Cara Dandan Kartinian

Hai Sobat Teknogeo! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “kartinian”. Kartinian merupakan gaya berpakaian dan berdandan yang biasa digunakan saat acara-acara formal seperti pernikahan, wisuda, atau acara formal lainnya. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa tips dan trik tentang cara dandan kartinian yang bisa kalian praktikkan sendiri di rumah. Yuk simak!

1. Kenali Jenis Kulitmu

Sebelum memulai dandan kartinian, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah jenis kulitmu. Kenali apakah kulitmu kering atau berminyak. Hal ini penting karena jenis kulitmu akan memengaruhi produk makeup yang harus digunakan. Jika kamu memiliki kulit kering, gunakan foundation yang memiliki kandungan pelembap. Namun, jika kamu memiliki kulit berminyak, gunakan foundation yang oil-free agar wajahmu terlihat matte.

FAQ: Apa itu foundation oil-free?

Foundation oil-free adalah foundation yang tidak mengandung minyak. Foundation ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak karena tidak membuat wajahmu semakin berkilau.

✅👉 TRENDING :  Cara Melatih Otak Kiri

2. Bersihkan Kulit Wajah

Sebelum mulai menggunakan makeup, pastikan wajahmu bersih terlebih dahulu. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan jangan lupa untuk membersihkan sisa makeup dari wajahmu sebelum tidur.

FAQ: Apakah penting membersihkan wajah sebelum tidur?

Tentu saja penting! Membersihkan wajah sebelum tidur bisa membantu menghindari timbulnya jerawat dan membuat kulitmu tetap sehat.

3. Gunakan Primer

Setelah kulit wajahmu bersih, gunakan primer sebelum menggunakan foundation. Primer akan membantu foundation menempel lebih baik pada kulit dan membuat makeupmu lebih tahan lama.

FAQ: Apa itu primer?

Primer adalah produk makeup yang digunakan sebelum foundation. Primer berfungsi untuk menyamarkan pori-pori dan membuat makeup lebih tahan lama.

4. Gunakan Foundation

Setelah menggunakan primer, saatnya menggunakan foundation. Pilihlah foundation yang cocok dengan jenis kulitmu dan aplikasikan dengan merata pada wajahmu. Pastikan tidak terlalu tebal atau tipis.

FAQ: Apakah harus menggunakan foundation?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, foundation bisa membantu menyamarkan noda atau bintik-bintik pada wajahmu sehingga wajahmu terlihat lebih cerah dan mulus.

5. Gunakan Concealer

Selanjutnya, gunakan concealer untuk menyamarkan kantung mata atau noda pada wajahmu. Aplikasikan concealer pada area yang perlu disamarkan dan ratakan dengan jari atau beauty blender.

FAQ: Apakah concealer dan foundation sama?

Tidak, concealer dan foundation memiliki fungsi yang berbeda. Concealer berfungsi untuk menyamarkan area tertentu pada wajah, sedangkan foundation digunakan untuk menyamarkan noda atau bintik-bintik pada wajah dan membuat warna kulitmu merata.

6. Gunakan Bedak

Setelah menggunakan foundation dan concealer, gunakan bedak untuk membuat makeupmu lebih tahan lama dan mengurangi kilap pada wajahmu. Gunakan bedak yang cocok dengan jenis kulitmu dan aplikasikan dengan merata pada wajahmu.

FAQ: Apakah harus menggunakan bedak?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, bedak bisa membantu membuat makeup lebih tahan lama dan mengurangi kilap pada wajahmu.

7. Gunakan Eyeshadow

Untuk dandan kartinian, kamu bisa menggunakan eyeshadow untuk memberikan kesan mata yang lebih dramatis. Pilihlah warna yang sesuai dengan pakaianmu dan aplikasikan dengan merata pada kelopak mata.

FAQ: Apakah harus menggunakan eyeshadow?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, eyeshadow bisa membantu membuat mata terlihat lebih dramatis dan cocok untuk acara-acara formal.

✅👉 TRENDING :  Cara Berhenti NSP 1212

8. Gunakan Eyeliner

Selanjutnya, gunakan eyeliner untuk mempertegas garis bulu matamu. Gunakan eyeliner yang sesuai dengan warna eyeshadowmu dan aplikasikan dengan hati-hati.

FAQ: Apakah harus menggunakan eyeliner?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, eyeliner bisa membantu mempertegas garis bulu matamu dan membuat mata terlihat lebih dramatis.

9. Gunakan Maskara

Setelah menggunakan eyeliner, gunakan maskara untuk membuat bulu matamu terlihat lebih panjang dan bervolume. Gunakan maskara dengan bulu sikat yang lebar dan aplikasikan dengan hati-hati.

