Cara Bikin Lamaran Kerja untuk Sobat Teknogeo

Hai Sobat Teknogeo, kali ini kami akan membahas cara bikin lamaran kerja yang baik dan benar. Sebelum memulai, pastikan Sobat Teknogeo sudah menentukan posisi yang akan dilamar dan mencari informasi tentang perusahaan yang dituju. Setelah mengetahui hal tersebut, mari kita simak langkah-langkahnya!

1. Persiapkan Dokumen Lamaran

Sebelum memulai membuat lamaran kerja, pastikan Sobat Teknogeo sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut meliputi CV, surat lamaran, dan fotokopi dokumen pendukung seperti ijazah dan sertifikat. Pastikan dokumen-dokumen tersebut dalam format yang mudah dibaca dan tidak terlalu besar ukurannya.

FAQ: Apa yang harus disertakan dalam CV?

Poin-poin penting dalam CV
Pendidikan – Riwayat pendidikan dari SD hingga perguruan tinggi, lengkap dengan tahun lulus dan IPK.
Pengalaman Kerja – Pengalaman kerja sebelumnya, termasuk perusahaan, posisi, dan tanggung jawab di setiap posisi.
Keterampilan – Keterampilan yang dimiliki yang berkaitan dengan posisi yang dilamar.
Prestasi – Prestasi yang pernah diraih selama kuliah atau bekerja.
Referensi – Orang yang bisa dihubungi untuk memberikan testimoni atau saran.

2. Buat Surat Lamaran Kerja

Setelah dokumen persiapan sudah lengkap, selanjutnya membuat surat lamaran kerja. Pastikan surat lamaran ditulis dengan baik dan benar, jangan sampai terdapat kesalahan penulisan atau tata bahasa. Mulailah dengan menyebutkan posisi yang dilamar dan sumber informasi lowongan kerja tersebut. Kemudian, jelaskan mengapa Sobat Teknogeo cocok untuk posisi tersebut dan sebutkan pengalaman atau keterampilan yang dimiliki yang relevan dengan posisi tersebut.

✅👉 TRENDING :  Cara Reset iPhone: Panduan Lengkap untuk Sobat Teknogeo

FAQ: Apa yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja?

Poin-poin penting dalam surat lamaran kerja
Penerima Surat – Nama perusahaan dan alamat kantor yang dituju.
Pengirim Surat – Nama dan alamat lengkap pribadi serta nomor telepon yang bisa dihubungi.
Judul – Judul posisi yang dilamar dan sumber informasi dari lowongan kerja tersebut.
Ide Utama – Penjelasan mengapa Sobat Teknogeo cocok untuk posisi tersebut dan keterampilan yang dimiliki.
Pengakhiran – Ucapan terima kasih dan harapan untuk dapat diundang untuk wawancara.

3. Perhatikan Tata Cara Penulisan Lamaran Kerja

Tata cara penulisan lamaran kerja sangat penting untuk membuat perusahaan tertarik untuk mengundang Sobat Teknogeo untuk wawancara. Pastikan menggunakan bahasa formal dan penulisan yang baik dan benar. Gunakan kata ganti orang pertama (saya) dan suara aktif untuk menunjukkan kepercayaan diri dan kemampuan Sobat Teknogeo.

FAQ: Apa yang harus diperhatikan dalam tata cara penulisan lamaran kerja?

Poin-poin penting dalam tata cara penulisan lamaran kerja
Bahasa formal – Gunakan bahasa formal yang baik dan benar.
Gaya tulisan – Gunakan gaya tulisan yang jelas dan mudah dibaca.
Penguasaan bahasa – Periksa kembali tata bahasa dan ejaan yang digunakan.
Penggunaan kata ganti – Gunakan kata ganti orang pertama (saya) dan suara aktif.
Penampilan – Pastikan penampilan dokumen lamaran kerja menarik dan enak dilihat.

4. Kirimkan Lamaran Kerja

Setelah semua dokumen sudah siap, kirimkan lamaran kerja melalui email atau langsung ke kantor perusahaan yang dituju. Pastikan mengirimkan dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan instruksi dalam lowongan kerja dan mengikuti tata cara pengiriman yang baik dan benar.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Gravy Mashed Potato

FAQ: Bagaimana cara mengirimkan lamaran kerja?

