Cara Membuat Ongol Ongol

Pendahuluan

Ongol ongol adalah salah satu jenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan utama tepung ketan dan gula merah. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup atau makanan ringan saat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Selain rasanya yang enak, membuat ongol ongol juga tergolong mudah dilakukan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara mudah membuat ongol ongol yang enak dan lezat.

Bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah bahan yang dibutuhkan dalam membuat ongol ongol:- 250 gram tepung ketan- 50 gram tepung maizena- 500 ml air matang- 200 gram gula merah, serut- 1 lembar daun pandan- 1/2 sendok teh garam- Kelapa parut secukupnya

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Stiker Tempel

Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat ongol ongol:1. Campurkan tepung ketan dan tepung maizena dalam satu wadah.2. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata.3. Saring adonan tepung agar tidak ada gumpalan.4. Masukkan garam ke dalam adonan tepung dan aduk rata.5. Tuang adonan tepung di atas panci yang sudah dipanaskan.6. Aduk adonan tepung hingga mengental dan bisa dicetak.7. Setelah mengental, angkat adonan tepung dan tekan-tekan agar rapat dan tidak berudara.8. Potong-potong adonan tepung menjadi kotak-kotak kecil.9. Campurkan gula merah, daun pandan, dan air sedikit-sedikit dalam panci.10. Masak campuran tersebut hingga gula merah larut dan mengental.11. Siapkan wadah untuk menaruh ongol ongol yang sudah dipotong-potong tadi.12. Siram ongol ongol dengan campuran gula merah tadi hingga merata.13. Diamkan ongol ongol hingga dingin dan gula merahnya mengeras.14. Taburi ongol ongol dengan kelapa parut secukupnya.15. Ongol ongol siap disajikan.

✅👉 TRENDING :  Jumlah Istri Syekh Ali Jaber

Penutup

Itulah cara mudah membuat ongol ongol. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat ongol ongol yang enak dan lezat untuk disajikan bersama keluarga dan teman-teman. Selain itu, makanan ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apakah ongol ongol bisa disimpan dalam waktu yang lama?- Bisa. Ongol ongol bisa disimpan dalam wadah tertutup dalam waktu 2-3 hari di dalam kulkas.2. Bagaimana cara membuat ongol ongol dengan rasa yang berbeda?- Kamu bisa menambahkan pewarna makanan dan bahan lain seperti kelapa muda atau kacang hijau untuk membuat ongol ongol dengan rasa yang berbeda.3. Bagaimana jika adonan tepung tidak mengental?- Kamu bisa menambahkan tepung ketan atau maizena agar adonan tepung menjadi lebih kental.4. Apakah tepung ketan bisa diganti dengan tepung beras?- Tidak. Tepung ketan memiliki tekstur yang lebih lengket dan cocok digunakan dalam membuat ongol ongol.5. Apakah ongol ongol cocok dijadikan makanan penutup atau makanan ringan?- Ongol ongol cocok dijadikan makanan penutup atau makanan ringan saat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

✅👉 TRENDING :  Surah Al Muddassir: Tafsir dan Makna dalam Hidup