Cara Dandan Wajah Bulat

Hai Sobat Teknogeo, kali ini kami akan membahas cara dandan wajah bulat. Wajah bulat adalah bentuk wajah yang memiliki lebar dan panjang yang hampir sama, sehingga membuat wajah terlihat gemuk. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa trik makeup yang bisa membantu kamu agar terlihat lebih ramping.

1. Mulailah dengan Skincare yang Baik

Sebelum mulai berdandan, pastikan kulitmu dalam keadaan yang sehat dan terawat. Gunakan skincare yang cocok dengan tipe kulitmu untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, kusam, atau kulit kering. Kulit yang sehat akan memudahkan kamu untuk mengaplikasikan makeup dengan lebih mudah dan hasilnya pun akan lebih maksimal.

FAQ: Apa skincare yang cocok untuk kulit berjerawat?

Pertanyaan Jawaban
Apakah sunscreen diperlukan untuk kulit berjerawat? Ya, sunscreen tetap penting untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit walaupun kulit berjerawat.
Bolehkah menggunakan produk anti-aging untuk kulit berjerawat? Boleh, namun pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan yang dapat memperparah kondisi kulit berjerawat.

2. Gunakan Foundation yang Tepat

Foundation menjadi langkah penting dalam dandan wajah bulat. Pilih foundation yang sesuai dengan warna kulitmu dan pastikan juga formula foundation yang dipilih tidak terlalu berat dan membuat wajah terlihat lebih tebal. Foundation yang cocok akan membantu menutupi noda-noda pada wajah sehingga wajah terlihat lebih segar dan cerah.

✅👉 TRENDING :  Cara Reset Factory iPhone

FAQ: Apa perbedaan antara foundation matte dan dewy?

  • Foundation matte: memberikan tampilan wajah yang lebih matte atau tidak berkilau.
  • Foundation dewy: memberikan tampilan wajah yang lebih berkilau dan terlihat lebih cerah.

3. Gunakan Concealer untuk Menutupi Kekurangan

Jika kamu memiliki noda atau bekas jerawat yang perlu ditutupi, gunakan concealer untuk menutupinya. Pilih concealer yang warnanya sama dengan foundation yang kamu gunakan untuk hasil yang lebih natural. Namun, pastikan juga kamu tidak menggunakan terlalu banyak concealer agar tidak membuat wajah terlihat berlebihan.

FAQ: Bagaimana cara memilih concealer yang tepat?

  • Pilih concealer yang warnanya sama dengan foundationmu.
  • Pilih concealer dengan tekstur yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti concealer berbentuk stik untuk menutupi noda dan concealer cair untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata.

4. Lakukan Konturing untuk Membentuk Wajah

Konturing dapat membantu memberikan dimensi pada wajahmu. Lakukan konturing pada bagian tulang pipi dengan menggunakan bronzer untuk memberikan efek shading pada wajah. Fokuskan juga pada rahang dan dahi agar wajahmu terlihat lebih tirus.

FAQ: Apa bedanya kontur dan bronzer?

  • Kontur: memberikan efek shading pada wajah sehingga wajah terlihat lebih tirus dan terdefinisi.
  • Bronzer: memberikan efek tanned pada wajah sehingga terlihat lebih bersinar.

5. Aplikasikan Blush On Sesuai dengan Bentuk Wajah

Blush on dapat memberikan efek segar pada wajahmu. Namun, pastikan kamu memilih blush on yang cocok dengan warna kulitmu. Gunakan juga brush yang tepat dan aplikasikan dengan menciptakan bentuk bulat yang lebih tinggi pada bagian tulang pipi agar wajahmu terlihat lebih tirus.

FAQ: Bagaimana cara memilih warna blush on yang tepat?

  • Pilih warna blush on yang sesuai dengan warna kulitmu.
  • Untuk kulit cerah, pilih warna pink atau peach.
  • Untuk kulit gelap, pilih warna maroon atau merah jambu tua.
✅👉 TRENDING :  Cara Mendatangkan Menstruasi Lebih Cepat

6. Fokus pada Mata

Mata adalah salah satu bagian wajah yang paling menonjol. Pilih eyeshadow yang sesuai dengan warna kulitmu dan aplikasikan dengan teknik gradient atau smokey eyes. Aplikasikan juga maskara untuk memberikan kesan bulu mata yang tebal dan lentik.

FAQ: Apa pengertian teknik gradient dalam aplikasi eyeshadow?

Teknik gradient adalah teknik aplikasi eyeshadow yang memberikan efek gradasi warna pada kelopak mata. Dimulai dari warna terang pada bagian dalam kelopak mata dan diubah menjadi warna gelap pada bagian luar kelopak mata.

