Cara Membuat Bola Ubi yang Lezat dan Sehat

Benarkah Ubi adalah Makanan yang Sehat?

Ubi adalah jenis umbi-umbian yang seringkali dianggap sebagai makanan yang sehat dan dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Ubi banyak mengandung serat, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan mangan. Serat pada ubi dikenal baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ubi banyak dijadikan bahan makanan, termasuk dalam pembuatan bola ubi.

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Bola Ubi

Sebelum mulai membuat bola ubi, pastikan bahwa semua bahan yang diperlukan telah disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bola ubi antara lain:- 500 gram ubi jalar- 150 gram tepung ketan putih- 50 gram gula pasir- 1/2 sendok teh garam- Minyak kelapa secukupnya

✅👉 TRENDING :  Orang Sakit: Bagaimana Menjaga Kesehatan dan Mengatasi Penyakit?

Langkah-Langkah Membuat Bola Ubi

Setelah semua bahan telah disiapkan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat bola ubi yang sehat dan lezat:1. Kupas dan potong-potong ubi jalar kecil-kecil, kemudian kukus hingga empuk.2. Setelah ubi empuk, haluskan ubi jalar menggunakan garpu atau alat penghalus lainnya. Tambahkan gula pasir dan garam ke dalam adonan ubi, aduk rata.3. Tambahkan tepung ketan putih sedikit demi sedikit ke dalam adonan ubi sambil diuleni hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket di tangan.4. Ambil adonan ubi secukupnya, gilas menjadi bola-bola kecil dengan tangan.5. Panaskan minyak kelapa dalam wajan dengan api sedang, kemudian goreng bola-bola ubi hingga matang dan berwarna kecoklatan.6. Angkat bola ubi dari wajan, tiriskan minyak, dan bola ubi siap disajikan.

✅👉 TRENDING :  Di Kali: Menikmati Indahnya Sungai

Tips agar Bola Ubi Lebih Enak dan Sehat

Berikut beberapa tips agar bola ubi yang Anda buat lebih enak dan sehat:- Pilih ubi jalar yang segar dan berkualitas baik.- Jangan terlalu banyak menambahkan gula pasir agar bola ubi tidak terlalu manis.- Tambahkan sedikit air ketika menghaluskan ubi jalar agar adonan menjadi lebih mudah diuleni.- Goreng bola ubi dengan menggunakan minyak kelapa yang sehat dan tidak terlalu banyak agar bola ubi tidak terlalu berminyak.

Kesimpulan

Bola ubi adalah salah satu camilan yang cukup populer di Indonesia. Dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat dan proses pembuatan yang sederhana, bola ubi dapat menjadi pilihan camilan yang sehat dan enak untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, sebagai konsumen yang cerdas, pastikan untuk memilih bahan-bahan yang berkualitas baik dan memperhatikan cara pengolahannya agar bola ubi yang dihasilkan benar-benar sehat dan lezat.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Keripik Tempe yang Gurih dan Sehat

Tabel FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah bola ubi baik untuk kesehatan? Ya, bola ubi sehat dan baik untuk kesehatan karena mengandung banyak serat dan nutrisi.
2. Berapa lama bola ubi bisa disimpan? Bola ubi yang telah digoreng dapat disimpan selama 2-3 hari di dalam kulkas.
3. Bisakah tepung beras digunakan sebagai pengganti tepung ketan? Tidak, karena tepung beras memiliki tekstur yang berbeda dan tidak cocok digunakan sebagai pengganti tepung ketan.
4. Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir? Anda bisa menggunakan gula kelapa atau madu sebagai pengganti gula pasir.
5. Apakah bola ubi cocok untuk orang yang sedang menjalani diet rendah kalori? Bola ubi mengandung banyak karbohidrat dan kalori, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan oleh orang yang sedang menjalani diet rendah kalori.