Cara Make Up Tanpa Concealer

Hai Sobat Teknogeo! Make up merupakan salah satu hal yang wajib bagi kaum wanita. Namun, tidak semua wanita memiliki concealer yang cukup untuk menutupi noda hitam atau bekas jerawat di wajah. Jangan khawatir, karena kami akan memberikan tips cara make up tanpa concealer yang tetap bisa membuatmu tampil cantik dan percaya diri. Yuk, simak penjelasan detail di bawah ini!

Baca Cepat tampilkan

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum memulai make up, pastikan wajahmu sudah bersih terlebih dahulu dari kotoran dan minyak yang menempel. Berikan waktu beberapa menit untuk cuci muka dengan sabun pembersih wajah dan air hangat, lalu keringkan wajahmu dengan handuk secara perlahan agar tidak merusak kulit wajah.

2. Gunakan Foundation

Foundation adalah dasar make up yang sangat penting. Pilih foundation yang cocok dengan warna kulitmu dan oleskan dengan lembut menggunakan spons atau jari secara merata di wajah. Foundation dapat menutupi noda hitam atau bekas jerawat dengan sempurna.

FAQ: Bagaimana cara memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit?

Pilihlah foundation yang terlihat serasi dengan warna kulitmu. Pastikan foundation tidak terlalu gelap atau terlalu terang. Cobalah di bagian leher untuk memastikan warnanya serasi dengan kulitmu.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Kulit Risoles

3. Koreksi Warna Kulit

Jika wajahmu terlihat pucat, kamu bisa menggunakan korektor warna yang cocok untuk kulitmu. Misalnya, korektor kuning untuk menghilangkan noda hitam, korektor oranye untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, dan sebagainya.

FAQ: Bagaimana cara menggunakan korektor warna?

Setelah memilih korektor yang cocok dengan masalah kulitmu, oleskan korektor tersebut pada bagian yang ingin kamu tutupi dengan lembut. Setelah itu, ratakan korektor dengan jari atau spons. Jangan lupa untuk mengecek area yang terdapat korektor tersebut apakah sudah diratakan atau belum.

4. Gunakan Bedak Tabur

Gunakan bedak tabur pada wajahmu dengan lembut. Bedak tabur dapat mengontrol minyak dan menjaga make up tetap tahan lama. Kamu bisa memilih bedak tabur yang cocok dengan warna kulitmu.

FAQ: Bagaimana cara menggunakan bedak tabur agar tahan lama?

Jangan terlalu banyak menggunakan bedak tabur, cukup taburkan sedikit demi sedikit pada wajahmu. Kamu bisa menggunakan spons untuk menyebar bedak tabur dengan merata.

5. Gunakan Blush On

Blush on memberikan kesan segar dan cerah pada wajah. Pilihlah blush on yang sesuai dengan warna kulitmu. Kamu bisa mengoleskan blush on pada tulang pipi dengan lembut menggunakan kuas blush on.

FAQ: Apakah blush on hanya diperbolehkan di tulang pipi?

Blush on sebaiknya diaplikasikan pada tulang pipi agar memberikan kesan cerah pada wajah. Namun, kamu juga bisa mengaplikasikan blush on pada area wajah lainnya seperti hidung dan dahi agar terlihat lebih natural.

6. Gunakan Lipstik

Lipstik adalah item wajib dalam make up. Pilihlah lipstik yang cocok dengan warna kulitmu. Kamu bisa mengoleskan lipstik dengan lembut pada bibir dan ratakan menggunakan jari agar terlihat lebih natural.

FAQ: Bagaimana cara agar lipstik tidak mudah pudar?

Setelah mengoleskan lipstik, letakkan tisu di antara bibir dan tekan-tekan agar warna lipstik dapat menempel dengan baik pada bibir.

7. Gunakan Eyeliner

Eyeliner dapat memberikan kesan mata yang lebih besar dan tajam. Kamu bisa mengoleskan eyeliner pada bagian atas bulu mata dengan lembut menggunakan kuas eyeliner.

FAQ: Bagaimana cara mengaplikasikan eyeliner agar terlihat rapi?

Pertama, buatlah garis kecil pada bagian dalam mata hingga ke bagian luar mata. Setelah itu, tambahkan garis pada bagian atas bulu mata dengan lembut. Jangan lupa untuk mengecek apakah garis pada kedua mata sudah sejajar atau belum.

8. Gunakan Maskara

Maskara dapat memberikan kesan bulu mata yang lentik dan bervolume. Kamu bisa mengoleskan maskara pada bulu mata dengan lembut menggunakan kuas maskara dari pangkal hingga ujung bulu mata.

✅👉 TRENDING :  Cara Berhenti dari Paket Yellow

FAQ: Bagaimana cara agar maskara tidak mudah luntur?

Jangan terlalu banyak menggunakan maskara dan pastikan maskara sudah kering sebelum membuka mata agar tidak terjadi luntur.

9. Gunakan Eyebrow Pencil

Eyebrow pencil dapat memberikan kesan alis yang rapi dan natural. Pilihlah eyebrow pencil yang sesuai dengan warna rambutmu dan mengaplikasikannya pada alis dengan lembut.

FAQ: Bagaimana cara menentukan bentuk alis yang sesuai dengan wajah?

Alis yang sesuai dengan wajah memiliki bentuk yang natural dan simetris. Kamu bisa mencari referensi bentuk alis sesuai dengan bentuk wajahmu di internet dan mencoba untuk menyesuaikan dengan alismu.

