Niat, Syarat dan Ketentuan Zakat Fitrah

Niat, Syarat dan Ketentuan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah di Akhir Bulan Ramadhan

Pada akhir bulan Ramadhan, ada ketentuan yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim dimanapun berada. Ketentuan itu adalah membayar zakat fitrah sesuai dengan yang telah ditetapkan dan orang yang membayar zakat disebut Muzakki.

Zakat mulai disyariatkan pada tahun ke-2 Hijriah. Di tahun tersebut zakat fitrah diwajibkan pada bulan Ramadhan, sedangkan untuk Zakat Mal diwajibkan pada bulan berikutnya, Bulan Syawal.

Waktu yang terbaik dalam membayar zakat fitrah adalah pada akhir Ramadhan dan dilaksanakan sebelum sholat Ied, dan sebaiknya diserahkan ke panitia zakat pada malam terakhir bulan ramadhan agar dapat diserahkan kepada yang berhak menerima zakat fitrah.

8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah diantaranya :

1. Orang Fakir
2. Orang Miskin
3. Pengurus Zakat atau Amil
4. Mualaf (Orang dari agama lain yang berpindah keyakinan dan memeluk Islam)
5. Riqab (memerdekakan budak)
6. Gharim (orang yang memiliki atau terlilit hutang)
7. Fi Sabilillah (Segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah)
8. Ibnu Sabil (musafir atau orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh dan bukan menjalankan maksiat)

Zakat fitrah dapat dibayarkan dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 2,5 kilogram atau 3,5 liter per jiwa yang diserahkan kepada panitia penerimaan zakat fitrah di masjid atau mushola terdekat.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar : “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas budak, orang merdeka, laki-laki, wanita, baik kecil maupun besar, dari golongan Islam dan beliau menyuruh membagikannya sebelum orang pergi shalat Id.” (HR al Bukhari)

Pencarian Populer Berdasarkan Kata Kunci : Berapa Jumlah Zakat Fitrah Dengan Uang ,Zakat Fitrana Give ,Berapa Zakat Fitrah Dengan Uang ,Berapa Zakat Fitrah 2021 ,Berapa Nominal Zakat Fitrah Dengan Uang ,Berapa Nominal Zakat Fitrah 2021 ,Berapa Nominal Zakat Fitrah ,Berapa Nisab Zakat Fitrah ,Berapa Nilai Zakat Fitrah Dengan Uang ,Berapa Nilai Zakat Fitrah 2021 ,Berapa Nilai Zakat Fitrah ,Bayar Zakat Fitrah Berapa Duit ,Berapa Jumlah Zakat Fitrah Berupa Uang ,Berapa Jumlah Zakat Fitrah 2021 ,Berapa Jumlah Zakat Fitrah ,Berapa Harga Zakat Fitrah Tahun Ini ,Bayar Zakat Fitrah Via Atm ,Bayar Zakat Fitrah Guna Maybank2u ,Bayar Zakat Fitrah Guna Beras ,Bayar Zakat Fitrah Berapa Liter Beras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.