakah kamu akan dipanggil untuk interview atau tidak. Nah, kali ini kami akan memberikan tips kepada kamu tentang cara membuat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian HRD. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Pahami Tujuan Lamaran Kerja

Sebelum mulai membuat lamaran kerja, kamu harus memahami tujuan dari lamaran kerja itu sendiri. Tujuan dari lamaran kerja adalah untuk memperkenalkan diri kamu secara singkat dan memperlihatkan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang kamu inginkan.

FAQ

  1. Apakah lamaran kerja harus disertai dengan CV?
  2. Ya, lamaran kerja harus disertai dengan CV yang merinci pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan yang dimiliki.

  3. Apakah lamaran kerja harus dikirim dalam bentuk fisik atau email?
  4. Tergantung pada persyaratan perusahaan. Beberapa perusahaan meminta untuk dikirim melalui email sedangkan yang lain meminta untuk dikirim dalam bentuk fisik.

  5. Apakah lamaran kerja harus ditulis dengan tangan atau diketik?
  6. Sebaiknya lamaran kerja ditulis dengan diketik untuk memudahkan pembacaan dan memberikan kesan profesional.

2. Perkenalkan Diri dengan Baik

Pada bagian awal lamaran kerja, kamu harus memperkenalkan diri kamu dengan baik dan jelas. Tuliskan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email kamu dengan benar. Jangan lupa sertakan foto profil kamu yang sopan dan profesional.

✅👉 TRENDING :  Cara Reset Nokia: Solusi Kesalahan dan Masalah

Contoh

Nama: Ana Dewi
Alamat: Jalan Sudirman 12, Jakarta Selatan
Nomor Telepon: 08123456789
Email: ana.dewi@gmail.com
Foto Profil: (upload foto profil yang sopan dan professional)

3. Cantumkan Posisi yang Kamu Lamar

Sebelum memulai tulisan, cantumkan posisi yang kamu lamar agar HRD dapat mengetahui posisi yang kamu inginkan. Jangan hanya menulis “Lamaran Kerja” atau “Permohonan Pekerjaan”. Sebaiknya tuliskan dengan jelas posisi yang kamu inginkan.

Contoh

Lamaran Pekerjaan: Digital Marketing Specialist

4. Berikan Pengantar yang Menarik

Pada paragraf kedua, berikan pengantar yang menarik dengan menggambarkan beberapa keterampilan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Pastikan untuk menyesuaikan pengantar dengan posisi yang kamu lamar.

Contoh

Saya seorang Digital Marketing Specialist dengan pengalaman kerja selama 3 tahun dalam bidang digital marketing. Saya memiliki keterampilan dalam membuat strategi pemasaran, mengelola kampanye iklan online, serta meningkatkan engagement pada media sosial. Saya sangat tertarik dengan posisi Digital Marketing Specialist di perusahaan ini dan yakin bahwa keterampilan yang saya miliki dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan.

5. Jelaskan Mengapa Kamu Cocok untuk Posisi Tersebut

Jelaskan mengapa kamu cocok untuk posisi yang kamu lamar. Berikan beberapa alasan yang spesifik dan nyata. Pastikan kamu menyesuaikan dengan persyaratan yang diinginkan oleh perusahaan.

Contoh

Saya yakin bahwa saya cocok untuk posisi Digital Marketing Specialist karena saya memiliki pengalaman kerja yang relevan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Saya adalah orang yang kreatif, analitis, dan memiliki inisiatif tinggi dalam menghadapi masalah. Selain itu, saya memiliki kemampuan dalam mengelola beberapa platform media sosial dan SEO yang dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk.

6. Sertakan Pengalaman Kerja yang Relevan

Sertakan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Tuliskan nama perusahaan, posisi yang kamu pegang, dan tugas-tugas yang telah kamu lakukan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan persyaratan dari perusahaan.

✅👉 TRENDING :  Cara Make Up Inez: Tampil Cantik dan Fresh Seharian

Contoh

Pengalaman Kerja: Digital Marketing Specialist di PT. ABC Indonesia (2018-2021)
Tugas-tugas:
– Membuat strategi pemasaran untuk meningkatkan visibilitas produk
– Mengelola kampanye iklan online di beberapa platform media sosial
– Meningkatkan engagement pada media sosial melalui postingan dan promosi
– Melakukan optimasi SEO untuk meningkatkan penjualan online
– Analisis dan monitoring data untuk meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran

7. Jelaskan Pendidikan Terakhir

Jelaskan pendidikan terakhir yang kamu miliki. Cantumkan nama institusi pendidikan, fakultas, jurusan, dan tahun lulus. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan persyaratan dari perusahaan.

