Cara Buat SKCK Online

Apa itu SKCK?

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen penting yang diperlukan untuk berbagai keperluan seperti melamar pekerjaan, mengurus visa ke luar negeri, atau mendaftar sekolah. SKCK menunjukkan bahwa pemiliknya tidak memiliki catatan kriminal dan bebas dari segala bentuk kejahatan. Saat ini, membuat SKCK dapat dilakukan secara online dengan mudah dan praktis.

Langkah 1: Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum membuat SKCK online, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen tersebut meliputi KTP, KK, dan fotokopi ijazah terakhir. Pastikan dokumen-dokumen tersebut telah di-scan dan tersedia dalam format PDF atau JPEG.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Langkah 2: Buka Situs Resmi Kepolisian

Buka situs resmi Kepolisian di www.polri.go.id. Pada halaman utama, klik menu “Layanan Publik” dan pilih “Permohonan SKCK Online.” Anda akan diarahkan ke halaman baru yang akan meminta Anda untuk membuat akun.

Langkah 3: Buat Akun

Pada halaman login, klik “Daftar Akun Baru” dan isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta seperti nama, tanggal lahir, dan nomor KTP. Jangan lupa untuk memilih username dan password yang mudah diingat.

Langkah 4: Isi Data Diri

Setelah membuat akun, Anda akan diarahkan ke halaman untuk mengisi data diri. Pastikan Anda mengisi data dengan benar dan jangan lupa untuk melampirkan dokumen-dokumen yang telah disiapkan sebelumnya.

Langkah 5: Bayar Biaya Administrasi

Setelah mengisi data diri, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran. Pastikan Anda membayar biaya administrasi yang telah ditentukan. Biaya administrasi biasanya sekitar 30.000 rupiah dan dapat dibayarkan melalui transfer bank atau kartu kredit.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Jus Pare

Langkah 6: Tunggu Proses Verifikasi

Setelah pembayaran berhasil dilakukan, tunggu proses verifikasi dari pihak kepolisian. Biasanya proses verifikasi memakan waktu 3-5 hari kerja. Jika terdapat kesalahan dalam dokumen atau data diri, pihak kepolisian akan menghubungi Anda untuk melakukan perbaikan.

Langkah 7: Terima SKCK

Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan menerima SKCK dalam bentuk PDF melalui email yang telah Anda cantumkan saat mendaftar. Pastikan Anda mencetak SKCK tersebut dan menyimpannya dengan baik.

Tips untuk Membuat SKCK Online

– Pastikan semua dokumen telah disiapkan sebelum membuat SKCK online.- Periksa kembali data yang telah diisi agar tidak terjadi kesalahan.- Jangan lupa untuk membayar biaya administrasi yang telah ditentukan.- Tunggu proses verifikasi dengan sabar dan jangan lupa untuk memeriksa email secara berkala.- Simpan SKCK dalam bentuk PDF dengan baik.

Kesimpulan

Membuat SKCK online sangat mudah dan praktis, tidak perlu lagi mengantri di kantor polisi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat SKCK secara online dengan mudah dan cepat. Pastikan Anda menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebelumnya dan mengikuti setiap langkah dengan benar.

✅👉 TRENDING :  Tembok Ratapan: Menceritakan Kisah Pilu Pada Dinding

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah biaya administrasi untuk membuat SKCK online sama dengan biaya administrasi di kantor polisi? Ya, biaya administrasi untuk membuat SKCK online sama dengan biaya administrasi di kantor polisi.
Berapa lama proses verifikasi? Proses verifikasi memakan waktu sekitar 3-5 hari kerja.
Bisakah SKCK online digunakan untuk keperluan luar negeri? Ya, SKCK online dapat digunakan untuk keperluan luar negeri.
Apakah SKCK online memiliki masa berlaku yang sama dengan SKCK di kantor polisi? Ya, SKCK online memiliki masa berlaku yang sama dengan SKCK di kantor polisi.
Apakah SKCK online dapat dicetak kembali jika hilang? Ya, SKCK online dapat dicetak kembali jika hilang.