Pengen Cepat?? Mudah Banget Ubah Foto dan Dokumen di Hp Ke PDF

Ubah Foto dan Dokumen di Hp Ke PDF

Terkadang saat ini kita sering direpotkan dengan mengirimkan foto atau dokumen di hp dengan format pdf, sementara hal itu biasanya dilakukan di laptop namun saat ini tidak sedang menggunakan laptop dan hanya ada smartphone dalam genggaman.

Untuk melakukan scan pada umumnya menggunakan scanner atau dengan printer yang telah memiliki fungsi tambahan untuk melakukan scan. Namun hal ini terkadang tidak setiap orang memiliki dan pada saat dibutuhkan atau dalam perjalanan sangat sulit untuk mencarinya.

Tapi, solusi tetap selalu ada apalagi smartphone untuk saat ini sudah canggih loh. Saat ingin mengirimkan lamaran kerja via email, file kerjaan, tugas kuliah ataupun saat ingin mendaftar aplikasi di online seperti SNMPTN, CPNS dan lainnya yang kebanyakan menggunakan sistem online saat ini.

Solusinya adalah cukup dengan Smartphone / Hp Android ataupun iPhone, bisa langsung scan foto dan dokumen dan dirubah menjadi file digital pdf ataupun JPG. dengan cara ini pastinya anda bisa lebih hemat waktu, uang dan tentunya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hasil dari scan dari Hp juga tidak kalah baik dari alat scanner seperti yang biasa digunakan.

Ada 2 cara untuk memindai foto dan dokumen di ponsel Anda dan di rumah ke file PDF atau JPG, yaitu menggunakan aplikasi tambahan dan beberapa tanpa aplikasi. Untuk lebih jelasnya apa saja aplikasinya dan bagaimana cara melakukannya, anda bisa mengikuti cara-cara dibawah ini.

Cara Mudah untuk Scan Dokumen dan Foto di Smartphone

Untuk scan foto / dokumen di smartphone sangat mudah walaupun bagi yang awan sekalipun, di era sekarang smartphone android telah dilengkapi dengan aplikasi serta spesifikasi yang menunjang untuk belajar, bekerja dan berkarya. Dengan kamera smartphone yang semakin canggih dengan resolusi tinggi akan membuat hasil scan semakin bagus selain faktor cahaya juga harus diperhatikan saat melakukan scan.

Aplikasi Google Drive

Ubah Foto dan Dokumen di Hp Ke PDF

Cara pertama Anda dapat mencoba memindai foto di ponsel adalah dengan aplikasi Google Drive. Google drive yang biasanya kita manfaatkan untuk menyimpan file secara online ternyata Google Drive memiliki fungsi scan yang tentunya bisa Anda gunakan untuk mengubah dokumen fisik menjadi file digital / digital copy.

Oleh karena itu, fitur Google Drive ini dapat digunakan sebagai pemindai foto / dokumen online dan menyimpan hasil pindaian dalam format PDF ke akun Google Drive Anda.

Untuk pemakaiannya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Pertama-tama buka aplikasi Google Drive yang ada di hp lalu pilih “Add”, ada tanda (+) di kanan bawah.
    Akan ada 6 pilihan fungsi yang bisa digunakan yaitu Folder, Upload, Scan, Google Docs, Google Sheets dan Google Slides. Pilih “Scan / Scan”. Jika ini pertama kalinya, akan muncul notifikasi untuk akses ke kamera, pilih Izinkan
  2. Setelah itu layar ponsel akan beralih ke mode Foto, sekarang siapkan foto / dokumen yang akan dipindai dari ponsel di tempat yang datar dan untuk hasil terbaik, pertama-tama fokuslah pada objek kemudian tekan tombol “foto” untuk melanjutkan untuk selanjutnya proses
  3. Jika hasilnya terlihat bagus, tekan ikon “checklist” di sebelah kanan
  4. Sebelum hasil scan disimpan, Anda masih bisa mengeditnya, seperti rotasi, cropping, dan berbagai pilihan mode warna.
  5. Jika ingin mendapatkan hasil scanning menjadi 1 file PDF dari beberapa dokumen, Anda dapat memilih Rescan halaman “Rescan current page” dengan ikon “+ in box” di pojok kiri bawah.
  6. Setelah semua, tekan tombol simpan dan ketik sesuka Anda. Anda juga dapat membuat folder baru di Google Drive.

Mudah bukan, dengan google drive kita bisa melakukan scan foto dan dokumen ke pdf sekaligus menyimpannya di google drive.

Aplikasi CamScanner

camscanner

Aplikasi yang bisa digunakan selanjutnya jika dibutuhkan ada aplikasi CamScanner yang dapat dipergunakan memindai dokumen menjadi softcopy langsung.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini kita dapat mengunduhnya terlebih dahulu di playstore, untuk pengguna iphone juga telah tersedia aplikasi ini. Aplikasi CamScanner telah banyak digunakan karena selain pemakaiannya yang mudah juga dengan CamScanner kita dapat langsung mengirimnya setelah melakukan pemindaian foto atau dokumen dengan Hp yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.