Cara Membuat Ayam Kremes

Apa itu Ayam Kremes?

Ayam kremes adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan tekstur renyah dan gurih. Hidangan ini terdiri dari ayam goreng tepung yang ditaburi dengan remahan tepung crispy yang disebut kremes. Ayam kremes biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan kubis.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Kremes

Untuk membuat ayam kremes, Anda membutuhkan beberapa bahan berikut:- 500 gram ayam potong kecil- 2 siung bawang putih- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- 1 sendok makan minyak sayur- 150 gram tepung terigu- 50 gram tepung maizena- 1 sendok teh bawang putih bubuk- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- 200 ml air dingin- Minyak goreng secukupnyaUntuk bahan kremes, Anda membutuhkan:- 100 gram tepung terigu- 50 gram tepung beras- 1/2 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- 1 sendok makan bawang putih goreng- 250 ml air dingin

✅👉 TRENDING :  Al Hayyu: Pengertian, Manfaat dan Cara Mengamalkannya

Cara Membuat Ayam Kremes

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat ayam kremes yang enak dan renyah:1. Campurkan ayam potong kecil dengan bawang putih, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan diamkan selama 15 menit.2. Panaskan minyak sayur dalam panci dan goreng ayam hingga matang dan kecoklatan. Tiriskan ayam dan sisihkan.3. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, bawang putih bubuk, garam, dan merica bubuk dalam mangkuk besar.4. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk hingga adonan bergerindil.5. Celupkan ayam yang sudah digoreng ke dalam adonan tepung hingga seluruh permukaan ayam tertutupi tepung.6. Goreng ayam yang sudah dicelupkan ke dalam adonan tepung hingga matang dan kecoklatan. Tiriskan ayam dan sisihkan.7. Untuk membuat kremes, campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, merica bubuk, dan bawang putih goreng dalam mangkuk besar.8. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk hingga adonan bergerindil.9. Goreng adonan tepung kremes dalam minyak panas hingga matang dan kecoklatan. Tiriskan dan sisihkan.10. Taburi ayam goreng dengan kremes dan sajikan dengan nasi putih dan lalapan.

✅👉 TRENDING :  Cara Pembuatan Koloid

Tips dan Trik untuk Membuat Ayam Kremes yang Lezat

– Pastikan ayam sudah dicuci bersih sebelum dipotong dan dibumbui.- Agar ayam lebih renyah, gunakan tepung terigu yang memiliki kadar protein lebih tinggi.- Jangan terlalu banyak mengaduk adonan tepung saat mencelupkan ayam agar tepung tidak terlalu menempel dan menggumpal.- Saat menggoreng ayam, pastikan minyak sudah cukup panas agar ayam matang dengan sempurna dan tidak terlalu banyak menyerap minyak.- Gunakan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan untuk memberikan rasa khas pada kremes.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Formulir Online yang Mudah dan Cepat

Kesimpulan

Membuat ayam kremes tidak sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat dan menggunakan bahan-bahan yang sesuai. Dengan tekstur yang renyah dan gurih, ayam kremes menjadi hidangan yang cocok disajikan untuk acara keluarga atau bahkan untuk makan siang sehari-hari.

Tabel FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat ayam kremes? Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam.
2. Bisakah tepung kremes diganti dengan tepung roti? Tidak disarankan karena tepung roti tidak memberikan hasil yang renyah seperti tepung kremes.
3. Bisakah ayam kremes disimpan dalam kulkas? Bisa disimpan dalam kulkas selama 1-2 hari.
4. Apakah ayam kremes cocok disajikan dengan saus? Ya, ayam kremes cocok disajikan dengan saus sambal atau saus tomat.
5. Bisakah tepung kremes dibuat lebih renyah? Bisa, tambahkan bawang putih goreng yang lebih banyak atau tepung jagung untuk membuatnya lebih renyah.