Cara Membuat Google Classroom

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom adalah platform pembelajaran daring yang dirancang khusus untuk para guru dan murid. Dengan menggunakan Google Classroom, guru dapat membuat tugas, mengumpulkan tugas, memberikan nilai, dan berkomunikasi dengan murid secara daring. Sedangkan murid dapat menerima tugas dari guru, memposting jawaban mereka, dan berkomunikasi dengan guru dan teman sekelas.

Cara Membuat Google Classroom

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Google Classroom:

1. Masuk ke Google Classroom

Buka Google Classroom dengan masuk ke akun Google Anda di https://classroom.google.com. Setelah itu, klik tombol (+) untuk membuat kelas baru.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Es Lilin: Nikmatnya Es Segar saat Panas Menyengat

2. Buat Kelas Baru

Masukkan nama kelas dan deskripsi kelas baru Anda. Anda juga dapat menambahkan gambar sebagai logo kelas. Setelah itu, klik “Buat” untuk membuat kelas baru.

3. Tambahkan Murid ke Kelas

Setelah membuat kelas baru, Anda dapat menambahkan murid ke kelas dengan mengirimkan kode kelas kepada mereka. Murid dapat bergabung dengan kelas baru Anda dengan memasukkan kode kelas yang diberikan.

4. Buat Tugas Baru

Setelah murid bergabung dengan kelas Anda, Anda dapat membuat tugas baru untuk mereka. Klik “Tambahkan Tugas” untuk membuat tugas baru. Anda dapat memberikan judul tugas, deskripsi, dan tanggal pengumpulan.

5. Kirim Tugas

Setelah membuat tugas baru, kirimkan tugas tersebut ke murid Anda. Murid dapat melihat tugas baru di beranda kelas mereka.

6. Berikan Nilai

Setelah murid mengumpulkan tugas mereka, Anda dapat memberikan nilai dan komentar pada tugas mereka. Anda juga dapat memberikan nilai secara otomatis dengan menggunakan rubrik penilaian.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Stuff Roti yang Enak dan Mudah

Keuntungan Menggunakan Google Classroom

1. Dapat Dijangkau Dimana Saja dan Kapan Saja

Google Classroom dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Dengan adanya akses daring, guru dan murid tidak perlu khawatir kehilangan tugas atau informasi.

2. Mudah Digunakan

Google Classroom dirancang dengan antarmuka yang mudah digunakan dan intuitif. Selain itu, fitur-fiturnya juga mudah dipahami dan digunakan.

3. Efisien dan Hemat Waktu

Dengan menggunakan Google Classroom, guru dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola tugas dan informasi. Selain itu, para murid juga dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengumpulkan tugas dan berkomunikasi dengan guru dan teman sekelas.

Kesimpulan

Google Classroom adalah platform pembelajaran daring yang efisien dan mudah digunakan untuk para guru dan murid. Dengan langkah-langkah yang mudah untuk membuat kelas dan tugas, serta fitur-fitur yang intuitif, Google Classroom dapat membantu meningkatkan cara belajar murid dan menghemat waktu dan tenaga guru.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Sambal Pecel Lele

FAQ

1. Apakah Google Classroom gratis?

Ya, Google Classroom adalah gratis bagi pengguna yang memiliki akun Google.

2. Siapa yang dapat menggunakan Google Classroom?

Google Classroom dapat digunakan oleh guru dan murid di sekolah dan universitas.

3. Apakah saya harus menggunakan Google Classroom untuk seluruh kelas saya?

Tidak, Anda dapat memilih untuk menggunakan Google Classroom untuk beberapa kelas atau tugas tertentu.

4. Apakah Google Classroom aman untuk digunakan?

Ya, Google Classroom dirancang dengan keamanan yang tinggi dan melindungi privasi pengguna.

5. Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami masalah dalam menggunakan Google Classroom?

Anda dapat menghubungi dukungan teknis Google untuk mendapatkan bantuan.