Cara Kerja Mesin Diesel: Panduan Lengkap

Hai Sobat Teknogeo, apakah kalian pernah bertanya-tanya tentang cara kerja mesin diesel? Bagi sebagian orang, mesin diesel mungkin masih terdengar asing dan sulit dipahami. Meski begitu, mesin diesel sangat populer dan sering digunakan di berbagai jenis kendaraan, mulai dari mobil hingga kapal.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan secara detail tentang cara kerja mesin diesel. Kami akan mengulas semua hal yang perlu kalian ketahui tentang mesin diesel, mulai dari sejarah hingga prinsip kerja. Jadi, simaklah panduan lengkap ini dengan seksama!

Sejarah Mesin Diesel

Sebelum membahas tentang cara kerja mesin diesel, mari kita berkenalan dengan sejarah mesin diesel terlebih dahulu. Mesin diesel pertama kali ditemukan oleh seorang insinyur asal Jerman bernama Rudolf Diesel pada tahun 1892. Rudolf Diesel menemukan mesin diesel sebagai alternatif dari mesin uap yang pada saat itu masih banyak digunakan.Mesin diesel pada awalnya digunakan untuk menggerakkan mesin stasioner, seperti pompa air dan generator listrik. Namun, pada tahun 1898, mesin diesel pertama kali digunakan pada kendaraan bermotor. Saat itu, mesin diesel digunakan pada truk pertama yang diproduksi oleh Gottlieb Daimler.Sejak saat itu, mesin diesel semakin populer dan digunakan pada berbagai kendaraan, mulai dari mobil hingga kapal. Saat ini, mesin diesel menjadi salah satu jenis mesin yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Prinsip Kerja Mesin Diesel

Setelah mengenal sejarah mesin diesel, mari kita bahas tentang prinsip kerja mesin diesel. Mesin diesel bekerja berdasarkan prinsip pembakaran internal. Proses pembakaran pada mesin diesel terjadi di dalam ruang bakar atau silinder mesin.Berbeda dengan mesin bensin yang menggunakan sistem pengapian untuk membakar campuran udara dan bahan bakar, mesin diesel menggunakan tekanan tinggi untuk membakar bahan bakar. Proses pembakaran pada mesin diesel terjadi ketika bahan bakar yang sudah disemprotkan ke dalam ruang bakar tercampur dengan udara panas yang sudah tersedia di dalam ruang bakar.Setelah terjadi pembakaran, hasil pembakaran akan menghasilkan gas yang bertekanan tinggi. Gas tersebut kemudian akan mendorong piston yang ada di dalam silinder mesin ke bawah. Gerakan piston inilah yang akan menggerakkan poros engkol dan menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraan.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Akun BBM

Proses Pembakaran pada Mesin Diesel

Proses pembakaran pada mesin diesel terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

  1. Penyemprotan Bahan Bakar
  2. Saat mesin diesel dihidupkan, bahan bakar akan disemprotkan ke dalam ruang bakar oleh sistem injeksi. Sistem injeksi ini membuat bahan bakar dapat disemprotkan dengan tekanan yang tinggi dan presisi yang akurat.

  3. Pemanasan Udara
  4. Setelah bahan bakar disemprotkan, udara yang ada di dalam ruang bakar dihisap oleh piston dan ditekan ke atas. Proses penekanan udara ini akan membuat udara terkompresi dan panas.

  5. Pembakaran Bahan Bakar
  6. Setelah udara terkompresi dan panas, bahan bakar yang sudah disemprotkan akan terbakar secara spontan. Proses ini disebut juga dengan istilah self-ignition atau auto-ignition. Saat terjadi pembakaran, udara panas yang sudah terkompresi akan membuat bahan bakar terbakar dengan sendirinya.

  7. Ekspansi Gas
  8. Setelah terjadi pembakaran, gas akan mengalami ekspansi dan bertekanan tinggi. Tekanan gas inilah yang akan mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga.

  9. Pembersihan Sisa Gas Buang
  10. Setelah piston turun dan menghasilkan tenaga, gas hasil pembakaran akan dikeluarkan ke luar melalui katup buang. Setelah gas keluar, piston akan kembali naik dan memulai tahap penyedotan udara.

