Tips Merakit PC Gaming Harga Murah, agar Tidak Keliru

Tips Merakit PC Gaming

Merakit PC gaming memang bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi jika kamu merupakan gamer. Sayangnya, keterbatasan biaya seringkali menghalangi keinginan untuk merakit PC ini. Padahal, dengan budget yang biasa-biasa saja, kamu bisa merakit PC yang luar biasa.

Merakit sendiri PC ini juga dapat dijadikan sebagai solusi karena ingin mencoba game-game baru tetapi tidak memmiliki biaya untuk membeli PS5. Seperti yang kita ketahui, game yang keluar mulai dari tahun 2020 memiliki kualitas grafis yang sangat luar biasa. Memainkan game terbaru juga harus diimbangi dengan hardware canggih juga.

Inilah alasan mengapa melakukan rakit PC khusus gaming menjadi kebutuhan gamers sekarang. Tetapi, tidak semua orang bisa merakit PC khusus gaming dengan harga murah, padahal meskipun murah, kita masih bisa menggunakannya hingga beberapa tahun yang akan datang.

Hitung Budget dan Tentukan Target Merakit PC Gaming

Merakit PC untuk gaming sebenarnya menjadi hal yang cukup merepotkan karena kamu dituntut untuk bisa memasang setiap komponen dan melakukan berbagai macam perhitungan. Hal pertama yang harus dihitung adalah persiapan budget untuk melakukan pembelian komponen.

Pembatasan budget ini menjadi hal sangat penting bahkan sangat krusial untuk diperhatikan. Bayangkan saja, jika budget tidak dihitung atau diperkirakan dengan baik, Rp 100 juta bisa langsung amblas hanya untuk merakit sebuah PC. Tentu menjadi hal yang tidak kamu inginkan bukan.

Bukan hanya itu, pembatasan budget ini nantinya juga berkaitan erat dengan apa saja komponen yang dapat dipasang serta alternatif komponen dengan harga lebih murah. Kamu bisa menentukan maksimal jumlah budget yang akan dihabiskan untuk merakit komputer, kemudian sesuaikan dengan budget yang akan kamu alokasikan.

Selain masalah budget, masalah target juga harus diperhatikan dengan baik ketika merakit PC gaming. Target di sini adalah target game seperti apa yang ingin dimainkan dengan PC tersebut. Target ini seperti berapa lama PC tersebut akan kamu upgrade kembali, seperti apa kestabilan PC yang akan kamu buat.

Jika sudah menjawab berbagai pertanyaan tersebut dengan baik, kamu akan menemukan bayangan yang lebih jelas tentang PC yang kamu ingini nantinya. Spesifikasi ini dapat kamu andalkan selama 3 hingga 5 tahun lamanya. Selain itu agar bisa merakit komputer kamu bisa melihat requirements dari game yang kamu ingin mainkan.

Langkah Merakit PC Gaming Murah

Jika target serta budget sudah kamu tentukan, kamu harus memilih komponen yang sesuai. Komponen serupa namun dengan merek yang berbeda bisa memberikan perbedaan harga. Perbedaan harga ini bisa mencapai 2X lipat dari komponen tersebut, sehingga kamu harus memperhatikannya dengan baik.

Komponen pertama seperti prosesor. Komponen ini dapat dikatakan sebagai komponen penting dalam komputer. Varian komponen yang bisa kamu pilih adalah AMD dan Intel. Untuk memilih salah satu dari varian tersebut, kamu harus memilihnya dengan baik seperti generasi berapa dan intel core mana.

Jangan lupa memperhatikan score benchmark prosesor tersebut, dan perkirakan juga berapa lama kamu akan mengandalkannya. Part lainnya adalah VGA Card. Di pasaran banyak VGA card dengan berbagai model dan merek, sehingga bandingkan benchmark VGA yang kamu ingini agar bisa memilih yang terbaik.

Sebagai penambah referensi, kamu bisa browsing di website terpercaya atau channel Youtube sehingga bisa mengetahui dengan jelas kemampuan dari VGA selain itu seimbangkan dengan budget dan tujuanmu. Part ketiga adalah Motherboar atau MoBo. Memilih MoBo yang tepat sebenarnya sangat sulit, jika sudah menemukan prosesor, kamu bisa memilih MoBo.

Contohnya, MoBo socket LGA 1151 kompatibel dengan intel generasi 6 dan 7. Jadi, jangan sampai salah beli. Jika kamu tidak memiliki kemampuan atau pengetahuan untuk menyelaraskan, kamu bisa bertanya pada penjual, apakah MoBo tersebut selaras dengan prosesor yang kamu pilih.

Tetapi, akan lebih baik lagi jika kamu sudah mengantongi MoBo yang kamu pilih sebelum melakukan pembelian. Hal lain yang harus diperhatikan adalah ketersediaan fitur overclock tidak, hindari tergoda fitur canggih namun kamu tidak menggunakan fitur tersebut.

 Mendesain rakitan PC khusus gaming memang tidak mudah kita harus memilih merek part dengan baik sesuai dengan harga yang sudah di anggarkan. Selain itu proses merakit juga tidak membutuhkan waktu yang sebentar, namun dibalik itu kamu bisa merakit PC gaming dengan spesifikasi yang kamu ingini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.