7. Gunakan Lipstik yang Tepat

Pilih lipstik yang cocok dengan warna kulitmu. Untuk wajah bulat, pilih lipstik dengan warna natural seperti nude atau peach agar wajah terlihat lebih fresh. Aplikasikan lipstik dengan rapi dan pastikan bibirmu tidak terlalu tebal agar wajah terlihat lebih seimbang.

FAQ: Apa perbedaan antara lipstik matte dan glossy?

  • Lipstik matte: memberikan hasil akhir yang matte dan tidak berkilau.
  • Lipstik glossy: memberikan hasil akhir yang berkilau dan memberikan efek volume pada bibir.

8. Hindari Rambut yang Mengenai Wajah

Rambut yang mengenai wajah dapat membuat wajah terlihat lebih lebar. Pastikan rambutmu diikat dengan rapi atau dibiarkan terurai di belakang agar wajah terlihat lebih ramping.

9. Teknik Shimmer

Gunakan highlighter dengan teknik shimmer pada wajah. Aplikasikan pada bagian tulang pipi dan hidung untuk memberikan efek kilau pada wajah. Namun, pastikan kamu tidak menggunakan terlalu banyak highlighter agar tidak membuat wajah terlihat berlebihan.

10. Hindari Penggunaan Eyeliner yang Terlalu Tebal

Penggunaan eyeliner yang terlalu tebal pada wajah bulat dapat membuat wajahmu terlihat lebih lebar. Gunakan eyeliner tipis dan hanya pada bagian atas mata untuk memberikan efek mata yang lebih besar.

11. Hindari Kepala yang Terlalu Rata

Hindari mengikat rambut terlalu rapat dan membuat kepala terlihat terlalu rata. Aplikasikan poni pada rambutmu untuk memberikan dimensi pada wajahmu.

12. Menggunakan Teknik Strobing

Teknik strobing adalah teknik aplikasi highlighter pada wajah yang memberikan efek kilau dan membantu membentuk wajahmu. Aplikasikan highlighter pada bagian tulang pipi, hidung, dan dagu untuk memberikan efek dimensi pada wajah.

✅👉 TRENDING :  cara reset 2nd dragon nest

13. Lakukan Konturing pada Bagian Rambut

Lakukam konturing pada bagian rambut untuk memberikan efek tirus pada wajahmu. Aplikasikan bronzer pada bagian rambut dan baurkan hingga merata.

14. Penggunaan Teknik Cut Crease

Teknik cut crease adalah teknik aplikasi eyeshadow yang memberikan efek mata yang lebih besar. Aplikasikan eyeshadow dengan warna yang lebih terang pada bagian dalam kelopak mata dan warna yang lebih gelap pada bagian luar kelopak mata.

15. Gunakan Teknik Ombre pada Bibir

Teknik ombre pada bibir adalah teknik aplikasi lipstik yang memberikan efek gradasi warna pada bibir. Aplikasikan lipstik pada bagian dalam bibir dengan warna yang lebih terang dan warna yang lebih gelap pada bagian tengah bibir. Baurkan hingga merata.

16. Teknik Halo Eyes

Teknik halo eyes adalah teknik aplikasi eyeshadow yang memberikan efek mata yang lebih besar. Aplikasikan eyeshadow dengan warna yang lebih terang pada bagian dalam dan luar kelopak mata dan warna yang lebih gelap pada bagian tengah kelopak mata.

17. Lakukan Konturing pada Bagian Leher

Lakukam konturing pada bagian leher untuk memberikan efek tirus pada wajahmu. Aplikasikan bronzer pada bagian leher dan baurkan hingga merata.

18. Lakukan Teknik Draping

Teknik draping adalah teknik aplikasi blush on untuk memberikan efek wajah yang lebih tirus. Aplikasikan blush on pada bagian tulang pipi dan baurkan hingga merata.

19. Pilih Warna yang Cocok

Pilih warna yang cocok dengan warna kulitmu dan pastikan kamu tidak menggunakan terlalu banyak warna agar wajah terlihat seimbang.

20. Teknik Reverse Smokey Eyes

Teknik reverse smokey eyes adalah teknik aplikasi eyeshadow yang memberikan efek mata yang lebih besar. Aplikasikan eyeshadow dengan warna yang lebih terang pada bagian luar kelopak mata dan warna yang lebih gelap pada bagian dalam kelopak mata.

Kesimpulan

Dengan mengikuti beberapa trik makeup di atas, kamu bisa membantu membuat wajah bulatmu terlihat lebih ramping. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan temukan gaya makeup yang cocok untuk mu.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya, Sobat Teknogeo!