Tips Pilih Antivirus Terbaik untuk Laptop agar Tetap Aman

Tips Pilih Antivirus Terbaik untuk Laptop agar Tetap Aman

Tips pilih antivirus terbaik harus dilakukan agar kita bisa menentukan mana antivirus yang benar-benar tepat untuk digunakan. Apalagi, kita tidak bisa memasang semua antivirus tersebut, paling tidak ada 1 atau 2 antivirus. Sekarang ini kebutuhan pemasangan antivirus sudah tidak bisa terhindarkan lagi,

Apalagi kita sering mendengar banyaknya kasus pencurian data atau mudahnya virus-virus masuk dan merusak file yang kita miliki. Tentu saja hal ini akan membuat pekerjaan menjadi berantakan, apalagi jika kamu menggunakan laptop sebagai perangkat utama untuk bekerja.

Sebenarnya, mengapa kita harus melakukan pemasangan antivirus, selain itu seperi apa cara yang bisa kita lakukan agar bisa melakukan pemilihan antivirus dengan tepat. Untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, kamu bisa melihat informasi berikut ini.

Seberapa Penting Menggunakan Antivirus untuk Laptop

 Sebelum masuk pada tips pilih antivirus terbaik, kamu harus mengetahui terlebih dahulu, seberapa penting antivirus ini untuk laptopmu. Kamu bisa menentukannya dengan menjawab pertanyaan seperti tingkat keseringan berbagai file dengan rekan kerja. Ini menjadi pertanyaan pertama dan sangat penting.

Sistem biasanya ikut terjangkit virus ketika membuka file dari komputer lain. biasanya, media yang sangat berpotensi untuk menularkan virus tersebut ialah flashdisk. Media ini yang hingga sekarang masih populer dipergunakan untuk bertukar data. Jika kamu menjawab iya, besar kemungkinan kamu membutuhkan antivirus.

Antivirus bisa memindai apakah media yang ditancapkan tersebut memiliki virus atau tidak. Jika antivirus tidak bisa membasminya, paling tidak ia akan memberikanmu peringatan sehingga kamu bisa membatalkan niat untuk bisa membuka file dari penyimpanan eksternal tersebut.

Kedua, apakah laptopmu sering terhubung pada jaringan internet. jika laptop yang kamu gunakan jarang terhubung ke jaringan internet, sepertinya cukup sia-sia jika memasang antivirus. Tetapi, jika laptop tersebut sering terhubung pada jaringan internet, kamu harus memasang antivirus.

Aplikasi antivirus harus diperbarui secara berkala agar bisa mengenal virus baru yang muncul. Jika laptopmu sering terhubung pada jaringan internet, kebutuhan antivirus ini memang tetap ada walaupun tidak begitu mendesak. Hal ini disebabkan karena biasanya layanan internet telah dilengkapi dengan keamanan.

Contohnya saja ketika kamu ingin mendownload dokumen melalui email. Biasanya email akan memastikan jika dokumen yang akan kamu download tidak mengandung virus. Jika memang mengandung virus, kamu bisa langsung membatalkan. Namun tetap saja antivirus tertap dibutuhkan sebagai proteksi kedua.

Terakhir, banyak menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Hati-hati ketika melakukan penginstalan aplikasi gratis karena sering ada aplikasi tambahan yang diinstal, untuk menghindari aplikasi ini, kamu bisa secara teliti membaca petunjuk instalasi. Ketika meminta agreement, pastikan kamu sudah membacanya dengan teliti.

Tips Pilih Antivirus Terbaik agar Aman

Pertama, pastikan antivirus tersebut selaras dengan sistem operasi. Memang, kita harus memilih antivirus yang sudah lengkap, tetapi jangan sampai kelengkapan antivirus yang kamu pilih menjadi boomerang, karena kamu pasti tidak ingin bukan laptop menjadi lemot hanya karena antivirus. Untuk melihat selaras atau tidaknya antivirus tersebut, kamu bisa mencobanya terlebih dulu.

Tips pilih antivirus terbaik yang kedua adalah pilih antivirus dengan perlindungan menyeluruh. Varian virus sekarang ini begitu banyak dan kita pasti memerlukan antivirus agar bisa memberi perlindungan agar bisa membasmi semua varian virus tersebut. Sehingga pastikan antivirus yang kamu pilih mampu melakukannya.

Ketiga, memiliki update berkala. Dengan jumlah virus yang semakin lama semakin banyak, kamu harus memperoleh update yang berkala sehingga antivirus tidak ketinggalan zaman dan bisa memerangi virus secara sempurna. Pastikan jika antivirus tersebut selalu diperbarui dengan berkala.

Terakhir, proteksi secara realtime. Antivirus yang tepat tentu harus mempunyai proteksi realtime, sehingga bila terdapat virus yang masuk dan merusak file, antivirus langsung sadar dan menangani masalah tersebut. Biasanya, antivirus melakukan pemindaian ketika pertama kali dipasang dan mengaktifkan proteksi realtime.

Memilih antivirus juga harus disertai dengan budget yang mencukupi, karena kamu membutuhkan biaya untuk langganan atau untuk melakukan pembelian sistem antivirus tersebut. Namun, untuk membuat laptop tetap aman digunakan, tentu itu bukan menjadi hal yang besar bukan, asalkan benar-benar mengikuti tips pilih antivirus terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.