Cara Dandan Natural untuk Pemula

Hai Sobat Teknogeo! Apakah kamu mungkin salah satu dari kita yang ingin tampil cantik tanpa terlihat berlebihan? Jangan khawatir, karena kami di sini untuk membantu kamu dalam menemukan tips dan trik untuk tampil cantik secara alami dan mudah. Di artikel ini, kami akan memberikan 20 tips cara dandan natural untuk pemula. Mari simak bersama-sama!

1. Rutin Membersihkan Wajah

Sebelum memulai dandan, pastikan kamu selalu memiliki kulit wajah yang bersih. Membersihkan wajah secara rutin akan membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Gunakan pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit kamu dan pastikan kamu membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari.

FAQ

Q: Apakah saya perlu mencuci wajah saya setiap kali saya ingin memakai makeup?
A: Ya, sangat penting untuk selalu membersihkan wajah sebelum dan setelah memakai makeup agar kulit tetap sehat dan terhindar dari iritasi dan jerawat.

2. Gunakan Pelembap

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa untuk menggunakan pelembap. Kulit wajah yang lembab akan membantu makeup lebih mudah menempel dan membuat tampilan makeup lebih natural. Pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan gunakan setiap pagi dan malam hari.

FAQ

Q: Apakah saya perlu menggunakan pelembap jika kulit wajah saya cenderung berminyak?
A: Ya, menggunakan pelembap tetap penting untuk menjaga keseimbangan kulit wajah. Pilih pelembap yang ringan dan tidak berminyak.

3. Gunakan Foundation yang Sesuai

Foundation merupakan dasar dari makeup. Pilih foundation yang sesuai dengan jenis dan warna kulit kamu untuk membuat tampilan makeup lebih natural. Gunakan spons atau kuas untuk meratakan foundation dengan baik.

✅👉 TRENDING :  Cara Berhenti Langganan Tribe

FAQ

Q: Bagaimana cara memilih shade/ warna yang sesuai untuk foundation?
A: Cobalah foundation di area leher atau dagu untuk melihat apakah shade/ warna foundation sesuai dengan kulit kamu. Pilih shade/ warna yang tidak terlalu terang atau gelap.

4. Gunakan Concealer untuk Menutupi Noda

Concealer dapat digunakan untuk menutupi noda atau bekas jerawat. Pilih concealer yang sesuai dengan warna kulit dan gunakan kuas concealer untuk meratakan dan menyamarkan noda dengan baik.

FAQ

Q: Apakah saya perlu menggunakan concealer jika saya tidak memiliki noda atau bekas jerawat?
A: Tidak perlu, kamu bisa skip langkah ini jika tidak ada noda atau bekas jerawat yang ingin kamu tutupi.

5. Gunakan Bedak Tabur

Bedak tabur dapat membantu menyerap minyak berlebih dan membuat tampilan makeup lebih tahan lama. Pilih bedak tabur yang cocok dengan jenis kulit kamu dan gunakan kuas bedak untuk meratakan dengan baik.

FAQ

Q: Apakah saya perlu menggunakan bedak tabur jika kulit saya cenderung kering?
A: Tidak perlu, kamu bisa skip langkah ini jika kulit kamu cenderung kering. Jika ingin menggunakan bedak, pilih bedak yang tidak membuat kulit terlihat kering.

6. Gunakan Blush On untuk Memberi Warna pada Pipi

Blush on dapat memberikan efek segar pada wajah dan membuat tampilan makeup lebih natural. Pilih blush on yang sesuai dengan warna kulit dan gunakan kuas blush on untuk meratakan secara perlahan pada pipi.

FAQ

Q: Bagaimana cara memilih warna yang sesuai untuk blush on?
A: Pilih warna yang sesuai dengan warna alami pipi kamu ketika sedang merah atau tersenyum.

7. Gunakan Eye Shadow dengan Warna Netral

Eye shadow dengan warna netral seperti cokelat atau nude dapat memberikan efek natural pada mata. Gunakan kuas eye shadow untuk meratakan secara perlahan pada kelopak mata.

FAQ

Q: Apakah saya perlu menggunakan eye shadow pada makeup natural?
A: Tidak perlu, kamu bisa skip langkah ini jika ingin tampilan makeup yang lebih minimalis.

8. Gunakan Eyeliner Tipis

Eyeliner tipis dapat memberikan efek natural pada mata. Gunakan eyeliner pensil atau cair dengan warna hitam atau cokelat dan buat garis tipis di atas bulu mata.

FAQ

Q: Bagaimana cara mengaplikasikan eyeliner dengan benar?
A: Mulai dari sudut dalam mata dan buat garis tipis di atas bulu mata secara perlahan hingga ke sudut luar mata. Jangan lupa untuk mengikuti bentuk mata agar hasilnya lebih natural.

✅👉 TRENDING :  Cara Reset Ulang HP ASUS

9. Gunakan Maskara untuk Menebalkan Bulu Mata

Maskara dapat membantu menebalkan bulu mata dan membuat mata terlihat lebih terbuka. Pilih maskara dengan warna hitam atau cokelat dan aplikasikan pada bulu mata dari pangkal hingga ujung.

