Cara Mudah Membuat Putu Ayu yang Lezat

Apa itu Putu Ayu?

Putu Ayu adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Kue ini umumnya disajikan saat acara-acara khusus seperti pernikahan, arisan, atau acara keluarga lainnya. Putu Ayu memiliki bentuk bundar dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat Putu Ayu, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan berikut:- 200 gram tepung ketan- 100 gram tepung terigu- 200 ml air matang- 150 gram gula pasir- 150 gram kelapa parut kasar- 2 butir telur ayam- 1 sendok teh baking powder- 1/2 sendok teh garam- 1 lembar daun pandan- 1/4 sendok teh pewarna makanan merah- Minyak goreng secukupnya

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Lesung Pipi: Tips dan Trik

Cara Membuat Putu Ayu

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Putu Ayu yang lezat:1. Campurkan tepung ketan, tepung terigu, baking powder, dan garam ke dalam sebuah wadah. Aduk rata.2. Masukkan telur ayam ke dalam campuran tepung, aduk hingga tercampur merata.3. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur sempurna.4. Pisahkan 1/3 bagian dari adonan, lalu tambahkan pewarna makanan merah dan aduk rata.5. Panaskan kukusan di atas api sedang.6. Olesi cetakan Putu Ayu dengan minyak goreng tipis-tipis.7. Tuang 1 sendok makan adonan putih ke dalam setiap cetakan Putu Ayu.8. Kemudian, tambahkan sedikit kelapa parut di atas adonan putih.9. Tuang 1 sendok makan adonan merah di atas kelapa parut.10. Tutup cetakan dengan daun pandan yang telah dilipat, lalu kukus selama 15-20 menit hingga matang.11. Angkat dan biarkan dingin sebentar.12. Keluarkan Putu Ayu dari cetakan dan sajikan.

✅👉 TRENDING :  Doa Khatam Al Quran: Menghadirkan Ketenangan Setelah Selesai Membaca Al-Quran

Tips Tambahan

– Untuk menghasilkan Putu Ayu yang lembut, jangan terlalu sering membuka tutup kukusan saat memasak.- Anda dapat menambahkan daun pandan ke dalam adonan agar aroma Putu Ayu lebih harum.- Pastikan untuk menyiram minyak goreng ke dalam cetakan sebelum memasukkan adonan untuk mencegah lengket.

Kesimpulan

Putu Ayu adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang populer dan mudah dibuat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, siapa saja dapat membuat Putu Ayu yang lezat di rumah. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan nikmati sensasi rasa yang manis dan lembut dari Putu Ayu.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Bunga Kertas Sederhana

Pertanyaan Umum

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat Putu Ayu? Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit.
2. Apakah bisa menggunakan kelapa parut yang sudah dikupas? Ya, bisa menggunakan kelapa parut kasar yang sudah dikupas.
3. Bisakah menggunakan pewarna makanan yang berbeda? Ya, bisa menggunakan pewarna makanan berwarna lain sesuai dengan selera.
4. Apakah Putu Ayu bisa disimpan dalam waktu lama? Putu Ayu dapat disimpan dalam wadah tertutup dan ditempatkan di dalam kulkas selama 2-3 hari.
5. Apa yang bisa menjadi pengganti daun pandan? Anda bisa menggunakan daun pisang sebagai pengganti daun pandan.