Cara Membuat Roti Tawar

Roti Tawar: Makanan Wajib di Setiap Meja

Roti tawar adalah makanan yang pasti sering kita temukan di meja makan setiap hari. Roti tawar juga sering dijadikan sebagai sarapan atau camilan bagi banyak orang. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara membuat roti tawar yang lezat dan empuk? Mari kita coba membuat roti tawar sendiri dengan resep yang mudah dan praktis.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat roti tawar, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:- 500 gram tepung terigu protein tinggi- 11 gram ragi instan- 1 sendok makan gula pasir- 1 sendok teh garam- 250 ml air dingin- 50 gram mentega, lelehkan- 1 butir telur

Cara Membuat Roti Tawar

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat roti tawar:1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan tercampur dengan baik. Lanjutkan menguleni adonan selama 10-15 menit hingga adonan menjadi elastis dan tidak lengket.3. Tambahkan mentega leleh dan telur ke dalam adonan. Aduk kembali hingga adonan tercampur rata.4. Tutup adonan dengan serbet atau plastik wrap dan diamkan selama 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.5. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dengan cara memukul-mukulnya dan bentuk adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.6. Letakkan adonan di dalam loyang roti yang telah diolesi dengan sedikit mentega. Tutup adonan kembali dengan serbet atau plastik wrap dan diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang kembali.7. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celsius.8. Setelah adonan mengembang, panggang roti dalam oven selama 25-30 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.9. Keluarkan roti dari dalam oven dan biarkan dingin sejenak sebelum diiris dan disajikan.

✅👉 TRENDING :  Cara Bikin Kuah Bakso yang Lezat dan Gurih

Cara Menyimpan Roti Tawar

Roti tawar dapat disimpan dalam suhu ruangan selama 2-3 hari. Namun, jika ingin lebih awet, simpan roti tawar di dalam kulkas selama 5-7 hari atau di dalam freezer selama 1-2 bulan.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Beef Teriyaki: Resep Sederhana dan Lezat

FAQ tentang Cara Membuat Roti Tawar

1. Apa yang harus dilakukan jika adonan roti tidak mengembang?

Jika adonan roti tidak mengembang, kemungkinan ragi yang digunakan sudah mati atau air yang digunakan terlalu panas atau dingin. Pastikan untuk menggunakan air dingin dan ragi yang masih segar.

2. Bisakah menggunakan ragi instan untuk membuat roti tawar?

Ya, ragi instan dapat digunakan untuk membuat roti tawar yang lezat dan empuk.

3. Apakah mentega dapat diganti dengan margarin?

✅👉 TRENDING :  Masker Mugwort: Apa Manfaatnya untuk Kulit?

Ya, mentega dapat diganti dengan margarin dalam resep roti tawar.

4. Bisakah menambahkan bahan lain ke dalam adonan roti tawar?

Ya, Anda dapat menambahkan bahan lain seperti keju atau kismis ke dalam adonan roti tawar untuk memberikan rasa yang lebih lezat.

5. Apa yang harus dilakukan jika roti tawar terlalu keras?

Jika roti tawar terlalu keras, coba letakkan roti tawar dalam kantong plastik dan simpan di dalam kulkas selama beberapa jam untuk membuat roti tawar menjadi lebih empuk.

Kesimpulan

Membuat roti tawar sendiri ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Dengan mengikuti resep di atas, Anda bisa membuat roti tawar yang lezat dan empuk sendiri di rumah. Selain itu, dengan membuat roti tawar sendiri, Anda juga bisa menghemat uang dan memastikan bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung bahan pengawet atau tambahan kimia lainnya. Selamat mencoba!