FAQ: Apakah harus menggunakan maskara?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, maskara bisa membantu mempertegas bulu mata dan membuat mata terlihat lebih dramatis.

10. Gunakan Blush On

Untuk memberikan kesan pipi yang merona, gunakanlah blush on. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulitmu dan aplikasikan dengan merata pada pipimu.

FAQ: Apakah harus menggunakan blush on?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, blush on bisa membantu memberikan kesan pipi yang merona dan membuat wajahmu terlihat lebih segar.

11. Gunakan Lipstik

Terakhir, gunakan lipstik untuk memberikan kesan bibir yang penuh dan merah merona. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna pakaianmu dan aplikasikan dengan merata pada bibirmu.

FAQ: Apakah harus menggunakan lipstik?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, lipstik bisa membantu memberikan kesan bibir yang penuh dan merah merona.

12. Pilihlah Pakaian yang Sesuai

Setelah selesai berdandan, pilihlah pakaian yang sesuai dengan acara yang akan kamu hadiri. Jangan lupa untuk memilih warna dan model pakaian yang cocok dengan bentuk tubuhmu.

FAQ: Apakah harus memilih pakaian yang mahal?

Tidak harus, yang penting pilihlah pakaian yang cocok dengan acara dan bentuk tubuhmu. Kamu bisa memilih pakaian yang terjangkau namun tetap terlihat cantik.

13. Gunakan Aksesoris yang Sesuai

Untuk memberikan sentuhan akhir pada penampilanmu, kamu bisa mengenakan aksesoris seperti anting-anting, kalung, atau gelang. Pilihlah aksesoris yang sesuai dengan pakaianmu dan jangan terlalu berlebihan.

FAQ: Apakah harus menggunakan aksesoris?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, aksesoris bisa membantu memberikan sentuhan akhir pada penampilanmu dan membuatmu terlihat lebih elegan.

14. Perhatikan Rambutmu

Tidak hanya berpakaian dan berdandan yang penting, rambutmu juga harus diperhatikan. Kamu bisa membuat model rambut yang sesuai dengan bentuk wajahmu dan pakaianmu.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Butter Cream yang Lezat

FAQ: Apakah harus pergi ke salon untuk membuat model rambut?

Tidak harus, kamu bisa membuat model rambut sendiri di rumah. Namun, jika kamu tidak yakin, pergi ke salon bisa menjadi pilihan yang lebih aman.

15. Gunakan Parfum

Terakhir, gunakan parfum untuk memberikan kesan yang tahan lama pada penampilanmu. Pilihlah parfum yang sesuai dengan selera dan cocok dengan acara yang akan kamu hadiri.

FAQ: Apakah harus menggunakan parfum?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, parfum bisa membantu memberikan kesan yang tahan lama pada penampilanmu dan membuatmu terlihat lebih segar.

16. Kesimpulan

Dandan kartinian bisa menjadi pilihan yang tepat untuk acara formal. Namun, pastikan kamu menggunakan produk makeup yang sesuai dengan jenis kulitmu dan memilih pakaian yang cocok dengan acara yang akan kamu hadiri. Jangan lupa untuk memperhatikan rambutmu dan menggunakan parfum untuk memberikan kesan yang tahan lama pada penampilanmu.

17. Tabel Produk Makeup

No Produk Jenis Kulit
1 Foundation Kering/Berminyak
2 Concealer Semua Jenis Kulit
3 Bedak Semua Jenis Kulit
4 Eyeshadow Semua Jenis Kulit
5 Eyeliner Semua Jenis Kulit
6 Maskara Semua Jenis Kulit
7 Blush On Semua Jenis Kulit
8 Lipstik Semua Jenis Kulit

18. FAQ Lainnya

1. Apakah harus menggunakan semua produk makeup?

Tidak harus, tergantung kebutuhanmu. Namun, pastikan kamu menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu dan acara yang akan kamu hadiri.

2. Apakah harus membeli produk makeup yang mahal?

Tidak harus, yang penting pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulitmu dan budgetmu.

3. Apakah harus memakai high heels?

Tidak harus, kamu bisa memilih sepatu yang nyaman untuk dipakai selama acara.

19. Terakhir, Selalu Percayalah Diri

Dalam dandan kartinian, yang terpenting adalah rasa percaya dirimu. Jangan terlalu khawatir dengan penampilanmu dan tetaplah menjadi dirimu sendiri.

20. Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya

Demikian beberapa tips dan trik tentang cara dandan kartinian yang bisa kalian praktikkan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!