Cara Buat Kue Cubit

Hai Sobat Teknogeo, siapa yang tidak suka kue cubit? Kue kecil yang manis ini memang menjadi salah satu favorit banyak orang. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba membuat kue cubit sendiri di rumah, simak artikel ini ya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  1. Tepung terigu sebanyak 250 gram
  2. Gula pasir sebanyak 200 gram
  3. Telur ayam sebanyak 4 butir
  4. Vanili bubuk sebanyak 1 sendok teh
  5. Soda kue sebanyak 1/2 sendok teh
  6. Garam dapur sebanyak 1/4 sendok teh
  7. Susu bubuk putih sebanyak 1 sendok makan
  8. Margarin cair sebanyak 50 gram
  9. Air matang sebanyak 300 ml
  10. Pewarna makanan merah, hijau, atau kuning (opsional)
✅👉 TRENDING :  Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis

Alat-Alat yang Dibutuhkan

  • Wadah besar
  • Wadah kecil
  • Whisk atau sendok
  • Loyang kue cubit
  • Kompor
  • Panci
  • Spuit plastik
  • Sendok kecil
  • Kain lap bersih

Cara Membuat Kue Cubit

Langkah 1: Campur Bahan Kering

Langkah pertama dalam membuat kue cubit adalah mencampurkan semua bahan kering (tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, soda kue, garam dapur, dan susu bubuk putih) dalam wadah besar. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 2: Tambahkan Telur dan Margarin Cair

Selanjutnya, tambahkan telur ayam dan margarin cair ke dalam campuran bahan kering yang sudah disiapkan tadi. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 3: Tambahkan Air Matang

Kemudian, tambahkan air matang ke dalam campuran adonan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan dalam adonan.

Langkah 4: Tambahkan Pewarna Makanan (Opsional)

Jika ingin memberikan warna pada kue cubit, tambahkan pewarna makanan merah, hijau, atau kuning sesuai dengan selera. Aduk hingga warna tercampur secara merata pada adonan.

Langkah 5: Panaskan Loyang Kue Cubit

Panaskan loyang kue cubit di atas kompor dengan api kecil. Berikan sedikit margarin cair pada permukaan loyang agar adonan tidak lengket.

✅👉 TRENDING :  cara mencegah penuaan dini

Langkah 6: Tuang Adonan ke dalam Spuit

Tuang adonan kue cubit ke dalam spuit plastik dengan bantuan sendok kecil. Jangan terlalu penuh, cukup setengah dari kapasitas spuit.

Langkah 7: Tangkap Adonan dengan Loyang

Ketika loyang telah cukup panas, letakkan spuit di atas permukaan loyang dan tekan adonan hingga keluar dari spuit. Setiap adonan cukup sekitar 2-3 cm saja.

Langkah 8: Panggang Adonan Kue Cubit

Panggang adonan kue cubit di atas loyang dengan api kecil selama 3-5 menit. Tutup loyang dengan kain lap bersih agar kue matang secara merata.

Langkah 9: Balik Kue Cubit

Saat permukaan adonan kue cubit terlihat kering dan muncul gelembung kecil pada permukaannya, gunakan sendok kecil untuk membalik kue dan panggang selama 1-2 menit.

Langkah 10: Angkat dan Sajikan

Angkat kue cubit dari loyang dan letakkan di atas piring saji. Kue cubit siap dinikmati!

FAQ

1. Mengapa Adonan Kue Cubit Sering Gagal?

Adonan kue cubit sering gagal karena beberapa hal, seperti terlalu banyak atau sedikit air, suhu loyang yang tidak cukup panas, atau adonan yang tidak tercampur rata. Pastikan untuk mengikuti resep dan langkah-langkah dengan benar.

✅👉 TRENDING :  Cara Mendatangkan Angin

2. Bisakah Menggunakan Oven untuk Membuat Kue Cubit?

Tentu saja bisa! Kue cubit dapat dipanggang dengan oven pada suhu 180 derajat Celsius selama 10-15 menit. Namun, pastikan untuk menyesuaikan suhu oven dengan jenis oven yang digunakan.

3. Apa yang Bisa Ditambahkan pada Kue Cubit?

Banyak hal yang bisa ditambahkan pada kue cubit untuk memberikan variasi, seperti cokelat chip, keju parut, kacang almond, atau buah-buahan seperti pisang atau stroberi. Namun, pastikan untuk menyesuaikan jumlah dan campuran bahan agar tidak mengganggu rasa kue cubit yang asli.

4. Bagaimana Menyimpan Kue Cubit yang Tidak Dihabisakan?

Kue cubit dapat disimpan di dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama 1-2 hari. Tetapi pastikan untuk memanaskan kembali kue sebelum disajikan agar tetap enak.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat kue cubit yang mudah dan praktis. Dengan bahan dan alat yang cukup sederhana, kamu dapat membuat kue cubit yang lezat dan cocok dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.