Chest pass adalah teknik dasar permainan bola basket, yang bertujuan untuk?

Chest pass adalah teknik dasar permainan bola basket, yang bertujuan untuk?

A. Memasukan bola ke ring

B. Mengoper bola dengan cara dipantulkan

C. Operan untuk bola jauh

D. Mengoper bola dari depan dada

E. Semua jawaban benar

Jawaban: D. Mengoper bola dari depan dada

Penjelasan:

Teknik dasar yang harus diketahui dalam permainan bola basket antara lain mengoper, mengumpan atau melempar kepada rekan stu tim. Gerakan mengoper bola dapat dilakukan menggunakan kedua tangan atau pun satu tangan. Saat melakukan operan kepada rekan harus cepat dan tepat sasaran agar tidak direbut lawan.

Gerakan mengoper atau mengumpan dalam dunia olahraga biasa disebut dengan passing. Passing adalah salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai setiap pemain basket. Dalam permainan bola basket, ada beberapa macam teknik dasar passing yamg harus dikuasai oleh pemain, antara lain :

1. Chest pass (operan dada)
Chest pass adalah gerakan passing atau mengoper bola kepada rekan satu tim, yang dilakukan dengan cara mengangkat bola didepan dada lalu mendorong bola dengan kuat. Jenis operan ini merupakan jenis passing yang sangat cocok dan efektif dilakukan ketika tidak ada lawan yang menghalangi diantara pengoper/ pemberi bola dan penerima bola karena passing yang dilakukan sangat cepat dan tepat sasaran.

2. Bounce pass (operan pantul)
Bounce pass adalah gerakan passing atau mengoper bola dengan cara memantulkan bola ke lantai. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mengecoh atau menghindari lawan yang akan menghalang-halangi atau merebut bola tersebut. Bounce pass biasa dilakukan ketika ada lawan yang menghadang diantara pengoper dan penerima bola.

3. Overhead pass (operan diatas kepala)
Overead pass adalah passing yang dilakukan dengan cara memegang bola diatas kepala, kemudian melemparkannya ke rekan setim yang tidak dijaga dengan ketat oleh lawan. Operan jenis ini bertujuan untuk menghindari sambaran lawan yang berada tepat didepan pemain. Gerakan ini umumnya dilakukan ketika pengoper dan rekan setimnya memiliki postur lebih tinggi dari lawan yang sedang menghadang/ menjaga.

4. Baseball pass (operan baseball)
Baseball pass adalah jenis passing jarak jauh yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan. Passing jenis ini kurang menguntungkan karena kurang akurat ketika dilempar jauh ke rekan satu tim. Akan tetapi, gerakan ini dapat dimanfaatkan sebagai serangan balik cepat ketika pemain lawan belum kembali ke daerah pertahanannya.

5. Back pass
Back pass adalah passing yang dilakukan dengan cara menggunakan satu tangan dari arah belakang punggung. Gerakan ini dapat dilakukan dengan baik ketika pengoper bola
dan penerima bola berjarak sangat dekat. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk menerobos pertahanan lawan dengan cepat.

Disampingnya kelima passing diatas, masih ada beberapa gerakan mengoper yang dapat dilakukan pada permainan basket yaitu : one hand push (passing dengan cepat menggunakan satu tangan), underhand pass (mengoper bola dari bawah), hand off pass (memberi bola langsung kepada rekan satu tim) dll.

Dari uraian di atsa maka dapat disimpulkan bahwa Chest pass adalah teknik dasar permainan bola basket, yang bertujuan untuk (D. Mengoper bola dari depan dada)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.