Cara Membuat Origami Naga

Hai Sobat Teknogeo! Kamu pasti pernah melihat origami naga yang indah dan mengagumkan. Origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Naga adalah salah satu bentuk origami paling populer. Naga dikenal sebagai makhluk legendaris dan sering digambarkan sebagai makhluk yang kuat dan perkasa. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat origami naga yang indah.

1. Siapkan Kertas Origami

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan kertas origami. Kertas origami biasanya dijual dalam ukuran 15×15 cm atau 20×20 cm. Pilih kertas origami yang memiliki warna dan motif yang kamu sukai. Jika kamu pemula, kami sarankan memilih kertas origami yang berwarna satu agar mudah dalam mengikuti instruksi.

Table 1. Kertas origami terbaik untuk pemula

Warna Jenis Kertas
Putih Kertas Origami Standar
Merah Kertas Origami Tissue
Biru Kertas Origami Foil

2. Lipat Kertas Diagonal

Langkah kedua dalam membuat origami naga adalah melipat kertas origami diagonal. Letakkan kertas origami di depanmu dengan sisi berwarna menghadap ke bawah. Lipat kertas origami diagonal dari pojok kanan ke pojok kiri dan buka kembali. Lakukan hal yang sama dari pojok kiri ke pojok kanan dan buka kembali. Setelah itu, putar kertas origami dan lipat diagonal dari pojok kanan ke pojok kiri dan buka kembali. Lakukan hal yang sama dari pojok kiri ke pojok kanan dan buka kembali.

✅👉 TRENDING :  Cara Cepat Mendatangkan 5000 Orang Tertarget

3. Lipat Kertas Menjadi Segitiga

Langkah ketiga adalah melipat kertas origami menjadi segitiga. Ambil salah satu sudut kertas dan lipat menuju tengah kertas. Lakukan hal yang sama pada sudut yang lain. Setelah itu, ambil salah satu sisi kertas dan lipat menuju garis tengah. Lakukan hal yang sama pada sisi yang lain.

4. Lipat Kertas Menjadi Segi Empat

Setelah kertas origami terlipat menjadi segitiga, langkah selanjutnya adalah melipat kertas menjadi segi empat. Ambil salah satu sudut kertas dan lipat menuju garis tengah. Lakukan hal yang sama pada sudut yang lain. Setelah itu, ambil dua sisi kertas dan lipat menuju garis tengah.

5. Buat Lipatan di Tengah Kertas

Langkah kelima adalah membuat lipatan di tengah kertas. Lipat kertas pada garis tengah dan buka kembali. Setelah itu, lipat kertas pada garis yang lainnya dan buka kembali. Putar kertas dan lakukan hal yang sama pada dua garis yang lainnya. Setelah ini, kamu akan memiliki tikungan di tengah kertas.

6. Lipat Kertas ke Atas dan Bawah

Langkah keenam adalah melipat kertas ke atas dan bawah. Ambil salah satu sisi kertas dan lipat menuju garis tengah. Lakukan hal yang sama pada sisi yang lain. Setelah itu, ambil bagian atas kertas dan lipat menuju garis tengah. Lakukan hal yang sama pada bagian bawah kertas. Selanjutnya, putar kertas dan lakukan hal yang sama pada dua sisi lainnya.

7. Lipat Kertas Menjadi Kepala Naga

Langkah ketujuh adalah melipat kertas menjadi kepala naga. Ambil bagian atas kertas dan lipat menuju atas. Lipat kembali bagian atas kertas menuju bawah dan letakkan pada bagian bawah. Lipat kertas pada garis yang sama dan letakkan bagian atas kertas pada bagian bawah. Setelah itu, ambil sudut kertas pada bagian depan dan lipat menuju atas. Putar kertas dan lakukan hal yang sama pada sudut kertas lainnya.

8. Buat Tanduk Naga

Langkah kedelapan adalah membuat tanduk naga. Ambil salah satu sudut kertas dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sudut kertas yang lain. Buka kertas dan lipat bagian atas kertas menuju bawah. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas lainnya.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Akun Google

9. Buat Hidung Naga

Langkah kesembilan adalah membuat hidung naga. Ambil salah satu sudut kertas pada bagian depan dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sudut kertas lainnya. Buka kertas dan lipat bagian atas kertas menuju bawah. Setelah itu, ambil salah satu sisi kertas dan lipat menuju tengah kertas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas lainnya.

