Apa yang dimaksud dengan ide pokok?

Apa yang dimaksud dengan ide pokok​ ?

Jawaban : ide utama yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Intinya, gagasan utama laiknya jiwa” yang menghidupkan sebuah paragraf agar menarik di mata pembaca.

Pembahasan :

Paragraf

Paragraf merupakan suatu gagasan yang terbentuk dan terdiri dari serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu dengan lainnya, paragraf dapat disebut juga dengan istilah “wacana mini”. Setiap paragraf memiliki topik dan gagasan yang berbeda dengan paragraf sebelum atau sesudahnya. Pembagian karya tulis menjadi beberapa paragraf ini dapat membuat pembaca lebih memahami isi dari bacaan yang disajikan, selain itu jumlah kalimat dalam suatu paragraf juga menjadi penanda kualitas dari sebuah bacaan.

Unsur-Unsur dalam Sebuah Paragraf

Paragraf sebagai sebuah bagian dalam suatu karya tulis memiliki unsur-unsur penyusun didalamnya, seperti:

  1. Topik atau gagasan utama dari paragraf tersebut yang menjadi ide utama agar bacaan tersebut menjadi lebih menarik.
  2. Kalimat utama yang memiliki sifat umum dan dikembangkan dalam kalimat-kalimat selanjutnya, kalimat utama ini berisi gagasan utama dalam sebuah paragraf.
  3. Kalimat penjelas atau dapat disebut juga dengan kalimat pendukung, merupakan sebuah kalimat yang menerangkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kalimat utama dan gagasan utama.
  4. Konjungsi atau dapat disebut juga dengan kata sambung, merupakan sebuah kata yang menggabungkan antara satu frasa dengan frasa lainnya.
  5. Kata kunci merupakan sebuah konsep dengan keistimewaan tertentu yang digunakan sebagai kunci dan kode untuk menghubungkan kata atau informasi dalam sebuah paragraf.

Berikut adalah unsur paragraf:

  1. Gagasan pokok ataupun topik: Topik atau gagasan utama merupakan ide utama yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Intinya, gagasan utama laiknya jiwa” yang menghidupkan sebuah paragraf agar menarik di mata pembaca.
  2. Kalimat utama: Kalimat utama berisi gagasan utama yang diletakkan secara tersurat pada awal atau akhir paragraf
  3. Kalimat pendukung ataupun kalimat penjelas: Selanjutnya, kalimat penjelas atau pendukung. Seperti yang disebutkan di atas, kalimat pendukung berfungsi untuk mengembangkan dan memperkuat gagasan yang disampaikan pada kalimat utama.
  4. Konjungsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.