Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Hai Sobat Teknogeo! Selamat datang kembali di platform kami yang selalu memberikan informasi teraktual dan terpercaya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Persiapan Sebelum Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebelum mulai membuat surat lamaran kerja, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, perhatikan lowongan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Ketahui tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh calon karyawan pada posisi tersebut.Kedua, lakukan riset tentang perusahaan yang ingin kamu lamar. Kenali visi dan misi, produk atau jasa yang ditawarkan, serta budaya perusahaan tersebut. Dengan memahami perusahaan yang ingin kamu lamar, kamu bisa menyesuaikan diri pada tahap selanjutnya.Ketiga, buat daftar kualifikasi diri yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan. Pastikan kualifikasi tersebut relevan dengan posisi yang kamu lamar.

✅👉 TRENDING :  Cara Mengatasi 500 Internal Server Error Wordpress

Penulisan Surat Lamaran Kerja

Setelah persiapan selesai dilakukan, saatnya menulis surat lamaran kerja. Berikut adalah tips dan trik untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar:

1. Gunakan Format Surat Yang Benar

Pada umumnya, format surat lamaran kerja adalah sebagai berikut:- Nama lengkap dan alamat- Tanggal penulisan surat- Nama perusahaan yang dituju- Alamat perusahaan- Perihal (misalnya: Lamaran Pekerjaan)- Isi surat (Pembukaan, Pengenalan Diri, dan Penutup)

2. Jangan Salah Alamat

Pastikan alamat tujuan surat lamaran kerja benar dan lengkap. Jangan sampai surat kamu terkirim ke alamat yang salah atau ke perusahaan yang tidak sesuai.

✅👉 TRENDING :  Cara Ganti Password Akun Google

3. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang sopan, jelas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal atau terlalu santai.

4. Tunjukkan Kualifikasi Dirimu

Tunjukkan kualifikasi dirimu yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Berikan informasi dengan jelas dan singkat mengenai pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang kamu miliki.

5. Sampaikan Motivasi Kamu

Sampaikan motivasi kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jangan hanya fokus pada keuntungan yang kamu dapatkan, tapi juga berikan alasan mengapa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

6. Jangan Minta Gaji Terlalu Tinggi

Jangan meminta gaji terlalu tinggi di awal. Biarkan perusahaan menawarkan gaji yang sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman kerjamu.

7. Sertakan CV dan Portofolio

Sertakan CV dan portofolio dalam surat lamaran kerja. Ini akan membantu perusahaan untuk menilai kualifikasi dirimu dengan lebih lengkap.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai surat lamaran kerja:

✅👉 TRENDING :  Cara Mengatasi 0xc00007b Windows 10

1. Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengirim Surat Lamaran Kerja?

Kamu bisa mengirim surat lamaran kerja kapan saja, namun pastikan kamu mengirimkannya secepatnya setelah lowongan pekerjaan tersebut dibuka.

2. Apakah Saya Harus Menuliskan Riwayat Hidup di Dalam Surat Lamaran Kerja?

Tidak harus. Kamu bisa menyertakan CV dan portofolio sebagai bahan pertimbangan perusahaan.

3. Apakah Saya Harus Menuliskan Semua Pengalaman Kerja yang Saya Miliki?

Tidak harus. Tuliskan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja memang terlihat sederhana, namun perlu persiapan dan penulisan yang baik dan benar. Gunakan format surat yang benar, jangan salah alamat, gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami, tunjukkan kualifikasi dirimu, sampaikan motivasi kamu, jangan minta gaji terlalu tinggi, dan sertakan CV dan portofolio.Semoga tips dan trik di atas membantu kamu dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga sukses! Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya di Teknogeo.