Sistem Injeksi pada Mesin Diesel

Sistem injeksi pada mesin diesel sangat penting untuk memastikan bahan bakar dapat disemprotkan dengan tekanan tinggi dan presisi yang akurat. Sistem injeksi pada mesin diesel terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  • Pompa bahan bakar
  • Pompa bahan bakar berfungsi untuk menyedot bahan bakar dari tangki dan mengirimkannya ke sistem injeksi. Pompa bahan bakar juga berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar yang akan disemprotkan ke dalam ruang bakar.

  • Injektor
  • Injektor adalah komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan tekanan tinggi dan presisi yang akurat. Injektor akan membuka dan menutup sesuai dengan sinyal yang diberikan oleh sistem injeksi.

  • Sensor Tekanan
  • Sensor tekanan berfungsi untuk mengukur tekanan yang ada di dalam sistem injeksi. Sensor tekanan akan memberikan sinyal ke sistem injeksi untuk mengatur tekanan bahan bakar.

  • Kontrol Elektronik
  • Kontrol elektronik adalah komponen yang berfungsi untuk mengontrol sistem injeksi. Kontrol elektronik akan mengatur waktu dan jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke dalam ruang bakar.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Alis untuk Sobat Teknogeo

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Mesin diesel memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum membeli kendaraan dengan mesin diesel. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan mesin diesel:

Kelebihan Mesin Diesel

  • Hemat Bahan Bakar
  • Mesin diesel lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mesin bensin. Hal ini disebabkan karena mesin diesel menggunakan tekanan tinggi untuk membakar bahan bakar sehingga lebih efisien.

  • Lebih Kuat
  • Mesin diesel memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin. Hal ini membuat mesin diesel lebih kuat dan mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar.

  • Lebih Awet
  • Mesin diesel lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan mesin bensin. Hal ini disebabkan karena mesin diesel memiliki tekanan yang lebih tinggi sehingga komponen mesin lebih kuat dan tahan lama.

  • Lebih Ramah Lingkungan
  • Mesin diesel menghasilkan emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin bensin. Hal ini membuat mesin diesel lebih ramah lingkungan.

✅👉 TRENDING :  Cara Mencegah Emfisema

Kekurangan Mesin Diesel

  • Lebih Berisik
  • Mesin diesel cenderung lebih berisik dibandingkan dengan mesin bensin. Hal ini disebabkan karena proses pembakaran pada mesin diesel yang lebih keras dan cepat.

  • Mahal
  • Kendaraan dengan mesin diesel cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan dengan mesin bensin.

  • Sulit Digunakan pada Daerah Dingin
  • Mesin diesel sulit digunakan pada daerah yang memiliki suhu rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembakaran pada mesin diesel membutuhkan suhu yang tinggi.

  • Mudah Teroksidasi
  • Bahan bakar pada mesin diesel mudah teroksidasi dan membentuk endapan yang dapat merusak sistem injeksi dan ruang bakar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apa yang membedakan mesin diesel dengan mesin bensin?
A: Mesin diesel menggunakan tekanan tinggi untuk membakar bahan bakar, sedangkan mesin bensin menggunakan sistem pengapian untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.Q: Apa yang mempengaruhi tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel?
A: Tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel dipengaruhi oleh kapasitas mesin, tekanan bahan bakar, dan teknologi sistem injeksi.Q: Apakah mesin diesel lebih hemat bahan bakar dari mesin bensin?
A: Ya, mesin diesel lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan mesin bensin.Q: Bagaimana cara merawat mesin diesel?
A: Beberapa cara merawat mesin diesel antara lain adalah melakukan penggantian oli secara teratur, membersihkan filter udara dan bahan bakar, serta menjaga kebersihan sistem injeksi.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap tentang cara kerja mesin diesel. Mesin diesel memang memiliki kelebihan dan kekurangan, namun mesin diesel tetap menjadi salah satu jenis mesin yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kami harap panduan ini dapat membantu kalian untuk memahami lebih dalam tentang mesin diesel. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!