Apa yang dimaksud dengan norma ?

Apa yang dimaksud dengan norma ?

Jawaban :

Norma adalah suatu aturan atau kaidah yang disepakati sebagai pedoman perilaku masyarakat untuk mewujudkan sesuatu yang baik dan diinginkan atau lebih tepatnya norma merupakan pedoman bertingkah laku yang berisi perintah, anjuran, dan larangan.

Berikut adalah pembahasan lebih lanjut mengenai norma.

✅👉 TRENDING :  Unsur unsur terpenting dari sebuah seni tari adalah?

Pembahasan

Proses terbentuknya norma:

Kita sebagai makhluk sosial mempunyai sikap ketergantungan kepada manusia lain serta kebutuhan dan kepentingan manusia juga berbeda-beda, hal tersebut tentunya akan menimbulkan suatu masalah dan benturan, untuk menghindari hal tersebut dibuatlah sebuah aturan diantara individu dan  kelompok sehingga aturan tersebut menjadi sebuah pedoman perilaku yang berfungsi sebagai alat penyeimbang di masyarakat.

✅👉 TRENDING :  Kenaikan suhu akan mempercepat laju reaksi karena?

Macam-macam norma dan sumbernya

1. Norma agama

Merupakan sebuah perintah yang berasal dari Tuhan YME yang di sampaikan melalui utusannya (seperti Nabi) yang berisi perintah yang wajib dikerjakan atau dilakukan dan larangan yang harus ditinggalkan.

2.  Norma kesopanan

Norma kesopanan merupakan aturan yang berasal dari hasil pergaulan masyarakat  atau berasal dari adat masing-masing daerah dan dianggap sebagai aturan pergaulan dalam menjalani kehidupan.

✅👉 TRENDING :  Apakah yang dimaksud dengan Ritme ?

3. Norma kesusilaan merupakan norma yang berasal dari hati manusia atau tentang baik buruknya suatu perilaku.

4. Norma hukum merupakan sebuah aturan yang dibuat oleh negara, tujuannya untuk menciptakan suasana aman dan damai dalam kehidupan masyarakat.