Cara mengirimkan lamaran kerja
Email – Kirimkan lamaran kerja melalui email dengan mengikuti instruksi pada lowongan kerja.
Pos – Jika disyaratkan, kirimkan lamaran kerja melalui pos dengan alamat yang dituju.
Langsung – Jika dimungkinkan, antar lamaran kerja langsung ke kantor perusahaan dan serahkan ke HRD atau pihak yang berwenang.

5. Tunggu Konfirmasi

Setelah mengirimkan lamaran kerja, tunggu konfirmasi dari perusahaan. Jangan berharap untuk mendapat jawaban segera, karena perusahaan biasanya membutuhkan waktu untuk meninjau dan mempertimbangkan lamaran dari pelamar. Jangan ragu untuk mengirimkan email atau telepon ke perusahaan untuk menanyakan status lamaran jika sudah melewati batas waktu yang ditentukan.

FAQ: Kapan waktu yang tepat untuk menanyakan status lamaran kerja?

Setelah mengirimkan lamaran kerja, pastikan Sobat Teknogeo menunggu beberapa waktu sebelum menanyakan status lamaran. Tidak ada waktu yang pasti dalam menanyakan status lamaran, namun sebaiknya menunggu minimal dua minggu setelah mengirimkan lamaran kerja. Jika belum ada balasan dalam waktu tersebut, Sobat Teknogeo bisa mengirimkan email atau menghubungi perusahaan untuk menanyakan status lamaran.

6. Siapkan Diri untuk Wawancara

Jika sudah mendapat undangan untuk wawancara, pastikan Sobat Teknogeo sudah mempersiapkan diri untuk wawancara tersebut. Pelajari lebih lanjut tentang perusahaan dan posisi yang dilamar, dan siapkan jawaban untuk pertanyaan umum yang mungkin ditanyakan saat wawancara. Jangan lupa juga untuk berpakaian rapi dan sopan saat datang ke wawancara.

FAQ: Apa yang harus dipersiapkan saat wawancara?

Hal-hal yang harus dipersiapkan saat wawancara
Informasi perusahaan – Pelajari lebih lanjut tentang perusahaan dan posisi yang dilamar.
Jawaban untuk pertanyaan umum – Siapkan jawaban untuk pertanyaan umum seperti “apa yang menjadi alasan Sobat Teknogeo melamar di perusahaan kami?” atau “apa kelebihan Sobat Teknogeo dibandingkan dengan pelamar lain?”.
Pakaian – Berpakaian rapi dan sopan saat datang ke wawancara.
Resume – Bawa salinan CV dan dokumen-dokumen pendukung lainnya untuk ditunjukkan saat wawancara.
Sikap – Pertahankan sikap yang baik dan sopan selama wawancara.
✅👉 TRENDING :  Cara Reset iPhone 4s Lupa Password iCloud

7. Kirimkan Ucapan Terima Kasih

Setelah wawancara, jangan lupa untuk mengirimkan ucapan terima kasih kepada perusahaan. Kirimkan email atau surat ucapan terima kasih untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan menunjukkan bahwa Sobat Teknogeo masih tertarik dengan perusahaan tersebut.

FAQ: Apa yang harus ditulis dalam ucapan terima kasih?

Ucapan terima kasih sebaiknya ditulis dengan singkat dan langsung ke point. Sertakan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan, dan sampaikan bahwa Sobat Teknogeo masih tertarik dengan perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk menyebutkan nama dan data kontak yang bisa dihubungi.

8. Jangan Menyerah

Jika ternyata lamaran kerja tidak diterima oleh perusahaan, jangan menyerah. Teruslah mencari peluang kerja dan jangan merasa putus asa. Gunakan pengalaman yang didapat dari wawancara sebelumnya untuk memperbaiki lamaran kerja dan teruslah mencoba.

FAQ: Bagaimana jika lamaran kerja tidak diterima?

Jangan menyerah. Teruslah mencari peluang kerja dan belajar dari pengalaman yang didapat dari wawancara sebelumnya. Perbaiki kembali lamaran kerja dan teruslah mencoba. Jangan lupa untuk memperbaiki diri dan meningkatkan skill.

Kesimpulan

Membuat lamaran kerja membutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang. Sobat Teknogeo harus menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, dan mengirimkannya sesuai dengan tata cara yang baik dan benar. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri untuk wawancara dan mengirimkan ucapan terima kasih setelah wawancara. Teruslah mencari peluang kerja dan jangan menyerah jika lamaran kerja tidak diterima.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!