10. Buat Mulut Naga

Langkah kesepuluh adalah membuat mulut naga. Ambil lipatan kertas pada bagian depan dan buka. Lipat bagian atas kertas menuju tengah kertas. Setelah itu, ambil salah satu sisi kertas dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas lainnya. Buka kembali bagian depan kertas dan lipat menuju atas.

11. Buat Mata Naga

Langkah kesebelas adalah membuat mata naga. Ambil bagian kertas pada bagian depan dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada bagian kertas yang lain. Buka bagian depan kertas dan lipat menuju tengah kertas. Ambil salah satu sisi kertas dan lipat menuju tengah kertas. Lipat kembali bagian depan kertas dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas lainnya.

12. Buat Sayap Naga Bagian Pertama

Langkah keduabelas adalah membuat sayap naga bagian pertama. Ambil lipatan kertas pada bagian belakang dan buka. Ambil salah satu sudut kertas dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sudut kertas yang lain. Ambil bagian atas kertas dan lipat menuju tengah kertas. Setelah itu, ambil salah satu sisi kertas dan lipat menuju tengah kertas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas lainnya.

13. Buat Sayap Naga Bagian Kedua

Langkah ketigabelas adalah membuat sayap naga bagian kedua. Ambil salah satu sisi kertas pada bagian depan dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas yang lain. Buka kertas pada bagian depan dan lipat bagian atas kertas menuju bawah. Ambil salah satu sudut kertas pada bagian depan dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sudut kertas yang lain.

14. Buat Tubuh Naga

Langkah keempatbelas adalah membuat tubuh naga. Ambil bagian kertas pada bagian belakang dan lipat menuju atas. Setelah itu, ambil bagian atas kertas dan lipat menuju bawah. Buka lipatan pada bagian depan dan lipat bagian atas kertas menuju bawah. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas yang lain.

✅👉 TRENDING :  Cara Berhenti Kartu Halo dengan Mudah

15. Buat Kaki Naga

Langkah kelimabelas adalah membuat kaki naga. Ambil salah satu sisi kertas pada bagian bawah dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas yang lain. Ambil salah satu sudut kertas dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sudut kertas yang lain. Buka lipatan pada bagian depan dan lipat bagian bawah kertas menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas yang lain.

16. Buat Ekor Naga

Langkah keenambelas adalah membuat ekor naga. Ambil salah satu sisi kertas pada bagian belakang dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas yang lain. Ambil salah satu sudut kertas pada bagian bawah dan lipat menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sudut kertas yang lain. Buka lipatan pada bagian depan dan lipat bagian bawah kertas menuju atas. Lakukan hal yang sama pada sisi kertas yang lain.

17. Selesai

Sekarang kamu sudah berhasil membuat origami naga! Kamu bisa menambahkan detail dan ornamen pada origami naga kamu agar lebih bervariasi dan indah. Selamat mencoba!

FAQ

  1. Apa yang perlu dipersiapkan untuk membuat origami naga?

    Kamu hanya membutuhkan kertas origami.

  2. Apakah kertas origami susah didapatkan?

    Kamu bisa mendapatkan kertas origami di toko kertas atau toko seni terdekat. Kamu juga bisa membelinya secara online.

  3. Apakah sulit membuat origami naga?

    Origami naga termasuk kategori sulit. Namun, dengan mengikuti instruksi langkah demi langkah, kamu bisa membuat origami naga dengan mudah.

  4. Apa yang bisa saya lakukan dengan origami naga?

    Kamu bisa menggunakannya sebagai dekorasi atau hadiah untuk teman atau keluarga.

Kesimpulan

Membuat origami naga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, kamu bisa membuat origami naga dengan mudah. Jangan lupa untuk menghibur dirimu dengan musik atau makanan ringan saat melipat origami naga. Selamat mencoba dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.