Cara Membuat Perkedel Tahu yang Lezat dan Mudah

Pendahuluan

Siapa yang tidak suka makanan yang renyah dan enak seperti perkedel tahu? Makanan ini sangat mudah dibuat dan cocok untuk dinikmati oleh semua orang. Perkedel tahu juga bisa dijadikan sebagai menu praktis untuk sarapan, makan siang dan malam. Jadi, jika kamu ingin mencoba membuat perkedel tahu sendiri, berikut adalah resep dan cara memasaknya.

Bahan-bahan

Sebelum membuat perkedel tahu, ada beberapa bahan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:- 150 gram tahu putih- 2 butir telur- 2 buah kentang ukuran sedang, kupas dan rebus hingga empuk- 3 siung bawang putih, haluskan- 2 batang daun bawang, iris halus- 1 sendok makan tepung maizena- Garam secukupnya- Merica secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak

Setelah semua bahan dibersihkan dan dipersiapkan, berikut adalah langkah-langkah membuat perkedel tahu yang enak dan mudah:1. Pertama-tama, haluskan tahu putih hingga halus menggunakan garpu atau blender. 2. Potong kentang yang telah direbus menjadi potongan kecil dan haluskan menggunakan garpu atau blender.3. Tambahkan bawang putih, daun bawang, tepung maizena, garam dan merica ke dalam adonan tahu dan kentang. Aduk hingga tercampur rata.4. Tambahkan telur ke dalam adonan dan aduk kembali hingga tercampur rata.5. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang.6. Ambil satu sendok makan adonan dan bentuk bulat-bulat atau sesuai dengan selera kamu.7. Goreng adonan perkedel tahu hingga warnanya kekuningan dan matang, lalu angkat dan tiriskan di atas kertas minyak.8. Perkedel tahu siap disajikan.

✅👉 TRENDING :  Buah Namnam: Buah Ajaib yang Harus Anda Coba

Tips dan Trik

Agar perkedel tahu yang kamu buat lebih renyah dan enak, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan:- Haluskan tahu dan kentang dengan baik agar adonan lebih lembut dan mudah dibentuk.- Tambahkan tepung maizena ke dalam adonan untuk membuat perkedel tahu lebih renyah.- Usahakan agar minyak yang digunakan tidak terlalu banyak agar perkedel tahu tidak terlalu berminyak.- Perhatikan suhu minyak ketika menggoreng agar perkedel tahu tidak terlalu gosong atau tidak matang.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Kop Surat di Word

Kesimpulan

Itulah cara mudah membuat perkedel tahu yang enak dan lezat. Selain praktis, perkedel tahu juga terbilang murah dan mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan. Jangan ragu untuk mencoba membuatnya di rumah untuk keluarga dan teman-temanmu. Selamat mencoba!

FAQ

1. Bagaimana cara membuat perkedel tahu yang tidak mudah hancur?
Jawaban: Haluskan tahu dan kentang dengan baik, tambahkan tepung maizena ke dalam adonan, dan bentuk adonan menjadi bulat-bulat atau sesuai dengan selera kamu sebelum digoreng.
2. Berapa lama perkedel tahu bisa bertahan di dalam kulkas?
Jawaban: Perkedel tahu dapat bertahan di dalam kulkas selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah tertutup dan di dalam kulkas dengan suhu rendah.
3. Berapa banyak perkedel tahu yang bisa dibuat dari resep di atas?
Jawaban: Resep di atas dapat menghasilkan 8-10 buah perkedel tahu dengan diameter sekitar 5 cm.
4. Apakah tepung terigu dapat digunakan sebagai pengganti tepung maizena?
Jawaban: Bisa, tapi tepung maizena lebih disarankan karena membuat perkedel tahu lebih renyah dan enak.
5. Bisakah perkedel tahu dibuat tanpa telur?
Jawaban: Bisa, tapi telur berfungsi sebagai pengikat adonan sehingga perkedel tahu tidak mudah hancur saat digoreng.
✅👉 TRENDING :  Niat Setelah Wudhu