FAQ

Q: Apakah saya perlu menggunakan maskara jika bulu mata saya sudah cukup tebal?
A: Tidak perlu, kamu bisa skip langkah ini jika bulu mata kamu sudah cukup tebal.

10. Gunakan Lipstik dengan Warna Netral

Lipstik dengan warna netral seperti nude atau pink muda dapat memberikan efek natural pada bibir. Pilih lipstik yang sesuai dengan warna kulit dan aplikasikan secara merata di bibir.

FAQ

Q: Apakah saya perlu menggunakan lip liner untuk makeup natural?
A: Tidak perlu, kamu bisa skip langkah ini jika tidak ingin menggunakan lip liner.

11. Gunakan Setting Spray

Setelah semua langkah selesai, gunakan setting spray untuk menjaga makeup tetap tahan lama. Semprotkan setting spray pada wajah dari jarak sekitar 20-30 cm.

FAQ

Q: Apakah saya perlu menggunakan setting spray jika tidak memakai makeup yang banyak?
A: Tidak perlu, kamu bisa skip langkah ini jika tidak ingin menggunakan setting spray.

12. Jangan Overdose Makeup

Penting untuk tidak mengaplikasikan terlalu banyak makeup agar tampilan tetap natural dan tidak berlebihan. Gunakan produk secukupnya dan perhatikan hasilnya di cermin.

FAQ

Q: Apakah ada efek samping dari mengaplikasikan terlalu banyak makeup?
A: Ya, mengaplikasikan terlalu banyak makeup dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi atau jerawat.

13. Perhatikan Pencahayaan

Perhatikan pencahayaan saat dandan. Gunakan pencahayaan alami atau lampu dengan warna netral untuk mendapatkan hasil yang lebih natural.

FAQ

Q: Bagaimana jika saya tidak memiliki pencahayaan alami?
A: Gunakan lampu dengan warna netral dan hindari pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap.

14. Tidak Perlu Mengikuti Trend Makeup Terbaru

Tidak perlu terlalu fokus pada trend makeup terbaru. Gunakan produk dan teknik yang kamu nyaman dan cocok dengan jenis kulit kamu.

FAQ

Q: Apakah saya perlu mengikuti trend makeup untuk terlihat fashionable?
A: Tidak wajib, kamu bisa mengikuti trend makeup jika kamu ingin bereksplorasi atau mencoba hal baru, namun tetap jangan lupa untuk menggunakan produk dan teknik yang cocok dengan kamu.

15. Cari Referensi dari Sumber Terpercaya

Cari referensi dari sumber terpercaya seperti beauty blogger atau vlogger yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam dunia makeup. Namun tetap ingat untuk memilih sumber yang sesuai dengan kamu.

✅👉 TRENDING :  Cara Make Up Imel Vilentcia

FAQ

Q: Apakah saya perlu mengikuti saran dari beauty blogger atau vlogger?
A: Tidak wajib, namun kamu bisa mencari referensi dari mereka jika ingin mendapatkan tips dan trik baru dalam dunia makeup.

16. Cuci Kuas Makeup Secara Rutin

Cuci kuas makeup secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kualitas kuas. Gunakan sabun cuci muka atau cair untuk membersihkan kuas secara lembut dan jangan lupa untuk mengeringkan dengan baik.

FAQ

Q: Seberapa sering saya perlu mencuci kuas makeup?
A: Sebaiknya cuci kuas makeup setiap 1-2 minggu untuk menjaga kebersihan dan kualitas kuas.

17. Gunakan Produk Makeup yang Berkualitas

Pilih produk makeup yang berkualitas untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan mendapatkan hasil yang maksimal. Hindari produk makeup yang mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak cocok dengan jenis kulit kamu.

FAQ

Q: Apakah produk makeup yang mahal selalu berkualitas?
A: Tidak selalu, namun perhatikan kandungan dan reputasi produk sebelum membeli.

18. Gunakan Sunscreen Sebelum Makeup

Gunakan sunscreen sebelum makeup untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Pilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan aplikasikan secara merata di wajah.

FAQ

Q: Apakah saya perlu menggunakan sunscreen jika tidak akan keluar rumah?
A: Ya, sinar UV tetap bisa merusak kulit bahkan jika kamu berada di dalam ruangan.

19. Perhatikan Kebutuhan Kulit Wajah

Perhatikan kebutuhan kulit wajah kamu dan pilih produk makeup yang sesuai. Jangan memaksakan produk atau teknik yang tidak cocok dengan jenis kulit kamu.

FAQ

Q: Bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah saya?
A: Kulit wajah dibagi menjadi 4 jenis yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Kamu bisa memeriksanya dengan konsultasi ke dokter kulit atau mencari referensi online.

20. Jadilah Dirimu Sendiri

Yang terakhir dan yang paling penting, jadilah dirimu sendiri. Tampilan makeup yang natural dan sesuai dengan kepribadian kamu akan membuat kamu semakin percaya diri dan menarik.

Kesimpulan

Itulah 20 cara dandan natural untuk pemula yang bisa kamu coba. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan kulit wajah dan memilih produk yang cocok dengan kamu. Jadilah dirimu sendiri dan jangan terlalu fokus pada trend terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!