Contoh

Pendidikan Terakhir: S1 Marketing di Universitas Gadjah Mada (2014-2018)

8. Jelaskan Keterampilan yang Dimiliki

Jelaskan keterampilan yang kamu miliki yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Sebutkan keterampilan yang dapat menunjang pekerjaan kamu di perusahaan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan persyaratan dari perusahaan.

Contoh

Keterampilan yang Dimiliki:
– Menguasai Google Analytics dan Google Adwords
– Menguasai Adobe Photoshop dan Illustrator
– Menguasai Bahasa Inggris dengan baik
– Mampu bekerja dalam tim dan mandiri
– Kreatif dalam membuat ide-ide pemasaran

9. Sertakan Referensi Jika Diminta

Jika perusahaan meminta referensi, sebaiknya kamu sertakan dalam lamaran kerja kamu. Tuliskan nama, posisi, dan nomor telepon dari orang yang dapat memberikan referensi tentang kamu.

Contoh

Referensi:
Nama: Budi Santoso
Posisi: Senior Manager di PT. DEF Indonesia
Nomor Telepon: 08123456789

10. Cantumkan Harapan Gaji

Sebaiknya kamu juga memberikan harapan gaji yang kamu inginkan. Namun, pastikan kamu menyesuaikan gaji yang kamu minta dengan posisi, pengalaman, dan pendidikan yang kamu miliki.

Contoh

Harapan Gaji: Rp 7.000.000,-

11. Jangan Lupa Sertakan Surat Lamaran Kerja Lainnya

Jangan lupa untuk menyertakan surat lamaran kerja lainnya seperti sertifikat pendidikan, sertifikat pelatihan, dan sertifikat pengalaman kerja. Surat-surat tersebut dapat menambah nilai plus pada lamaran kerja kamu.

12. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Pastikan kamu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh HRD. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau terlalu informal. Sebaiknya gunakan bahasa yang menggambarkan kepribadian kamu.

✅👉 TRENDING :  Cara Mencegah Nefritis

13. Gunakan Format Lamaran Kerja yang Benar

Pilih format lamaran kerja yang benar dan mudah dipahami oleh HRD. Sebaiknya gunakan format yang bersih dan terstruktur dengan baik. Pastikan kamu menyesuaikan format dengan posisi yang kamu lamar.

Contoh

Nama : Ana Dewi
Alamat : Jalan Sudirman 12, Jakarta Selatan
Nomor Telepon : 08123456789
Email : ana.dewi@gmail.com
Foto Profil : (upload foto profil yang sopan dan professional)

14. Periksa Kembali Lamaran Kerja Sebelum Dikirim

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, pastikan kamu telah memeriksa kembali lamaran kerja kamu. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, nama, atau posisi yang kamu lamar.

15. Kirim Lamaran Kerja Sesuai dengan Persyaratan Perusahaan

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, pastikan kamu telah membaca dan memahami persyaratan dari perusahaan. Kirimkan lamaran kerja sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh perusahaan.

16. Tunggu Panggilan Interview

Setelah mengirimkan lamaran kerja, tunggu panggilan interview dari perusahaan. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum interview.

17. Berikan Jawaban yang Baik dan Jelas Saat Interview

Saat interview, berikan jawaban yang baik dan jelas. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan posisi yang kamu lamar. Berikan jawaban yang positif dan menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat.

18. Jangan Lupa Follow Up Setelah Interview

Setelah interview, jangan lupa untuk follow up dengan perusahaan. Tanyakan keputusan perusahaan dan berikan apresiasi atas waktu yang telah diberikan.

19. Tetap Semangat dan Terus Berusaha

Jangan menyerah jika kamu belum berhasil mendapatkan pekerjaan. Tetap semangat dan terus berusaha. Perbanyak pengalaman dan keterampilan kamu agar dapat lebih kompetitif di pasar kerja.

20. Kesimpulan

Membuat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian HRD tidaklah sulit. Pastikan kamu memahami tujuan dari lamaran kerja, memperkenalkan diri dengan baik, menjelaskan pengalaman kerja yang relevan, serta menyertakan pendidikan dan keterampilan yang kamu miliki. Pastikan kamu mengirimkan lamaran kerja sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh perusahaan dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan posisi yang kamu lamar. Tetap semangat dan terus berusaha! Selamat mencoba!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!