Membersihkan Sampah di Laptop dan PC agar Anti Lelet

Membersihkan Sampah di Laptop

Membersihkan sampah di laptop agar peforma yang dimilikinya menjadi tetap stabil dan anti lelet sebenarnya tidak sulit. Ruang penyimpanan pada perangkat atau PC bisa terlalu penuh karena di dalamnya dijejali dengan beragam file, lebih-lebih jika ruangan tersebut sangat terbatas.

Jika ruangan penyimpanan perangkat sangat terbatas padahal kita memiliki banyak pekerjaan yang harus dengan cepat dilakukan, tentu saja hal ini sangat menyiksa karena kita tidak dapat bekerja dengan efisien dan efektif. Ada berbagai macam jenis file yang disimpan dalam komputer.

Dari banyaknya jenis file yang disimpan di dalam komputer, file sampah menjadi jenis yang tersimpan di dalam. Hal ini disebabkan karena semua aktivitas yang kita lakukan di dalam perangkat. Contohnya seperti berselancar di jejaring internet dengan menggunakan browser, di sana kita akan meninggalkan banyak file sampah dengan bentuk histori penelusuran.

File-file sampah ini tanpa kita sadari berada di dalam ruang penyimpanan yang tersedia. Jika jumlah file terlalu banyak, besar kemungkinan akan mempengaruhi peforma perangkat seperti terasa lemot. Agar dapat mengatasinya, kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur yang ada di dalam sistem operasi.

Membersihkan Sampah di Laptop dengan Aplikasi

 Sekarang ini tidak sedikit aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk membersihkan file sampah yang ada di dalam perangkat. Aplikasi ini ada yang gratis ada juga yang berbayar. Contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan seperti CC Cleaner. CC Cleaner dikembangkan oleh Piriform.

CC Cleaner sudah sangat lama digunakan bahkan telah menemani banyak pemilik PC dunia. Aplikasi ini dirilis tahun 2003. Aplikasi ini mudah dioperasikan serta sangat ringan. Dengan hanya menggunakan beberapa klik saja, kamu bisa menjaring file sampah yang memenuhi ruang penyimpanan.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya. CC Cleaner bisa dipasang di Win 7 hingga 10. Agar lebih terjamin, kamu bisa mendownload CC Cleaner yang resmi. Kemudian jalankan CC Cleaner. Nantinya aplikasi ini akan otomatis bekerja untuk membersihkan sampah. Ketika melakukan pemasangan, CC Cleaner sudah secara default memilih tempat yang menyimpan sampah.

Kamu juga bisa menentukan mana saja area di dalam perangkat atau komputermu yang memiliki banyak sampah, kemudian akan dianalisa CC Cleaner. Centang bagian yang tersedia. Jika aplikasi sudah selesai melakukan analisa, klik Run Cleaner agar bisa menjalankan penghapusan.

Menggunakan Storage di Windows 10

 Bila Windows yang kamu gunakan di perangkat menggunakan Win 10, kamu dapat menggunakan fitur Storage Sense. Fitur ini digunakan untuk membersihkan sampah di laptop pada sistem yang tidak berguna, sehingga ruang penyimpanan bisa bertambah.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa pergi ke setting dan masuk ke tampilan baru, kemudian klik system di sebelah kiri atas. Kamu bisa mengklik storage pada tampilan menu tersebut akan menampilkan data ruang di dalam perangkatmu, di bagian storage sense, kamu bisa memilih free up space now.

Tunggu sampai sistem melakukan scanning dan menampilkan file yang bisa dibersihkan. Klik remove file untuk melanjutkannya. Jika semua file yang sudah dihapus muncul, kamu bisa memilih mana saja file yang ingin kamu hapus. Cara ini sangat ampuh untuk menemukan file dengan jeli.

Membersihkan Sampah di Laptop dengan Disk Clean up

Bila menggunakan OS Windows, kamu dapat membersihkan file dengan menggunakan disk cleanup. Fitur ini akan menemukan berbagai macam jenis file yang berada di dalam perangkat. Langkah ,menjalankannya, kamu bisa mencari disk cleanup, kemudian klik jika sudah muncul di pencarian.

Pilih disk, biasanya sampah-sampah file ini akan berada di disk C, sehingga kamu bisa memilih disk sistem berada, kemudian klik Ok. Kamu juga harus klik clean up system files. Setelah klik OK, sistem akan menampilkan file sampah di perangkat, hapus sampah dengan klik OK. Tetapi, jika kamu ingin melihat hasil yang lebih dalam, kamu bisa mengklik kembali clean up system files.

Kamu dapat melakukan pembersihan file dengan berkala. Jika sudah melakukan browsing, perangkat biasanya akan menyimpan file dalam jumlah cukup banyak, sehingga kamu harus melakukan cara tersebut dengan teratur. Apalagi kamu sering menggunakan perangkat untuk membantu mobilitas sehingga membersihkan sampah di laptop menjadi sebuah hal wajib untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.