10. Gunakan Highlighter

Highlighter dapat memberikan kesan wajah yang lebih cerah dan bercahaya. Kamu bisa mengoleskan highlighter pada tulang pipi, hidung, dahi, dan dagu dengan lembut.

FAQ: Bagaimana cara memilih highlighter yang cocok dengan warna kulit?

Pilihlah highlighter yang memiliki warna serupa dengan kulitmu. Jangan terlalu terang atau terlalu gelap agar terlihat natural pada wajahmu.

11. Bersihkan Kembali Wajah

Setelah selesai melakukan make up, pastikan untuk membersihkan wajahmu kembali dengan sabun pembersih wajah agar tidak menyumbat pori-pori. Kamu juga bisa menggunakan toner untuk membersihkan sisa-sisa make up dan menyegarkan kulit wajah.

12. Gunakan Serum Wajah

Setelah membersihkan wajah dari make up, kamu bisa menggunakan serum wajah yang cocok dengan jenis kulitmu agar kulitmu tetap sehat dan terawat.

FAQ: Apakah serum wajah diperlukan dalam perawatan kulit?

Serum wajah dapat membantu memberikan nutrisi dan kelembapan pada kulit wajah. Namun, penggunaan serum wajah sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulitmu.

13. Gunakan Pelembap Wajah

Pelembap wajah dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajahmu. Pilihlah pelembap wajah yang cocok dengan jenis kulitmu dan gunakan secara rutin setiap hari.

FAQ: Apakah penggunaan pelembap wajah diperlukan setiap hari?

Pelembap wajah sangat diperlukan setiap hari agar kulit wajahmu tetap terjaga kelembapannya. Penggunaan pelembap wajah sebaiknya dilakukan pada pagi dan malam hari.

14. Lakukan Perawatan Wajah Secara Rutin

Selain melakukan make up, perawatan wajah secara rutin juga sangat diperlukan. Pastikan melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu seperti cuci muka, eksfoliasi, dan masker wajah.

FAQ: Apakah perawatan wajah perlu dilakukan di salon kecantikan?

Perawatan wajah dapat dilakukan di salon kecantikan atau di rumah. Namun, pastikan perawatan wajah yang dilakukan oleh ahlinya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

15. Hindari Penggunaan Make Up Berlebihan

Penggunaan make up yang berlebihan dapat merusak kulit wajahmu dan menyebabkan iritasi. Pastikan untuk menggunakan make up secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan.

FAQ: Bagaimana cara menghindari penggunaan make up yang berlebihan?

Pastikan untuk mengetahui jenis make up yang cocok dan sesuai dengan jenis kulitmu. Jangan terlalu sering menggunakan make up dan pastikan selalu membersihkan wajah setelah make up.

✅👉 TRENDING :  Cara Dandan untuk Pesta: Gaya Santai dan Memukau

16. Gunakan Make Up Yang Berkualitas

Pilihlah make up yang berkualitas dan sesuai dengan jenis kulitmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak merusak kulit wajahmu.

FAQ: Bagaimana cara memilih make up yang berkualitas?

Pastikan untuk memilih make up yang memiliki bahan yang baik untuk kulitmu dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan terlalu memilih make up yang murah dan tidak terjamin kualitasnya.

17. Perhatikan Waktu Penggunaan Make Up

Penggunaan make up yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit wajahmu menjadi kering dan iritasi. Pastikan untuk tidak menggunakan make up terlalu lama dan selalu membersihkan wajahmu dengan baik.

FAQ: Berapa lama waktu yang diperbolehkan menggunakan make up pada wajah?

Waktu menggunakan make up pada wajah sebaiknya tidak terlalu lama, cukup 6-8 jam saja. Setelah itu segera membersihkan wajahmu dengan sabun pembersih wajah dan toner.

18. Lakukan Tes Alergi Sebelum Menggunakan Make Up Baru

Sebelum menggunakan make up baru, pastikan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan beberapa kali pada bagian tangan atau lengan. Jika tidak ada reaksi alergi, maka make up tersebut dapat digunakan.

FAQ: Bagaimana cara melakukan tes alergi pada make up?

Pertama, oleskan make up pada bagian tangan atau lengan dan biarkan selama beberapa saat. Jika tidak terjadi reaksi alergi seperti gatal-gatal atau ruam, maka make up tersebut dapat digunakan.

19. Jangan Menggunakan Make Up Saat Tidur

Pastikan untuk selalu membersihkan make up sebelum tidur agar pori-pori tidak tersumbat dan kulit wajahmu tetap sehat. Penggunaan make up saat tidur dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit wajahmu.

FAQ: Bagaimana cara membersihkan make up sebelum tidur?

Gunakan sabun pembersih wajah dan toner untuk membersihkan make up secara merata. Pastikan seluruh bagian wajahmu sudah bersih dari sisa-sisa make up.

20. Lakukan Perawatan Diri Secara Keseluruhan

Perawatan diri yang dilakukan secara keseluruhan dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajahmu. Lakukan olahraga secara teratur, konsumsi makanan sehat, dan hindari merokok.

FAQ: Apa saja perawatan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah?

Perawatan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah antara lain olahraga secara teratur, konsumsi makanan sehat, hindari merokok, dan tidur yang cukup.

Kesimpulan

Itulah 20 tips cara make up tanpa concealer yang bisa kamu coba. Pastikan kamu melakukan perawatan wajah secara rutin dan menggunakan make up yang cocok dengan kebutuhan dan jenis kulitmu. Tetap jaga kesehatan kulitmu dengan melakukan perawatan diri secara keseluruhan. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!