Jumlah Malaikat Allah SWT yang Wajib Diketahui Umat Islam

Malaikat Allah SWT yang Wajib Diketahui Umat Islam

Sebagai umat Islam, tentu kita semua meyakini adanya malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT. Namun, seberapa banyak jumlah malaikat yang sebenarnya ada? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang jumlah malaikat Allah SWT yang wajib diketahui umat Islam. Yuk, simak ulasannya!

Jumlah Malaikat Menurut Al-Quran

Dalam Al-Quran, tidak ada penjelasan yang spesifik tentang jumlah malaikat yang ada. Namun, terdapat beberapa ayat yang memberikan petunjuk tentang jumlah malaikat. Misalnya dalam surah Al-Fatir ayat 1 yang berbunyi “Segala puji bagi Allah, Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat-malaikat sebagai utusan dengan berbagai sayap…” yang menunjukkan bahwa malaikat itu banyak.

✅👉 TRENDING :  Kisah Nabi Idris AS

Jumlah Malaikat Menurut Hadist

Berdasarkan hadist, terdapat beberapa riwayat yang menjelaskan jumlah malaikat. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, dikatakan bahwa malaikat itu banyak sekali, bahkan lebih banyak daripada butiran pasir di dunia ini.

Jumlah Malaikat yang Wajib Diketahui

Meskipun tidak ada penjelasan yang pasti tentang jumlah malaikat, namun terdapat beberapa malaikat yang wajib diketahui oleh umat Islam. Beberapa di antaranya adalah:

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril merupakan malaikat yang bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rasul. Beliau juga bertugas untuk mengatur urusan alam semesta dan menghancurkan bangsa Sodom dan Gomorrah.

✅👉 TRENDING :  Bacaan Niat Zakat Fitrah, Bagi Diri Sendiri, Anak dan Keluarga

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail merupakan malaikat yang bertugas untuk mengatur urusan rezeki, hujan, dan angin. Beliau juga bertugas untuk menjaga para pembawa amanah Allah SWT.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil merupakan malaikat yang bertugas untuk meniup terompet pada hari kiamat. Beliau juga bertugas untuk memanggil manusia dari dalam kuburnya pada hari kiamat.

4. Malaikat Raqib dan Atid

Malaikat Raqib dan Atid merupakan malaikat yang bertugas untuk mencatat semua perbuatan manusia. Mereka mencatat baik buruknya perbuatan manusia dan akan memberikan laporan pada hari kiamat.

5. Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan merupakan malaikat yang bertugas untuk menjaga pintu surga. Beliau juga bertugas untuk menyambut para penghuni surga.

Malaikat Malik merupakan malaikat yang bertugas untuk menjaga pintu neraka. Beliau juga bertugas untuk mengawasi dan menyiksa penghuni neraka.

✅👉 TRENDING :  Apa Itu Puasa dan Manfaat Puasa Bagi Tubuh

7. Malaikat Munkar dan Nakir

Malaikat Munkar dan Nakir merupakan malaikat yang bertugas untuk menguji manusia di dalam kubur setelah meninggal dunia. Mereka akan menanyakan pertanyaan tentang keyakinan dan amal perbuatan manusia selama hidupnya.

Meskipun tidak ada penjelasan pasti tentang jumlah malaikat, namun kita sebagai umat Islam wajib mengetahui beberapa malaikat yang disebutkan dalam Al-Quran dan hadist. Terdapat beberapa malaikat yang memiliki tugas dan fungsi yang berbeda, seperti Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Raqib dan Atid, Malaikat Ridwan, Malaikat Malik, dan Malaikat Munkar dan Nakir. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua.