Niat, Syarat dan Ketentuan Zakat Fitrah

3 Kondisi umat Muslim yang wajib membayar zakat :

1. Beragama Islam dan Merdeka (Bukan dari Golongan budak atau hamba)

2. Menemui waktu wajib zakat, yaitu dua waktu diantara bulan Ramadan dan Syawal, yakni akhir bagian dari Ramadhan dan awal bagian dari Syawal. Bagi yang meninggal sebelum masuk 1 Syawal tidak wajib membayar zakat fitrah dan bayi yang lahir setelah usai bulan Ramadhan.

✅👉 TRENDING :  Kisah Nabi Hud AS

3. Memiliki harta dan makanan pokok yang melebihi dari kebutuhan hidup sehari-hari bagi diri dan keluarganya pada saat hari raya dan atau malamnya.

Syarat Orang Tidak Wajib Membayar Zakat Fitrah

Bagi umat muslim yang memenuhi kriteria dibawah ini tidak wajib mengeluarkan zakat fitrah, diantaranya sebagai berikut :
1. Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada akhir Ramadan
2. Anak yang lahir selepas terbenam matahari pada akhir Ramadan
3. Orang yang baru memeluk agama Islam sesudah matahari terbenam pada akhir Ramadan
3. Tanggungan istri yang baru saja dinikahi selepas matahari terbenam pada akhir Ramadan.

✅👉 TRENDING :  Arti Marhaban Ya Ramadhan, Ramadhan Mubarak dan Ramadhan Kareem
Pencarian Populer Berdasarkan Kata Kunci : Berapa Jumlah Zakat Fitrah Dengan Uang ,Zakat Fitrana Give ,Berapa Zakat Fitrah Dengan Uang ,Berapa Zakat Fitrah 2021 ,Berapa Nominal Zakat Fitrah Dengan Uang ,Berapa Nominal Zakat Fitrah 2021 ,Berapa Nominal Zakat Fitrah ,Berapa Nisab Zakat Fitrah ,Berapa Nilai Zakat Fitrah Dengan Uang ,Berapa Nilai Zakat Fitrah 2021 ,Berapa Nilai Zakat Fitrah ,Bayar Zakat Fitrah Berapa Duit ,Berapa Jumlah Zakat Fitrah Berupa Uang ,Berapa Jumlah Zakat Fitrah 2021 ,Berapa Jumlah Zakat Fitrah ,Berapa Harga Zakat Fitrah Tahun Ini ,Bayar Zakat Fitrah Via Atm ,Bayar Zakat Fitrah Guna Maybank2u ,Bayar Zakat Fitrah Guna Beras ,Bayar Zakat Fitrah Berapa Liter Beras