Pengertian URL yang Sering Kita Dengar

Umumnya, beberapa orang yang berpikiran jika URL ialah alamat web. Bahkan juga, saat awalnya buka situs mesin penelusuran populer Google, akan disuruh untuk “tulis URL”. Pada intinya, ini tidak salah, tetapi ada keterangan lebih komplet dan detil yang lebih tepat.

Apakah itu yang Dimaksud Dengan URL?

URL ialah kepanjangan dari Uniform Resource Locator, yang mengarah pada rangkaian watak tertentu berbentuk angka, huruf, dan lambang, yang ke arah alamat di world wide situs (www).

Ini dipakai untuk mengenali lokasi sebuah file dalam internet. Pemakaiannya tidak cuma untuk buka sebuah website, tapi juga untuk mengambil video, gambar, halaman hypertext, dan yang lain.

Pemakaian URL sama dengan saat kamu ingin buka sebuah file di computer atau netbook yang dapat dilaksanakan cukup dengan ganda klik. Tapi, karena kamu tidak mempunyai akses fisik langsung pada file yang berada di remote komputer atau dalam masalah ini website di internet, jadi harus memakainya untuk ketahui di mana letak file itu.

Antiknya, URL baru diketemukan oleh Team Barnes-Lee pada tahun 1991 dengan arah untuk mempermudah penulis membuat document atau artikel dan menerbitkannya ke world wide situs.

Apa Saja Peranan URL?

Selainnya untuk analisis alamat website, peranan ialah mengalihkan pemakai dari 1 halaman ke halaman lain dengan memakai media hyperlink. Berikut keterangan secara lengkap:

  1. Juga bisa dipakai untuk pemberian nama file yang ada di web.
  2. Analisis document, gambar, dan file berbentuk yang lain.
  3. Dapat dipakai untuk pemberian alamat pada tiap situs yang berisi document.
  4. Memudahkan pemakai ingat alamat document yang sempat dijangkau.

Tipe dan susunan URL

Ada dua tipe URL yang sekarang ini pada umumnya dipakai, yakni:

1. URL Relative

URL yang dipakai untuk mengarahkan directory document pada domain yang aktif. Contoh dari URL Relative ialah gambar.png. Dan contoh URL

2. URL Absolute

URL yang berisi domain komplet dengan directory file yang dibutuhkan untuk tampilkan sebuah web. Contoh dari URL Absolute ialah seperti berikut: https://www.dewaweb.com/images/images.png.

Sebetulnya, kamu tidak harus ketahui detil susunan ini ketika akan terhubung sebuah situs atau document di internet. Tapi, ketahui lebih dalam mengenai susunan URL sama juga saat kamu ingin ketahui code telephone pada sebuah tempat.

Tetapi, agar semakin gampangnya, URL dapat dipisah jadi 3 sisi tertentu yakni prosedur, domain, dan permalink.

Disamping itu, ada pula ketentuan sintaks yang dipakai dengan bahasa pemrograman. Ketentuan ini dapat mengarahkanmu ke situs atau directory file yang lebih detil. Kekeliruan dalam URL umumnya diikuti dengan timbulnya error 404 yang disebabkan karena kekeliruan code status 400.

Disamping itu, keringanan yang lain dijajakan mekanisme ini ialah Anda tak perlu ketahui alamat sebetulnya untuk terhubung alamat IP server. Ini karena IP server address bisa berperan jadi Homepage URL dan alternatif link URL. Kamu dapat memakai ke-2 nya untuk dapat terhubung sebuah directory document.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.