cara buat seblak

Cara Buat Seblak: Kuliner Pedas Khas Bandung

Hai Sobat Teknogeo! Siapa yang tak kenal dengan kuliner pedas khas Bandung yang satu ini? Yup, benar sekali! Seblak adalah salah satu kuliner yang digemari oleh banyak orang, terutama mereka yang suka dengan makanan pedas. Seblak yang terbuat dari kerupuk basah yang dicampur dengan berbagai macam bumbu dan sayuran segar ini memang menggugah selera. Bagaimana cara membuat seblak yang lezat? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Mie Goreng yang Mudah dan Lezat

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan seblak, pastikan Sobat Teknogeo telah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  1. Kerupuk basah sebanyak 2 bungkus
  2. Air matang sebanyak 500 ml
  3. Saus tomat sebanyak 3 sendok makan
  4. Bawang putih sebanyak 3 siung
  5. Cabe rawit sebanyak 15 buah
  6. Kecap manis sebanyak 2 sendok makan
  7. Garam secukupnya
  8. Merica secukupnya
  9. Aceh noodles sebanyak 1 bungkus (opsional)
  10. Tauge segar sebanyak 100 gram
  11. Kol segar sebanyak 100 gram
  12. Daun bawang segar sebanyak 2 batang
  13. Minyak sayur secukupnya

Cara Membuat Seblak

1. Siapkan Bahan-bahan

Sudah tahu kan bahan-bahan yang dibutuhkan? Pastikan semua bahan sudah siap dan terukur dengan baik sebelum memulai proses pembuatan seblak.

2. Haluskan Bumbu-bumbu

Haluskan bawang putih dan cabe rawit menggunakan blender atau ulekan. Jangan lupa untuk membersihkan blender atau ulekan setelahnya.

3. Tumis Bumbu Halus

Panaskan minyak sayur di dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Pastikan api tidak terlalu besar agar bumbu tidak gosong.

✅👉 TRENDING :  Cara Mencegah Wajah Belang

4. Tambahkan Air

Tambahkan air matang ke dalam wajan. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih.

5. Masukkan Kerupuk

Masukkan kerupuk basah ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu dan air. Tunggu hingga kerupuk menjadi lembut dan bumbu meresap dengan baik.

6. Tambahkan Bahan-bahan Lainnya

Tambahkan tauge, kol, dan daun bawang ke dalam wajan. Aduk rata dan tunggu hingga sayuran terlihat matang.

7. Tambahkan Saus Tomat dan Kecap Manis

Tambahkan saus tomat dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk rata dan tunggu hingga bumbu meresap dengan baik. Tambahkan garam dan merica secukupnya untuk memberikan rasa yang lebih enak.

8. Siap Disajikan

Seblak siap disajikan! Jangan lupa untuk menambahkan Aceh noodles sebagai pelengkap makanan. Nikmati seblak pedas yang lezat dengan teman-teman atau keluarga.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Seblak dapat disimpan dalam waktu berapa lama?

Seblak dapat disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Jangan lupa untuk memanaskannya terlebih dahulu sebelum disajikan kembali.

✅👉 TRENDING :  Cara Reset 2nd Dragon Nest Tanpa Email

2. Apakah Aceh noodles harus ditambahkan?

Aceh noodles adalah pelengkap makanan yang dapat menambahkan rasa dan tekstur pada seblak. Namun, jika Sobat Teknogeo tidak menyukainya, Aceh noodles dapat diabaikan.

3. Apakah seblak dapat dimakan oleh orang yang tidak suka makanan pedas?

Seblak memang dikenal dengan rasa pedasnya yang khas. Namun, jika Sobat Teknogeo tidak suka makanan pedas, dapat mengurangi jumlah cabe rawit atau bahkan tidak menambahkannya sama sekali.

Kesimpulan

Itulah cara mudah membuat seblak pedas khas Bandung. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang sederhana, Sobat Teknogeo dapat membuat seblak yang lezat di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan rasa dan tekstur seblak sesuai dengan selera. Selamat mencoba dan selamat menikmati seblak pedas yang menggugah selera!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Teknogeo!